Loading...

makanan khas bali

Foto: Shutterstock

Sama seperti daerah lain di Indonesia, Bali juga memiliki surga kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Ada banyak makanan khas Bali yang mendunia karena kelezatannya. Ini dia daftar makanan khas Bali yang wajib dicoba. 

Ayam betutu

Makanan Khas Bali, ayam betutu punya citarasa pedas dan kaya akan rempah-rempah nusantara. Selain ayam, betutu juga sering dibuat menggunakan daging bebek. Daging ayam atau bebek dimasak hingga empuk menggunakan bumbu cabai dan base genep khas bali. Daerah di Bali yang terkenal dengan kelezatan ayam betutunya adalah Gilimanuk. 

Sate lilit

Mulanya sate lilit merupakan hidangan khas daerah Klungkung, Bali, namun kini makanan khas Bali sate lilit bisa ditemukan di berbagai tempat di Pulau Bali. Sate lilit sendiri punya tampilan yang agak berbeda dengan sate pada umumnya. Sate ini terbuat dari lilitan adonan daging yang telah dibumbui lalu dibakar hingga mengeluarkan bau harum dari kunyit dan serai. 

Nasi campur

makanan khas bali

Foto: Shutterstock

Nasi campur khas bali sebenarnya adalah seporsi nasi dengan lauk-pauk berupa ayam, telur, sayur, dan sate lilit. Semua lauk ini disajikan sekaligus dalam satu piring sehingga menciptakan rasa gurih. Selain itu rasa dan aroma rempah-rempahnya juga sangat terasa saat dimakan bersama. 

Sate plecing

Selain sate lilit, Bali juga punya sate plecing yang nggak kalah menggugah selera. Sate plecing merupakan makanan khas Bali, tepatnya berasal dari Singaraja. Jika sate pada umumnya dibumbui sambal kecap atau sambal kacang, sate plecing dibumbui dengan sambal khas Bali yang terbuat dari campuran bawang putih, kemiri, terasi, dan jeruk limau. 

Lawar

Lawar merupakan makanan khas Bali yang sering dihidangkan saat upacara adat dan keagamaan. Lawar terbuat dari campuran daging dan sayur yang memiliki cita rasa gurih. Uniknya lamar nggak dimasak, lho. Semua bahan-bahan hanya dicampur jadi satu tanpa melewati proses pemasakan apapun, namun daging yang digunakan tetap melalui proses pemasakan terlebih dahulu ya RedTravler! 

Rujak bulung

Berbeda dari rujak umumnya yang terbuat dari buah dan sayur, rujak bulung khas Bali terbuat dari rumput laut. Makanan khas Bali yang satu ini terbuat dari rumput laut bulung boni. Rumput laut jenis ini memiliki manfaat anti racun dan juga kaya serat. Rujak bulung biasanya disajikan dengan kuah pindang sehingga rasanya akan sangat unik. 

Bebek timbungan

Olahan bebek yang terkenal di Bali selanjutnya adalah bebek timbungan. Meskipun lebih dikenal menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya, tapi sebenarnya makanan khas Bali yang satu ini bisa dibuat dari daging apa saja. Keistimewaan bebek timbungan terletak pada proses memasaknya yang membutuhkan waktu sampai 12 jam! Nggak heran, makanan ini dulunya sering dinikmati bangsawan Bali, lho. 

Tum ayam

makanan khas bali

Foto: Shutterstock

Makanan khas Bali ini memang sekilas mirip pepes, namanya tum ayam. Tum ayam merupakan kukusan aneka daging, bisa daging ayam, sapi, ikan, hingga babi. Daging-daging ini kemudian dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. 

Jukut ares

Jakut ares adalah makanan khas bali yang nikmat dimakan saat hangat. Terbuat dari batang pohong pisang muda, yang dicampur dengan daging ayam beserta tulangnya. Makanan khas Bali ini punya cita rasa yang gurih dan agak pedas. 

Jadi penasaran kan pengen nyobain makanan khas Bali? Jangan lupa kalau ke Bali nginepnya di RedDoorz. Ada banyak pilihan hotel terbaik dengan harga terjangkau. Yuk download aplikasi RedDoorz.

Press Enter To Begin Your Search
×