Loading...

resep puding coklat

Ilustrasi: unsplash.com

Sajian penutup yang dijajakan dalam porsi kecil, atau dikenal dengan sebutan dessert box, kini jadi salah satu jajanan yang digemari. Varian dessert yang dijual salah satunya adalah puding. Mau yang mewah versi resto atau yang versi rumahan dan ramah di kantong, dessert box kini sangat mudah kamu dapatkan. Mau yang lebih mudah lagi? Bikin sendiri aja! Bikin puding nggak susah, kok. Kalau mau, ada resep puding coklat enak nih buat kamu!

For your information, "puding" berasal dari bahasa Prancis "bouding", yang artinya 'sosis darah'. Sedangkan dalam bahasa latin, puding disebut dengan "botellus"  yang artinya 'sosis kecil'. Bingung kenapa sosis? Hmm, konon awal mulanya puding memang bukan makanan manis seperti yang kita kenal sekarang, RedTraveler. 

Balik ke resep puding coklat simple yang gampang banget dibikin di rumah, cek resepnya di bawah ini yuk!

Resep Praktis Puding Coklat Rumahan 

Siapa sih yang nggak suka puding coklat? Dari berbagai macam rasa yang ada di puding, varian coklat merupakan salah satu varian yang umum menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang manis serta tekstur yang lembut suka bikin nagih minta dimakan terus, cocok buat camilan di rumah. Berikut resepnya:

Bahan Puding Coklat yang Kamu Perlukan

  • 800 ml susu cair
  • 125 gr coklat bubuk
  • 125 gr gula pasir
  • 100 gr dark chocolate
  • 1 butir kuning telur
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  •  Garam secukupnya

Cara Membuat Puding Coklat Simple

  1. Tuangkan 800 ml susu cair ke dalam panci dan rebus hingga panas

  2. Sebelum mendidih, masukan 125 gr coklat bubuk, 125 gr gula pasir, 1 bungkus agar-agar bubuk dan garam secukupnya. Aduk susu yang sudah tercampur dengan bahan-bahan tersebut dan masak dengan api sedang. 

  3. Potong kecil-kecil 100 gr dark chocolate berbentuk dadu dan lelehkan dengan cara diaduk-aduk atau diletakkan di atas rebusan air di dalam panci. 

  4. Tuang lelehan dark chocolate ke dalam adonan dan aduk sampai rata. 

  5. Kocok 1 butir kuning telur dan beri sedikit air rebusan susu. Campurkan kocokan kuning telur ke dalam adonan. 

  6. Setelah adonan matang dan telah diaduk dengan sempurna. Biarkan terlebih dahulu sampai dingin, kemudian tuangkan ke dalam cetakan sesuai selera dan masukkan ke dalam kulkas.

  7. Tunggu adonan memadat dengan sempurna di dalam kulkas dan puding coklat siap disantap. 

Gimana? Mudah kan membuat dessert puding coklat sendiri? Dengan resep puding coklat ini, kamu nggak perlu repot-repot untuk pergi keluar rumah ataupun mengeluarkan biaya lebih untuk membeli dessert yang sudah jadi. Puding coklat yang kamu bikin juga nggak kalah enak, mudah dibuat dan bisa disantap bersama dengan keluarga. Bagusnya lagi, dengan bikin puding sendiri kamu bisa menyesuaikan bahan-bahan yang digunakan dengan selera maupun kebutuhan kamu. Misal, mengganti gula yang digunakan dengan gula khusus diet atau malah nggak menggunakan gula--your choice! Kalau beli di luar, mana bisa begini?

Kalau soal makanan murah dan enak, masih bisa diakali dengan bikin sendiri. Kalau mau penginapan murah dan nyaman buat staycation, serahkan aja sama RedDoorz! Banyak pilihan penginapan murah dan pastinya sudah tersertifikasi HygienePass, cocok buat staycation di era pandemi.

 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×