Loading...

sambal goreng kentang

Biasanya saat lebaran ataupun saat acara pernikahan menu makanan yang satu ini pasti selalu ada. Bisa dibilang ini menu wajib yang nggak boleh absen di meja makan. Menu itu adalah sambal goreng kentang. Sebenarnya makanan ini punya beberapa nama—selain sambal goreng kentang—ada yang menyebutnya sambal goreng ati dan sambal goreng pete. Perbedaan nama itu disebabkan karena adanya variasi bahan-bahan yang digunakan aja. 

Lalu sambal goreng jenis apa yang paling enak? Semua jenis sambal goreng bisa enak tergantung gimana cara kamu memasaknya. Tenang aja, cara masak sambal goreng kentang nggak susah, kok. Ada aneka macam resep sambal goreng yang bisa kamu ikuti sesuai selera. Tapi kalau kamu mau cobain resep yang sudah terjamin kelezatannya, kamu bisa cobain resep sambal goreng dari chef Rudy Choirudin.

Rudy Choirudin merupakan salah satu chef ternama di Indonesia. Kamu pasti juga udah nggak asing dengan chef yang satu ini soalnya ia sering banget muncul di televisi. Tidak hanya mengisi acara masak di tv saja, semua hal yang berbau masak-memasak sudah pernah ia cicipi dari seminar, menulis buku, jadi bintang iklan memasak, bahkan restoran manajer. Prestasi Chef Rudy di dunia masak memang nggak perlu diragukan lagi, termasuk resep-resep buatannya. Kalau kamu pengen mencicipi sambal goreng kentang ala Chef Rudy, berikut ini resep yang bisa kamu coba.

Resep dan Cara membuat Sambal Goreng Kentang Ala Chef Rudy Choirudin

sambal goreng kentang

Sebelum mulai memasak Sambal Goreng Kentang tentunya kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Kamu bisa catat bahan apa yang dibutuhkan dan membeli semuanya di pasar terdekat. 

Bahan-Bahan

Bahan Utama: 

  • 500 gr kentang bersihkan dan potong dadu 
  • 500 ml air 
  • 100 gram hati ayam 
  • 1/2 sdt garam 
  • 100 gram ampela ayam 
  • 10 buah biji petai potong 3 bagian 
  • 4 buah cabai merah potong serong

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 8 siung bawang merah 
  • 1 buah tomat 
  • 4 siung bawang putih

Bahan dan Bumbu Lainnya: 

  • 6 sdm minyak goreng 
  • 1 sdt garam 
  • 1 sachet bubuk sambal goreng instan
  • 2 sdm gula pasir 
  • 1 gelas air 
  • 1 gelas santan sedang kentalnya

Cara memasak: 

  1. Untuk membuat sajian kali ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan sebuah panci kemudian isikan air secukupnya kedalamnya. Lalu taburi dengan sedikit garam. Rebus ati ampela ayam kedalamnya sampai matang dan mendidih. Setelah mendidih masak kembali sajian ini selama 15 menit dengan merata.
  2. Angkat sajian ini dan dinginkan sementara pada suhu ruangan. Lalu kemudian potong-potong hingga ukurannya menjadi lebih kecil kira-kira 1 cm. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara. 
  3. Kentang yang sudah dikupas dan dibersihkan dengan merata kemudian digoreng. Caranya, siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya kedalamnya. Nyalakan api yang sedang dan tunggu sampai minyak menjadi lebih matang dan panas. 
  4. Goreng kentang kedalamnya sampai berkulit dan matang dengan merata. Dengan menggunakan serokan silahkan angkat dan tiriskan sajian ini dengan merata.
  5. Kemudian setelah selesai menggoreng kentang seluruhnya. Silahkan gunakan wajan yang sama namun kali ini sisakan sedikit saja minyaknya asal cukup untuk menumis bumbu. 
  6. Tumis bumbu halus sampai matang dan tanak juga redius dengan merata. Hingga tercium harum maka tumisan akan siap ditambahkan dengan bahan lainnya. 
  7. Masukkan santan kedalam tumisan dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur. Lalu tuangkan 1 sachet bubuk sambal goreng instan. Aduk dengan merata dan masak sajian ini sampai matang hingga mengeluarkan minyak. 
  8. Tuangkan petai kedalamnya bersama dengan ati ampela yang sudah direbus. Lalu aduk dengan merata dan tambahkan garam bersama dengan gula. Kemudian aduk-aduk semua sajian ini dengan merata. 
  9. Tuangkan kentang kedalamnya dan ratakan sajian ini sampai semuanya tercampur dengan merata dan terbumbui dengan menyeluruh.

Sumber: Selerasa

Mudah kan cara membuatnya? Resep di atas memang versi praktis buat memasak sambal goreng kentang. Meskipun menggunakan bumbu instan namun cita rasa yang hasilkan nggak kalah enak dari cita rasa tradisional. Resep ini cocok banget buat kamu yang nggak punya banyak waktu tapi pengen masak dan makan enak. 

Buat kamu yang punya rencana piknik, sambal goreng kentang bisa banget dijadikan bekal. Cita rasa yang disukai semua orang pasti membuat piknikmu semakin menyenangkan. Jangan lupa setelah lelah seharian pergi piknik, pilih tempat peristirahatan yang nyaman. Tempat menginap yang nyaman, cuma RedDoorz juaranya. 
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×