Loading...

resep bubur manado

Foto: instagram.com/@buburmanado12

Diantara kalian, siapa nih yang suka beli bubur untuk sarapan? Bubur merupakan makanan yang biasanya disantap saat pagi hari. Bubur juga identik dengan makanan untuk orang sakit dikarenakan teksturnya yang lembut, sehingga mudah untuk ditelan. Biasanya, bubur yang biasa kita makan berisi ayam yang disuwir, kacang, sate kulit, dan ati ampela. Nah, gimana kalau buburnya berisi sayur-sayuran ya? Kalau penasaran gimana rasanya, kamu wajib coba resep bubur Manado

Bubur Manado atau sebutan lainnya yaitu tinutuan merupakan makanan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Bubur ini terkenal sehat dan juga nikmat karena dicampur dengan aneka sayur seperti ubi, jagung, kangkung, dan juga bayam. Uniknya lagi, biasanya bubur Manado ini dimakan dengan ikan asin sebagai makanan pendampingnya. Lebih lezat lagi kalau ditambahkan dengan sambel. Duh, jadi ngiler banget ya! 

Resep Bubur Manado Simple yang Bisa Kamu Buat Di Rumah

Karena bahan-bahannya yang mudah didapat, kamu bisa mencoba membuat bubur Manado ini di rumah, sekaligus menemani aktivitas Work From Home (WFH) kamu. Bumbu yang digunakan pun lebih simple dibandingkan bubur yang biasa kita makan. Walaupun begitu, tidak mengurangi kenikmatan rasanya kok, RedTraveler! Buat kamu yang penasaran gimana rasanya, yuk langsung dicoba resep bubur Manado di bawah ini. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. 1 batang serai

2. 250 gr beras putih (bisa menggunakan jenis beras lain, tergantung selera)

3. 100 gr ubi dipotong dadu

4. 1 buah jagung manis

5. 100 gr kangkung

6. 100 gr bayam

7. Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Siapkan panci dan masukkan air. Rebus hingga mendidih. 

2. Geprek 1 batang serai untuk memberikan aroma dan masukkan ke dalam air yang mendidih

3. Cuci beras sampai bersih dan masukkan ke dalam panci

4. Masukkan garam secukupnya ke dalam rebusan nasi dan aduk hingga rata

5. Tunggu hingga nasi setengah matang. Kemudian, masukkan ubi yang sudah dipotong dadu. Masak hingga ubi menjadi halus dan air rebusan mengental. 

6. Seteleh beras hancur dan ubi menjadi lembut, masukkan kangkung dan bayam. Kecilkan api, dan masak hingga sayuran menjadi layu. 

7. Setelah matang, sajikan dengan ikan asin sebagai makanan pendamping. 

Gimana nih, RedTraveler? Gampang banget ya cara bikinnya! Kamu tinggal mengikuti step by step cara membuatnya dan bubur Manado bisa langsung kamu nikmati. Resep bubur Manado yang satu ini sih anti gagal banget! Bubur Manado ini bisa banget dijadikan menu makanan baru simple yang bisa kamu buat di rumah. Apalagi kalau kamu lagi pengen coba menu kreasi bubur yang beda dari biasanya. 

Mengisi waktu quarantine sambil memasak merupakan salah satu cara agar kamu nggak cepet bosan. Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang merasa bosan bahkan stres kalau berlama-lama di rumah. Solusinya? Kamu bisa coba staycation! Untuk pilihan hotel yang aman, kamu bisa pesan di RedDoorz karena sudah bersertifikasi HygienePASS. Bayangin makan bubur manado pas lagi hangat sambil staycation, nikmat banget pasti!

Press Enter To Begin Your Search
×