Loading...

film indonesia

Foto: Shutterstock

Memasuki bulan Juni biasanya masyarakat Indonesia merayakan hari kelahiran Pancasila, dasar negara bangda Indonesia. Buat mengingat-ingat perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan termasuk membangkitkan jiwa nasionalisme, ada beberapa film Indonesia yang recommended banget buat ditonton. Penasaran apa aja film Indonesia terbaik bertema nasionalisme, cek daftarnya di bawah ini,

Pasukan Berani Mati

Pasukan Berani mati mengisahkan perjuangan orang-orang Indonesia yang berani mengorbankan jiwa dan raganya untuk melawan penjajah serta memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Meskipun berkisah tentang tingginya jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia saat itu, namun ternyata ada pula orang Indonesia yang berkhianat dan membocorkan strategi perang kubu Indonesia kepada musuh. 

Merah putih

Mirip dengan Pasukan Berani Mati, Merah Putih juga bercerita tentang perjuangan melawan penjajah. Film ini mengambil latar waktu pada tahun 1947 dan dibintangi oleh banyak artis besar seperti Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Darius Sinatria, Zumi Zola, dan Donny Alamsyah. 

Darah Garuda

Film ini juga mengisahkan tentang perlawanan melawan Belanda pada masa Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947. Bercerita tentang persahabatan dan perjuangan melawan penjajahan. Diperankan oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinatria, dan Rifnu Wikana, mereka harus melewati semua permasalahan demi kemerdekaan Indonesia.

Soekarno: Indonesia Merdeka

Film ini terinspirasi dari seorang tokoh bapak bangsa yaitu Soekarno. Film ini tidak hanya mengisahkan perjalanan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan tapi juga menceritakan tentang perjalanan kisah cintanya. Film ini dibintangi aktor-aktor ternama seperti Aji Santosa, Lukman Sardi, dan Tanta Ginting. 

Guru Bangsa Tjokroaminoto

HOS Cokroaminoto merupakan tokoh besar dalam sejarah pergerakan Indonesia. Kehebatannya difilmkan oleh Garin Nugroho dengan judul Guru Bangsa Tjokroaminoto. Tidak hanya menyuguhkan cerita yang kat, film ini juga punya konsep sinematik yang mengesankan. Film ini bahkan meraih beberapa penghargaan pada Festival Film Indonesia 2015. 

Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman terinspirasi dari tokoh pahlawan Indonesia, Jenderal Soedirman. Film biopik ini mengisahkan tentang perjuangan jenderal Soedirman mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Is secara langsung memimpin perang gerilya padahal saat itu ia sedang menderita penyakit paru-paru. Film ini dibintangi banyak artis ternama seperti Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong, dan Nugie. 

Kartini

Film  Kartini mengisahkan perjuangan emansipasi perempuan Indonesia. Film ini mengisahkan tentang kehidupan Kartini yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Menceritakan tentang kehidupan Kartini dan perempuan di zamannya yang tidak berdaya. Kartini menjelma menjadi sosok yang tegas melawan ketidakadilan kepada wanita. 

Daftar film Indonesia terbaik di atas wajib banget kamu tonton. Jangan lupa aja temen-temen buat nonton bareng biar tambah seru. Kamu juga bisa lho nonton filmnya sambil staycation. Pilih tempat menginap yang asik buat staycation di RedDoorz aja. Ada banyak pilihan hotel keren tapi harganya terjangkau. Nginep di RedDoorz dan temukan pengalaman terbaik di sini!

Press Enter To Begin Your Search
×