Loading...

Bersantap hidangan berkuah khas China yakni hot pot atau disebut juga steamboat sangatlah terasa pas apabila menikmatinya ketika cuaca dingin. Akan tetapi, terkadang kamu kerap kali dibuat bingung akan perbedaannya dengan shabu shabu dan juga suki. Meskipun terlihat sama, ternyata ketiganya memiliki beda, lho. Berikut simak penjelasannya.

hot pot

Hot Pot, Suki, dan Shabu Shabu banyak diminati sekarang ini. (Foto: freepik)

Mengenal Perbedaan Hot Pot Dan Shabu Shabu Serta Suki

Apa itu makanan hot pot? Mungkin sebagian dari kamu belum mengerti tentang kuliner satu ini. Makanan berkuah satu ini ternyata sangatlah populer di Tiongkok. Bahkan menurut situs chinahighlights.com, kuliner ini telah ada sejak 1000 tahun yang lalu. Sajian ini sangat digemari ketika musim dingin tiba.

Hal tersebut dikarenakan dengan mengkonsumsinya mampu untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat. Selain itu, makanan ini juga dianggap lebih menyehatkan. Pasalnya, cara makan hot pot dilakukan dengan direbus. Tentu saja hal ini lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng atau membakarnya. Bahan bahan yang digunakan pun cenderung mengandung gizi tinggi.

Setelah mengetahui sekilas tentang apa arti hot pot, pasti kamu bertanya tanya tentang perbedaan dengan makanan berkuah lainnya yakni suki dan shabu shabu. Mungkin banyak orang yang menganggapnya sama dan belum terlalu mengerti tentang perbedaan dari ketiga makanan tersebut. Padahal jika dilihat lebih lanjut, ketiganya memiliki ciri khas yang berbeda. Untuk kamu yang sering kali berwisata kuliner tentu saja harus tahu apa saja yang menjadi perbedaan ketiganya. Terutama bagi kamu yang senang berkunjung ke restoran Jepang atau China yang menyediakan salah satu menu tersebut.

Hot pot vs shabu shabu sebenarnya sama sama kuliner yang menggunakan teknik memasak yakni direbus. Namun, untuk shabu shabu sendiri umumnya terdiri dari bahan utama yakni berupa daging sapi. Akan tetapi, di jaman sekarang banyak sekali varian daging yang disediakan dari kuliner shabu shabu. Pasalnya, kuliner ini tidak hanya menyediakan bahan berupa daging sapi saja. Melainkan juga terdapat daging ayam, daging babi bahkan hingga beragam jenis seafood yang tentu saja akan mengundang selera makan kamu. Selain menyajikan daging dengan variasi yang berbeda beda, mengkonsumsi shabu shabu juga bisa kamu lakukan dengan menambahkan sayuran.

Ada beragam variasi sayur yang biasanya ditambahkan dalam menu satu ini. Sebut saja seperti sawi putih, daun bawang, lobak, wortel dan juga banyak jenis jamur. Dan perlu kamu tahu bahwa sebenarnya shabu shabu ini merupakan jenis kuliner yang berasal dari Jepang. Sehingga tentunya sangat berbeda dengan yang ada di China. Sedangkan untuk perbedaan hot pot dan shabu shabu sendiri yakni seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk kuliner yang berasal dari China ini juga memiliki proses memasak dan penyajian yang terbilang mirip dengan shabu shabu. Akan tetapi, bahan bahan yang digunakan cenderung lebih tipis dan dicelupkan pada kuah yang mendidih.

Sayurannya sendiri pun juga dicelupkan pada kuah panas yang mendidih dan akan langsung menghangatkan tubuh kamu. Untuk yang ada di China sendiri memiliki rasa kaldu yang berbeda beda. Terdapat dua jenis hot pot yang bisa kamu temukan ketika berada di Chinese food. Pertama, Sichuan dan juga Beijing mutton.

Kedua jenis tersebut tentu saja memiliki rasa yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan Sichuan mempunyai rasa yang relatif pedas. Sedangkan untuk Beijing mutton merupakan kaldu yang terbuat dari rempah dan juga daging domba. Dengan begitu, akan menghasilkan rasa yang gurih dan lebih nendang.

Untuk kamu yang ingin tahu mengenai perbedaan dari suki, maka makanan ini tentu saja memiliki ciri yang berbeda dari keduanya. Suki yang merupakan kepanjangan dari Sukiyaki adalah salah satu makanan dari Jepang yang juga memiliki bahan dasar berupa daging dan dimasak dengan cara direbus. Akan tetapi hal yang membedakan suki dengan kedua makanan tersebut adalah adanya beragam isian yang terdapat di dalamnya. Pasalnya, di dalam suki biasanya terdapat mie shirataki dan berbagai macam jenis makanan olahan yang terdapat di dalamnya. Tak hanya dari isian saja, cara penyajiannya pun agak sedikit berbeda dengan kedua makanan tersebut.

Daging yang terdapat pada suki akan dimasak hingga matang di dalam kuah yang panas. Hal ini tentu saja berbeda dengan shabu shabu yang hanya dimasak sebentar dalam air panas atau sekedar dicelupkan dalam waktu yang sebentar. Sehingga meskipun sekilas terlihat mirip, namun keduanya terdapat perbedaan dari cara memasak, isian dan juga kaldu yang terdapat di dalamnya.

Tips dan Cara Makan Hot Pot yang Benar

hotspot suki

Cara memakan menggunakan Hot Pot adalah dengan mencampur semua langsung ke dalam Hot Pot. (Foto: freepik)

Hidangan satu ini umumnya akan dimakan dengan cara beramai ramai. Sebab, menyantapnya seorang diri akan membuatnya terasa kurang lengkap. Pasalnya, kuliner satu ini biasanya akan disajikan di dalam pot yang memiliki ukuran cukup besar. Dengan sajian untuk dua hingga empat orang.

Steamboat sendiri merupakan hidangan yang disajikan dengan kuah panas dan juga beragam jenis lauk. Menurut Jaclyn Reutens yang merupakan ahli diet klinis mengatakan terdapat beberapa cara makan hot pot yang tepat. dilansir melalui food.detik.com, berikut tips yang bisa anda lakukan ketika ingin menyantap hidangan satu ini.

1. Jangan Terlalu Banyak Minum Kuah Kaldu

Tips pertama yang harus anda lakukan ketika menyantap hidangan ini adalah hindari untuk meminum kuahnya terlalu banyak. Hal tersebut dikarenakan ketika kamu meminumnya dalam jumlah banyak akan membuat perut akan menjadi semakin mudah untuk kenyang. Tentunya kamu tak ingin menyia nyiakan makanan yang ada di steamboat tersebut bukan?

2. Hindari Untuk Melahap Makanan Dengan Terlalu Cepat 

Selain itu, anda juga perlu untuk menghindari agar tidak melahap makanan terlalu cepat. Pasalnya, sangat penting untuk memberikan jeda atau kesempatan pada otak untuk merespon sinyal bahwa kamu telah kenyang. Sebab, terkadang meskipun kamu telah merasa kenyang, akan tetapi kamu terus menerus makan tanpa henti karena adanya nafsu.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang melahap makanan hot pot seperti ia makan dalam porsi tiga kali. Tentunya, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan anda. Untuk itu, sebaiknya kamu mulai untuk mengkonsumsi makanan ini dengan lebih tenang dan menikmati. Selain itu, anda juga perlu untuk memilih makanan yang sehat dan jangan mengambil semua makanan.

3. Biasanya Kuah Steamboat Sangat Panas, Hindari Untuk Menyeruputnya 

Di dalam mengkonsumsi steamboat, sebaiknya anda juga menghindari untuk menyeruput kuah yang terlalu panas. Seperti yang kamu tahu, makanan satu ini kerap kali disajikan dalam keadaan yang hangat. Akan tetapi, kamu jangan sekali kali untuk menyeruputnya ketika masih sangat panas.

Pasalnya, hal tersebut akan membuat lidah kamu serasa terbakar. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang terlalu panas juga akan membahayakan kesehatan. Bahkan bahayanya pun tidak main main ketika kamu menyeruput makanan yang panas. Sebab, kamu akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker esofagus.

4. Hindari Memasukkan Kepala Udang ke Kuah Steamboat 

shabu hot pot

Selain daging ada pilihan seafood dalam menu Hot Pot. (foto: freepik)

Hal lain yang perlu kamu tahu ketika menyantap hidangan ini adalah dengan menghindari memasukkan kepala udang ke dalam kuah steamboat. Meskipun sebagian orang beranggapan bahwa hal tersebut akan membuat rasa pada kuah menjadi manis, namun ternyata menambahkan kepala udang bisa membuat kolesterol meningkat.

Untuk itu, ahli diet klinis menyarankan untuk mengkonsumsi bagian tubuh dan ekor udang saja. Hal ini dikarenakan kedua bagian tersebut mengandung protein dan juga zat besi yang baik bagi tubuh kamu. Oleh karena itu, mengkonsumsi jenis makanan satu ini  pun ternyata banyak aturan yang perlu kamu tahu.

5. Mengurangi Untuk Memilih Makanan Olahan 

Hal selanjutnya yang perlu untuk kamu perhatikan ketika ingin menyantap hidangan ini adalah mengurangi untuk mengambil makanan olahan. Apa saja jenis makanan olahan tersebut? Sebut saja seperti berbagai jenis bakso, sosis, fish cake, crab stick dan juga lain sebagainya yang kerap kali disediakan oleh hidangan ini.

Di dalam mengkonsumsi steamboat, sebaiknya anda menghindari untuk memilih varian tersebut. Hal ini dikarenakan makanan olahan memiliki kandungan gizi yang sangat kecil. Selain itu, pada makanan olahan juga mengandung nitrit. Sehingga, apabila kamu mengkonsumsi makanan ini terlalu sering akan berakibat pada kesehatan kamu.

Untuk itu, dalam mengantisipasi hal ini sebaiknya ketika kamu mengunjungi tempat makan hot pot atau shabu shabu restaurant, kamu sebaiknya memilih daging dan juga sayuran yang mengandung lemak rendah dan juga sodium. Kamu juga sebaiknya memilih daging yang memiliki irisan tipis tanpa adanya lemak, dada ayam tanpa adanya kulit, hingga striploin dan juga fillet ikan.

6. Hindari Untuk Mencelupkan Makanan Terlalu Sering ke Kecap atau Saos 

Kemudian, kamu juga perlu untuk memperhatikan ketika mencelupkan daging atau sayuran ke dalam kecap atau sambal. Pasalnya kedua jenis saus tersebut akan memiliki tambahan asupan sodium yakni sekitar 1000 mg dan juga 500 mg. Untuk itu, kamu pun perlu untuk memikirkan terlebih dahulu apabila ingin mencelupkannya ke dalam hot pot.

Tempat Makan Hot Pot Terenak di Bandung

Bagi kamu yang merupakan anak kost Bandung sangat mudah untuk menemukan hot pot terenak. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali rekomendasi tempat makan yang enak. Pertama, kamu bisa mengunjungi Jiganasuki. Berada di daerah Sukajadi, kamu akan disuguhkan dengan restoran suki yang menyajikan varian isian sangat banyak.

Kedua, Shabu Kojo menjadi shabu shabu restaurant yang bisa kamu kunjungi selanjutnya. Dengan mengkonsumsi makanan all you can eat akan menjadi salah satu pilihan yang pas untuk menyantap hidangan berkuah panas ini. Dengan menawarkan harga yang masih terjangkau, kamu pun bisa makan dengan puas disini. 

Terakhir, Tera Suki menjadi restoran yang bisa kamu tuju. Sebab disini, kamu akan memperoleh banyak sekali varian isian dan juga daging yang beragam. Dengan harga yang masih ramah di kantong dan juga minuman free refill, membuatmu akan betah menghabiskan waktu dengan makan suki di tempat satu ini.

Itulah beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui tentang ketiganya. Meskipun terlihat sama, nyatanya makanan dengan kuah pedas tersebut memiliki ciri khas yang tidak sama. Namun, apabila kamu sedang berada di Bandung lebih baik untuk mencoba mencicipi hidangan tersebut. Kuahnya yang panas akan menghangatkan tubuhmu di kota yang sejuk ini.

Sudah tau kan apa bedanya antara Hot Pot, Shabu shabu dan suki. Sekarang ini sudah banyak yang jual bahan-bahan untuk Hot Pot, Shabu shabu dan suki yang nantinya bisa kamu masak sendiri di kosan lho. Kalau kamu butuh kosan yang ada dapur bersamanya, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, karena selain fasilitasnya lengkap seperti kamar yang sudah ada kasur yang nyaman, lemari pakaian yang besar, meja kerja, ruang ber-AC, dan kamar mandi dalam, KoolKost juga menyediakan fasilitas wifi gratis dan juga dapur bersama yang bisa kamu gunakan untuk memasak Hot Pot, Shabu shabu atau Suki. 

Press Enter To Begin Your Search
×