Loading...

makanan khas batak

Ilustrasi Foto: Pixabay

Suku Batak adalah suku asli di Indonesia yang mendiami Provinsi Sumatera Utara. Suku Batak ini dibagi-bagi lagi menjadi banyak suku yaitu, Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Karo, Batak Pakpak, dan lain-lain. Salah satu yang terkenal dari tanah ini adalah makanan khas Batak nya yang menggugah selera dan nggak boleh terlewatkan.

Berikut adalah daftar makanan khas Batak yang wajib kamu cobain saat travelling ke Sumatera Utara. Check this out!

Babi Panggang Karo

makanan khas batak

Foto: Shutterstock

Salah satu makanan khas Batak Karo yang banyak ditemukan di Sumatera Utara adalah Babi Panggang Karo. Makanan ini punya cita rasa gurih dan lembut yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Karo.

Babi Panggang Karo sangat terkenal bahkan banyak juga ditemukan di luar Sumatera Utara. Makan hidangan ini wajib banget ditemenin dengan sambal khasnya, sambal andaliman.

Mie Gomak

makanan khas batak

Ilustrasi Foto: Pixabay

Mie Gomak merupakan sajian mie pada umumnya, yang membedakan adalah cita rasanya yang gurih dipenuhi rempah-rempah khas Batak.

Rasa dari Mie Gomak sendiri yaitu asin, gurih, dan pedas. Kamu bisa menyantap makanan khas Batak ini bersama dengan kerupuk dan irisan bawang goreng yang dibumbui oleh santan kelapa yang nikmat.

Holat

Makanan ini memang sedikit asing jika dibandingkan makanan khas Batak lainnya. Holat merupakan makanan khas Batak Mandailing, tepatnya mudah ditemukan di daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Holat makanan khas Batak merupakan sajian yang terbuat dari ikan mas dengan kuah segar gurih sedikit pahit dan jika dicicipi rasanya seperti sup. Eits, tapi ada lho yang membuat makanan ini terlihat unik yaitu bahan dasarnya yang terbuat dari Kayu Balakka.

Nah, rasa pahit tersebut berasal dari Kayu Balakka. Walaupun pahit, makanan ini gizinya sangat banyak dong. Apalagi salah satu manfaat dari Kayu Balakka yaitu bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Penasaran seperti apa rasanya? Yuk, cobain sendiri!

Lapet

Lapet merupakan makanan khas Batak Pakpak yang biasanya dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung dari Sumatera Utara.

Bahan dasar makanan ini yaitu terbuat dari tepung beras, garam, gula merah, dan kelapa parut yang dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini berbentuk segitiga dan sering banget ditemukan di berbagai pesta adat.

Dijamin rasanya manis gurih dan bisa banget kamu jadiin cemilan untuk mengganjal perut kamu. Gula merahnya yang lumer di mulut akan bikin kamu ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Ikan Mas Arsik

makanan khas batak

Ilustrasi Foto: Pixabay

Sajian yang satu ini mudah banget untuk ditemuin di daerah Sumatera Utara. Selain karena rasanya yang gurih dan lezat, Ikan Mas Arsik juga mudah untuk dimasak di rumah.

Ikan Mas Arsik adalah makanan khas Batak yang terdiri dari ikan mas dengan bumbu rempah-rempah yang berlimpah seperti andaliman, bunga kecombrang, bawang serta 16 bumbu lainnya dan punya rasa otentik yang nggak bisa ditemukan di daerah lain.

Ikan Mas Arsik ini adalah ikan yang dimasak terus menerus sampai bumbunya mengering dan meresap sehingga bisa tahan hingga 2 hari lamanya, lho.

Daun Ubi Tumbuk

Makanan yang satu ini hampir ada di setiap sajian makanan khas Batak. Daun Ubi Tumbuk merupakan makanan pendamping yang terbuat dari daun singkong yang ditumbuk dan dimasak dengan santan dan juga buah rimbai serta bumbu lainnya.

Rasanya kalau makan makanan khas Batak tetapi nggak ada menu yang satu ini akan kurang lengkap deh! Rasanya yang asin, gurih, dan pedas akan menggoyang lidah kamu.

Saksang

Biasanya Saksang bisa kamu temukan bersama dengan sajian Babi Panggang Karo. Saksang terbuat dari daging babi yang dimasak dengan bumbu khas dan juga darah dari daging itu sendiri.

Rasanya sendiri gurih dan pedas karena ada campuran santan dan juga andaliman sehingga membuat makanan ini menjadi lebih pedas dan sedap.

Gimana, kamu tertarik kan cobain makanan khas Batak di atas. Wajib banget deh jalan-jalan ke Tanah Batak untuk cobain makanannya yang kaya akan rempah dan otentik banget. Biar jalan-jalan kamu makin puas dan menyenangkan, kamu bisa lho sekalian nginep di hotel yang nyaman dan harganya juga terjangkau.

Kamu bisa mengandalkan RedDoorz untuk yang satu itu. Cari hotel yang kamu inginkan dan booking deh. Download aplikasi RedDoorz supaya lebih mudah memesan dari mana pun dan kapan pun tanpa kendala. Yuk, download sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×