Loading...

pohon natal

Ilustrasi: pexels.com

Mendekati hari Natal, siapa diantara kamu yang sudah punya rencana untuk membeli pohon Natal? Di hari yang paling dinantikan oleh umat Kristiani ini, pohon natal menjadi salah satu dekorasi yang wajib ada karena melambangkan harapan. Tapi, kenapa harus pohon cemara ya? Jauh sebelum agama Kristen muncul, orang-orang di belahan bumi utara menggunakan tanaman hijau sebagai hiasan rumah, simbol, atau tujuan tertentu.

Salah satunya adalah orang Yunani Kuno. Mereka menggunakan dahan hijau untuk menghias kuil-kuil karena dipercaya melambangkan simbol kehidupan yang abadi. Lebih jauh ke utara, orang Viking juga meyakini pohon hijau sebagai Balder, yaitu Dewa kadamaian, keindahan, kegembiraan, dan kesucian. Salah satu hal yang menyebabkan tradisi penggunaan pohon cemara sebagai simbol natal semakin kuat yaitu ketika London Illustrated News menggambarkan kebersamaan Natal keluarga Ratu Victoria sedang berkumpul di sekitar pohon cemara dengan hiasan ornamen di sekitarnya.

Pilihan Alternatif Hiasan Pohon Natal Unik yang Harus Kamu Coba

Sampai hari ini, memasang pohon Natal sudah menjadi kebiasaan bagi umat Kristiani di hari Natal. Namun, saat ini banyak orang yang menggunakan alternatif lain yang lebih unik sebagai pengganti pohon cemara, lho RedTraveler. Tujuannya, ingin membuat pohon Natal yang paling unik dan antimainstream. Cara menghiasnya pun bermacam-macam dan sekreatif mungkin. Nah, buat kamu yang lagi cari referensi dekorasi pohon Natal unik, wajib baca berbagai pilihan alternatif untuk menghias pohon Natal antimainstream di bawah ini.

1. Lampu LED

pohon natal

Ilustrasi: unsplash.com

Lampu LED bukan cuma digunakan untuk menghias kamar agar lebih cantik, namun bisa juga kamu gunakan untuk menghias pohon Natal. Cara mendapatkannya pun mudah karena lampu LED warna warni bisa didapatkan di e-commerce favorit mu. Selain itu, penggunaan lampu LED ini disukai oleh banyak kaum millenial karena memberikan nilai estetika lebih. Buat kamu yang mau moment Natal lebih beda dari biasanya, wajib dicoba nih!

2. Kotak Kado/Box 

pohon natal

Ilustrasi: homecrux.com

Selain pohon cemara, Natal juga identik dengan bertukar kado. Buat dekorasi pohon Natal yang satu ini, bungkus kadonya jangan langsung kamu buang ya, RedTraveler! Kamu bisa mengumpulkan kotak kado yang kamu dapat dari orang-orang terdekat kamu untuk disusun membentuk pohon natal. Kamu bisa juga pakai box bekas sepatu atau box lainnya. Setelah itu, kamu bisa berikan dekorasi lainnya untuk memperindah pohon Natal mu, seperti pita atau gantungan lucu lainnya.

3. Tumpukan Bantal

pohon natal

Ilustrasi: lovethispic.com

Pohon Natal yang satu ini gemes banget! Selain terjangkau, untuk membuatnya pun sangat gampang karena kamu tinggal menyusun bantal mulai dari yang besar sampai yang paling kecil hingga membentuk pohon Natal. Untuk warnanya nggak harus sama kok, kamu masih bisa pakai bantal yang ada di rumah kamu dengan warna yang berbeda-beda. Sisanya, kamu bisa tambahkan dekorasi lain untuk memperindah pohon Natal bantal mu.

4. Pompom Kain Wol

pohon natal

Ilustrasi: homecrux.com

Kalau yang biasa menjahit sih kemungkinan nggak asing dengan nama satu ini. Pompom adalah sebutan untuk bola berbulu yang terbuat dari kain wol, berukuran kecil, dan biasa ditambahkan pada topi rajut. Kali ini, kamu nggak menggunakan pompom untuk kebutuhan menjahit aja, tapi kamu bisa gunakan untuk membuat pohon Natal. Untuk mendapatkannya pun mudah, kamu bisa cari di toko atau e-commerce kesayangan kamu. Kamu bisa pilih ukuran pompom sesuai selera, baik itu yang besar atau yang kecil.

5. Sayuran dan Buah-Buahan

pohon natal

Ilustrasi: boredpanda.com

Kalau yang satu ini sih terkesan rumahan banget! Kenapa? Karena kamu tinggal membuka kulkas untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan. Kalau nggak ada pun, kamu tinggal beli di supermarket terdekat. Untuk membuat pohon natal satu ini, kamu bisa ganti dengan sayuran atau buah-buahan lainnya kok, RedTraveler, sekreatif mungkin! Misalnya, mengganti tomat menjadi apel, jeruk atau buah favorit kamu lainnya.

6. Rumah Kucing

pohon natal

Foto: instagram.com/@schatz.katz

Pecinta kucing mana suaranya? Kamu bisa merayakan hari Natal yang hangat bareng sama kucing-kucing kesayangan di rumah bermainnya. Kamu bisa menghias tempat bermain kucing sebagai pengganti pohon natal kamu. Karena kucing terkenal dengan perilaku barbarnya, usahakan buat dekorasi yang sesimple mungkin ya. Kamu nggak mau kan pohon Natal ala rumah kucing kamu rusak dibuat mainan?

7. Sepatu atau Sendal

pohon natal

Ilustrasi: boredpanda.com

Dekorasi pohon natal yang satu ini bisa kamu coba nih, RedTraveler. Nggak hanya buat wanita, kamu juga bisa pakai sepatu sepatu laki-laki atau sepatu apapun yang kamu punya di rumah. Kamu juga nggak perlu mengeluarkan biaya lebih karena semua sudah tersedia di rumah. Tinggal kamu tambahkan sedikit hiasan pita ataupun kertas warna warni.

8. Koleksi Foto

pohon natal

Ilustrasi: artandhome.net

Duh, sweet banget ya pohon Natal yang satu ini. Biar kehangatan hari Natal semakin terasa, lebih baik pilih foto yang punya kenangan indah dibaliknya agar kamu bisa saling bercerita dan mengenang moment tak terlupakan bersama dengan orang terdekat. Koleksi foto yang kamu punya bisa langsung ditempel di dinding rumah ataupun dibuat menjadi bingkai.

9. Tangga 

pohon natal

Ilustrasi: bhg.com

Nggak ada pilihan alternatif buat dijadiin pohon Natal di rumah? Nggak usah khawatir, kamu bisa pakai tangga! Peralatan lain yang kamu butuhkan adalah cat, lampu LED, dan ornamen lainnya sesuai selera mu. Untuk warna cat pada tangga, kamu bisa bebas memilih warna apa saja. Kalau mau mirip dengan pohon natal, kamu bisa pakaikan warna hijau di tangganya.

10. Buku

pohon natal

Ilustrasi: Bookbub.com

Kali ini bukan sepatu atau bantal, melainkan buku! Pohon Natal yang satu ini bisa dibilang paling mudah untuk dibuat karena kamu bisa menemukan buku di mana-mana. Apalagi buat kamu yang suka membaca dan mengoleksi buku, tinggal kamu susun dan tambahkan hiasan bintang di atasnya. Pohon Natal pun jadi!

Unik-unik banget ya, RedTraveler! Dekorasi pohon Natal di atas tadi pas banget kalau kamu lagi pengen sesuatu yang beda dan spesial di hari Natal. Mau yang spesial lainnya? Staycation bersama keluarga di RedDoorz pastinya! Walaupun pandemi belum berakhir, kamu masih bisa memaksimalkan moment kebersamaanmu dengan keluarga bersama RedDoorz. Apalagi ada sertifikasi HygienePASS yang bikin #AmannyaPASS, jadi nggak usah pusing lagi deh mikirin kebersihan hotel! 

Press Enter To Begin Your Search
×