Loading...

makanan khas bandung

Ilustrasi Foto: Pixabay

Kota Bandung emang ngangenin banget. Nggak cuma tempat wisatanya aja, ada yang lebih penting yaitu kulinernya. Makanan khas Bandung nggak hanya unik-unik tetapi juga menggugah selera. Ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak orang suka liburan kembali ke Bandung.

Rekomendasi Makanan Khas Bandung yang Harus Kamu Cobain

Dari sekian banyak kuliner Bandung, ada beberapa yang wajib banget kamu cobain. Ini dia beberapa daftar makanan khas Bandung yang bisa kamu coba!

1. Seblak Bandung

Makanan khas Bandung adalah makanan yang punya cita rasa pedas dan bikin ketagihan. Nah, siapa yang nggak kenal dengan makanan pedas yang satu ini? Makanan berbahan dasar kerupuk ini, paling enak di makan saat hujan. Dijamin langsung bisa menghangatkan badan yang lagi kedinginan.

Isi dari seblak makanan khas Bandung ini bermacam-macam, ada kerupuk yang direbus, mie, daging ayam, bakso, ceker, dan masih banyak lagi.

Walaupun seblak udah sering ditemukan di daerah lain, tapi nggak ada yang bisa ngalahin makan seblak di pusatnya sendiri. Nggak perlu datang ke tempat yang mahal dan terkenal, yang jualan di pinggir jalan juga enak, lho.

2. Mie Kocok Bandung

makanan khas bandung

Ilustrasi Foto: Unsplash

Mie Kocok Bandung adalah salah satu makanan khas Bandung yang gampang banget ditemukan di Kota Bandung. Hampir semua tempat di Bandung, menyediakan menu ini. Makanan ini disajikan dengan kuah kaldu kental dipadukan dengan mie kuning, bakso, irisan kikil, tauge, babat sapi, dan ditaburi oleh bawang goreng, perasan jeruk nipis, serta daun bawang.

3. Roti Bakar Bandung

makanan khas bandung

Ilustrasi Foto: Unsplash

Roti bakar bisa dibilang makanan yang disukai oleh semua orang. Roti bakar Bandung memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dibuat dengan roti berbentuk persegi panjang dengan isian yang beragam. Isiannya roti bakar ini mulai dari cokelat, stroberi, kacang, keju, dan lain-lain.

Kalau kamu mau nyobain makanan enak di Bandung ini, nggak perlu bingung. Sama seperti makanan sebelumnya, kini sangat banyak penjual roti bakar Bandung yang bisa ditemui.

4. Kue Balok Bandung

makanan khas bandung

Ilustrasi Foto: Unsplash

Kue balok Bandung ini adonannya seperti bolu. Kenapa dinamakan kue balok? Karena bentuknya menyerupai balok. Teksturnya empuk dan lembut dengan rasa yang manis, cocok banget untuk dijadiin cemilan sambil menikmati suasana di sore hari.

Awalnya kue balok di jual di kaki lima. Kini hampir setiap cafe di Bandung sudah menyajikan menu ini dengan berbagai macam variasi rasa. Kue balok ini juga makanan khas Bandung untuk oleh-oleh, lho!

5. Soto Bandung

Hampir sama dengan soto lainnya, menu ini berbahan dasar kuah yang disajikan saat masih panas. Hal yang membedakan adalah isiannya yang berupa, kuah bening, daging sapi dekat tulang, tomat, kedelai goreng, dan ditambah dengan sayur lobak.

Rasa soto ini cenderung manis dan ringan karena tidak memakai kuah santan. Makan Soto Bandung paling enak dinikmati bareng nasi hangat, kerupuk, dan sambal.

6. Pisang Bollen

Pisang Bollen ini terkenal sebagai oleh-oleh makanan khas Bandung yang rasanya enak banget. Eitss, jangan salah karena ini pisang bukan berarti nggak ada varian rasa yang tersedia selain pisang. Mulai dari keju, kacang hijau, cokelat, sampai peyeum kini bisa kamu cobain.

Nah, untuk yang satu ini bisa kamu coba di Kartika Sari Bandung. Selain terkenal, rasanya juga juara deh!

7. Sate Jando

makanan khas bandung

Ilustrasi Foto: Pixabay

Kalau kamu lagi liburan ke Bandung, wajib banget untuk nyobain makanan yang satu ini. Sate ini bukan sembarang sate. Biasanya sate menggunakan daging ayam, kambing, atau sapi, Sate Jando menggunakan jando sapi atau lemak susu sapi.

Saat ini Sate Jando hanya ada di Gasibu, dekat Gedung Sate di Jalan Hayam Wuruk, tapi jangan salah banyak masyarakat hingga pejabat yang sering makan di sini!

8. Es Goyobod

Es goyobod ini bisa jadi pilihan pelepas dahaga kamu saat liburan ke Bandung. Minuman ini berbahan dasar es yang dicampur dengan santan sama seperti es campur. Bahan lainnya yaitu ada pacar cina, kolang-kaling, roti tawar, alpukat, dan kelapa yang diparut.

Minuman ini bisa kamu temukan di sekitaran Bandung dan cocok banget di minum pada saat siang hari yang panas.

Itu dia rekomendasi makanan khas Bandung yang harus kamu cobain. Kalau jalan-jalan ke Bandung jangan lupa untuk siapin penginapannya di Sans Hotel, ya! Di Bandung udah ada SANS Hotel Andalucia Pasture yang bisa kamu pilih nih. Download aplikasi RedDoorz dan booking Sans Hotel nya sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×