Loading...

PPKM

Foto: Pixabay

Minggu, 25 Agustus 2020 Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan PPKM level 4 diperpanjang sampai 2 Agustus. Pengumuman ini disampaikan langsung melalui saluran youtube kepresidenan. Banyak dari kamu yang mungkin masih bingung, apa sih yang dimaksud PPKM level 4 dan level lainnya? 

Penggunaan istilah level 1-4 sebenarnya mengacu dari pedoman World Health Organization (WHO), lho! Simak perbedaanya, yuk. 

Level 1

Level ini dianggap level yang paling rendah dimana angka kasus positif Covid-19 yang menginfeksi suatu wilayah kurang dari 20 orang per 100.000 penduduk/minggu. Rawat inap di rumah sakit juga terhitung sangat kecil, hanya 5 orang per 100.000 penduduk/ minggu. Serta angka kematian yang kurang dari 1 orang dalam skala yang sama. 

Level 2

Beranjak ke level 2, level ini menunjukkan kasus positif Covid-19 mencapai 20-50 orang per 100.000 penduduk/minggu. Untuk jumlah pasien yang dirawat akibat Covid-19 berjumlah sekitar 5-10 orang dari 100.000 penduduk/minggu. Serta jumlah kematian kurang dari 2 orang per 100.000 penduduk/minggu. 

Level 3

Lanjut nih ke level yang agak tinggi. Level 3 PPKM Jawa-Bali menunjukkan kasus positif Covid-19 mencapai 50-150 orang per 100.000 penduduk/minggu. Rawat inap mencapai 10-30 orang per 100.000 penduduk/minggu. Dan angka kematian mencapai 2-5 orang dengan skala yang sama. 

Level 4

Level tertinggi PPKM Jawa Bali yaitu PPKM level 4. Level ini menunjukkan kasus mingguan yang sangat tinggi mencapai lebih dari 150 kasus positif per 100.000 penduduk/ minggu. Rawat inap lebih dari 30 orang dan angka meninggal lebih dari 5 orang per 100.000 penduduk per minggu. 

Gimana Caranya Menyikapi PPMK dan Agar Tetap Terhindar dari Covid-19?

PPKM

Foto: Pixabay

PPKM di Jawa-Bali masih digolongkan ke dalam level 3 dan level 4 yang artinya kasus penularan di wilayah ini masih sangat parah. PPKM Jakarta dikategorikan ke dalam level 4 karena jumlah kasusnya yang sangat tinggi. 

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penularan kasus Covid-19 di wilayah yang jumlah kasusnya masih sangat tinggi seperti Jakarta dan kota-kota sekitarnya? 

Tetap Berada di Rumah

Untuk menghindari kontak dari orang-orang yang terinfeksi virus Covid-19 cara terbaiknya memang tetap berada di rumah aja. Sebisa mungkin hindari untuk bepergian apabila bukan urusan yang mendesak. 

Jaga kesehatan tubuh

Virus Covid-19 apalagi yang varian Delta terkena punya tingkat penularan yang sangat tinggi oleh karena itu kamu wajib menjaga imun tubuh tetap baik, gimana caranya? Tentu aja dengan menjalankan pola hidup sehat! Pilih makan-makanan yang bergizi dengan porsi yang seimbang, jangan lupa olahraga dan berjemur untuk membuat tubuh tetap fresh dan mendapat cukup vitamin, 

Segera vaksinasi

Ini nih yang penting banget, segera vaksin! Cara terbaik untuk menangkal penularan virus Covid-19 yaitu dengan melakukan vaksinasi. Kini fasilitas kesehatan yang menyediakan vaksinasi Covid-19 sudah tersebar di seluruh Indonesia. 

Selain cukup mudah didapatkan, vaksinasi Covid juga difasilitasi oleh pemerintah sehingga gratis untuk semua orang. So, nggak ada alasan buat nggak vaksin!
Meskipun kondisi Indonesia sedang nggak baik-baik aja dan masih harus melalui PPKM, kita nggak boleh putus harapan. Dengan berusaha bersama kita pasti bisa melalui situasi yang sulit ini. Kalau situasinya udah pulih kamu bisa bebas bepergian ke mana pun. Jangan lupa cari penginapannya di RedDoorz aja biar gampang. 

Yuk, download RedDoorz untuk merencanakan perjalanan terbaik jika pandemi Covid-19 usai!

Press Enter To Begin Your Search
×