Loading...

vaksinasi

Foto: Shutterstock

Setelah setahun lebih menghadapi pandemi Covid-19 kini kita sedang memulai babak baru untuk memerangi virus ini dengan melakukan vaksinasi. Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan istilah vaksinasi meskipun istilah ini sering disebut belakangan ini. 

Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin dengan cara disuntik maupun diteteskan ke mulut. Tujuan vaksinasi yaitu untuk meningkatkan antibodi yang akan melawan virus tertentu. Berhubung saat ini yang sedang kita hadapi adalah virus Covid-19 maka vaksinasi yang diberikan adalah vaksin Covid-19. 

Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi Covid-19 di seluruh Indonesia, tujuannya guna mencapai herd immunity dan meminimalisir efek virus Covid-19 yang lebih parah. Oleh karena itu kini banyak sekali program pemberian vaksin secara gratis yang dilakukan pemerintah di area publik yang tersebar di seluruh provinsi, 

Meskipun sudah banyak tempat yang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 namun masih banyak, lho yang bingung gimana cara mendapatkan jadwal vaksinasi. Buat kamu yang masih bingung, simak info berikut ini, deh. 

Cara Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Sejak 1 Juli 2021 pemerintah mengumumkan pembukaan vaksinasi Covid-19 secara serentak di Indonesia. Tindakan ini dilakukan mengingat angka penderita Covid-19 yang melonjak tinggi. Untuk itu semua orang kini berhak mendapatkan vaksinasi Covid-19. Gimana caranya? 

1. Pastikan telah memenuhi syarat

Peserta yang berhak mendapatkan vaksin Covid-19 adalah seseorang yang sudah berusia diatas 18 tahun. Oleh karena itu setiap yang mau mendaftarkan diri diwajibkan untuk menunjukkan KTP sebagai bukti usia. 

2. Tempat yang menyediakan vaksinasi Covid-19

vaksinasi

Foto: Shutterstock

Tidak semua fasilitas kesehatan menyediakan vaksinasi Covid-19 sehingga kamu nggak bisa sembarangan datang ke faskes kesehatan dan meminta divaksin. Saat ini vaksinasi dilakukan di beberapa lokasi publik seperti puskesma, sentra vaksinasi Covid-19, acara vaksinasi massal, dan rumah sakit yang mengadakan vaksinasi gotong royong. 

3. Mendaftar secara online maupun offline

Informasi tentang pendaftaran Vaksinasi Covid-19 sebenarnya beredar luas di masyarakat. Beberapa Faskes vaksinasi Covid-19 menyediakan pendaftaran vaksinasi secara offline sehingga kamu tinggal datang saja ke lokasi. Sedangkan yang lainnya ada pula yang mensyaratkan pendaftaran online untuk mengontrol jumlah antrian saat di faskes vaksinasi Covid-19. 

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut soal layanan vaksinasi di kotamu, kamu bisa langsung cek website www.vaksin.loket.com

Nah, itu dia info seputar cara mendapatkan vaksinasi Covid-19. Segera lakukan vaksinasi demi kesehatan kita bersama. Stay di rumah aja sampai kondisi kita kembali normal. Tunda dulu semua perjalanan. Saat keadaan sudah kembali normal, pilih RedDoorz sebagai teman setia dalam semua perjalanan. Download aplikasi RedDoorz dan temukan penawaran terbaik kami. 

Press Enter To Begin Your Search
×