Loading...

Memasuki awal tahun biasanya wilayah Indonesia akan mengalami musim hujan selama beberapa bulan. Hidangan hangat jadi menu andalan untuk dinikmati saat cuaca dingin, salah satu sup ayam jehe. Meskipun nampak seperti sup ayam pada umumnya, namun penambahan jahe akan memperkaya rasa cita rasa sup ayam kamu, lho. Selain itu jahe juga punya segudang manfaat bagi tubuh. 

Manfaat Manfaat Jahe bagi Tubuh

Mencegah penuaan hingga kanker

Selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mencegah penuaan dan berbagai penyakit lainnya, lho. Jahe punya sifat antiinflamasi dan antioksidan sehingga bisa memperlambat proses penuaan. Selain itu jahe juga memiliki kandungan antimikroba yang bermanfaat untuk mengobati penyakit menular.

Bahkan yang paling mengejutkan, jahe juga bisa mencegah kanker! Namun untuk hal yang satu itu masih perlu penelitian lebih lanjut jadi kamu nggak bisa hanya mengandalkan jahe agar terhindar dari kanker. Kamu tetap harus menerapkan pola hidup sehat! 

Meningkatkan daya tahan tubuh

Di tengah masa pandemi menjaga daya tahan tubuh jadi kunci agar kamu bisa terhindar dari serangan virus. Nah, jahe punya manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terutama kalau kamu rajin mengkonsumsinya. Jahe kaya akan vitamin C dan magnesium, kandungan yang biasanya banyak ditemukan di dalam suplemen kesehatan. Kandungan ini bisa membantu memperkuat sistem imun sehingga lebih kuat melawan berbagai penyakit. 

Menghambat infeksi bakteri dan virus

Jahe memang punya banyak manfaat untuk mengobati berbagai penyakit namun jahe juga bisa lho menghambat infeksi virus dan bakteri. Jahe mengandung gingerol yang dipercaya mampu menghambat infeksi berbagai macam bakteri seperti E.coli dan shigella. Kandungan lainnya di dalam Jahe juga bisa melawan virus yang bisa merusak DNA. 

Meredakan morning sickness

Banyak wanita mengalami morning sickness pada awal kehamilan. Rasa mual yang selalu datang di pagi hari pastinya bikin nggak nyaman banget kan. Jahe sudah dikenal selama ribuan tahun sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan pencernaan. Namun ternyata jahe juga bisa meredakan morning sicknes, lho. Tapi bagi yang ingin mengkonsumsi jahe secara rutin pada masa kehamilan, kamu wajib berkonsultasi ke dokter dulu ya! 

Meredakan nyeri datang bulan

Buat para wanita nyeri datang bulan pasti udah nggak asing lagi. Nyeri perut yang rutin datang setiap bulan ini cukup mengganggu aktivitas. Setiap orang mengalami kadar nyeri haid yang berbeda-beda, ada yang tidak terlalu sakit ada juga yang sakit banget sehingga sulit beraktivitas. Kalau nyerinya sudah tak tertahankan biasanya obat pereda nyeri jadi kuncinya. Tapi terus menerus mengonsumsi obat pasti ada efek samping yang nggak bisa kamu remehkan! 

Makanya daripada minum obat kamu bisa pilih alternatif lain untuk meredakan nyeri datang bulan yaitu dengan mengonsumsi jahe. Air jahe yang diminum saat menstruasi disinyalir dapat meredakan nyeri yang kamu alami karena mengandung zat antiinflamasi. 

Resep Sup Ayam Jahe, Cocok Dinikmati saat Musim Hujan

Nah, kamu udah tau kan apa aja manfaat jahe, sekarang kita cari tau yuk resep sup ayam jahe yang enak dan cocok dimakan saat musim hujan seperti sekarang. Catet resep di bawah ini, ya!

Bahan:

  • 1 ekor ayam dan potong sesuai selera
  • 1 batang wortel 
  • 2 buah kentang dipotong dadu
  • 100 gr kubis

Bumbu:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 3 cm jahe yang memarkan
  • 2 batang seledri
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • garam dan kaldu ayam secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih dan bawang merah lalu sisihkan.
  2. Rebus ayam sebentar untuk membuang kotoran dan busa kemudian tiriskan dan buang air rebusannya.
  3. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan ayam dan semua sayuran.
  4. Panaskan minyak pada penggorengan, tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan jahe dan tumis hingga aromanya wangi. 
  5. Setelah itu masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam air rebusan. Masukkan juga juga lada bubuk dan seledri. Masak hingga sedap. Masukkan garam dan kaldu ayam secukupnya. Tunggu hingga semua bahan matang dan empuk. 
  6. Icipi, jika masih terasa kurang gurih kamu bisa menambahkan garam atau kaldu. 
  7. Sajikan selagi masih hangat

Gampang banget kan bikin sup ayam jahe? Resep ini bisa langsung kamu coba karena bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan. Agar sup ayam jahe terasa makin nikmat, kamu bisa masak menu yang satu ini saat staycation bareng keluarga. Pilih penginapan yang punya fasilitas memasak sehingga kamu bebas mau masak apa aja. Nah, kamu bisa temukan penginapan yang punya fasilitas memasak hanya di RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz dan temukan hotel yang kamu butuhkan. 

Press Enter To Begin Your Search
×