Loading...

sapi-lada-hitam

Foto: Shuttertock.com

Sapi lada hitam banyak digemari karena kaya rasa. Ada sensasi gurih, pedas, maupun manis dalam setiap suapan sapi lada hitam. Bahkan makanan yang satu ini sering juga, lho jadi menu andalan ibu-ibu di rumah. Mengolah daging sapi agar jadi makanan lezat memang kelihatannya sulit karena kalau salah cara memasaknya daging bisa alot. Kalau nggak pakai bumbu yang tepat juga daging sapinya akan terasa hambar karena bumbunya nggak meresap. Oleh karena itu kamu bisa nih cobain resep sapi lada hitam Sisca Soewitomo. 

Ibu Sisca Soewitomo udah nggak asing lagi di dunia kuliner Indonesia. Aktif mengisi acara masak di televisi sejak 24 tahun lalu membuat namanya semakin melejit. Popularitasnya di dunia kuliner Indonesia membuat dirinya dijuluki sebagai Ratu Boga Indonesia. Wajar aja kalau resep makanan buatan Bu Sisca selalu laris manis diikuti orang-orang yang lagi belajar masak. Nah, sekarang kita belajar bikin sapi lada hitam dari resep Chef Sisca Soewitomo, yuk!

Resep Sapi Lada Hitam Sisca Soewitomo

Pada 2015 Ibu Sisca Soewitomo membuat buku resep berjudul “25 Resep Chinese Food ala Sisca Soewitomo”. Di dalam bukunya banyak resep makanan yang sangat menggugah selera, salah satunya resep sapi lada hitam. Kalau kamu penasaran gimana cara bikin sapi lada hitam ala Bu Sisca, ambil pulpen dan kertas lalu catat resep di bawah ini, ya! 

Bahan:

  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 3 sdm minyak sayur untuk menumis
  • 1 sdm minyak wijen
  • 7 siung bawang putih potong cincang
  • 1/2 buah bawang bombai
  • 1/2 buah paprika merah 
  • 2 sdm merica hitam utuh yang ditumbuk kasar
  • 100 ml air

Bahan rendaman:

  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 5 sdm saus tiram
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Potong daging sapi has dalam dengan ukuran 0,5 cm.
  2. Selanjutnya kita buat bahan rendaman untuk daging. Campur kecap manis, kecap asin, saus tiram, garam, merica bubuk, dan madu. Setelah itu aduk rata. Masukkan daging yang sudah dipotong-potong ke dalam rendaman bumbu. Aduk hingga rata dan diamkan selama 30 menit sampai bumbu meresap.
  3. Setelah itu panaskan minyak sayur bersama minyak wijen. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Kemudian masukkan daging sapi dan bahan rendamannya. Masak hingga daging berubah warna sampai kecoklatan. Jangan lupa tambahkan air dan masak hingga daging lunak serta mengering.
  4. Tambahkan bawang bombai sesuai selera. Jika Bunda menyukai paprika bisa juga menambahkan ke dalam masakan. Aduk rata. Beri merica hitam butiran. Masak sebentar dan angkat.

Sumber: haibunda.com

Ternyata resep sapi lada hitam Sisca Soewitomo nggak sulit dibuat, kan? Kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya agar bisa memasak makanan selezat buatan chef terkenal. Habis capek masak di dapur mungkin kamu butuh liburan. Nah, kalau mau liburan jangan lupa pesan hotelnya di RedDoorz.

Soal masak-memasak memang Ibu Sisca jagonya, tapi kalau soal hotel ya cuma RedDoorz pilihannya! Buat kamu yang hobi masak-masak bareng teman, bisa banget lho staycation di homestay atau apartemen di aplikasi RedDoorz. Harganya pun terjangkau.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×