Loading...

makanan khas palembang

Foto: Instagram/@pempek.satria

Jalan-jalan ke Bumi Sriwijaya, nggak lengkap kalau belum cobain makanan khas Palembang. Pempek biasanya jadi buruan para pelancong saat singgah di kota ini. Cita rasa gurih dari pempek yang disiram cuko asam dan legit membuat kenikmatan semangkuk pempek khas Palembang tak terlupakan. Tapi kalau ngomongin soal makanan khas Palembang yang enak, sebenarnya nggak cuma pempek aja, lho. Ada banyak pilihan makanan lezat lainnya. 

Nggak Cuma Pempek, ini Makanan Khas Palembang yang Patut Dicoba Traveler

Wisata kuliner sudah pasti jadi ritual wajib saat berkunjung ke Palembang. Sebelum pergi untuk berburu kuliner, jangan lupa siapkan dulu daftar makanan yang pengen kamu cicipi. Berikut ini ada beberapa makanan khas Palembang yang wajib banget kamu cobain. Check this out!

Tekwan

Tekwan, kuliner khas Palembang yang satu ini sering juga disebut bakso Palembang. Berbeda dari bakso yang biasanya terbuat dari daging sapi, tekwan terbuat dari ikan. Semangkuk tekwan biasanya disajikan saat hangat ditambah bihun, jamur kuping, dan bengkuang. Bukan cuma isianya aja lho yang menggugah selera, kuah tekwan sendiri juga dibuat dari kaldu udang jadi rasanya sangat gurih dan unik banget. 

Martabak Palembang

makanan khas palembang

Foto: Instagram/@martabak.har1947

Kalau martabak manis dan martabak telor pasti kamu udah pernah coba, tapi kalau martabak khas Palembang kamu udah pernah coba belum? Apa sih yang bikin martabak Palembang beda dari martabak lainnya? 

Martabak Palembang punya rupa yang agak mirip martabak telor. Kulit martabak diisi dengan telur ayam atau telur bebek dan ditambahkan irisan daging, namun martabak Palembang nggak ditambah daun bawang seperti martabak telor pada umumnya. Nah, yang membuat martabak Palembang beda dari martabak biasanya adalah cara penyajiannya. Martabak disajikan dengan kuah kari kental gurih yang membuat cita rasa martabak semakin kaya. 

Roti Koing

Roti koing merupakan cemilan yang sangat populer di Palembang. Roti ini berbentuk bulat kecil dan agak keras. Uniknya, roti ini rasanya tawar! Lalu apa enaknya menyantap roti yang keras dan tawar? Nah, ini nih yang wajib kamu tau, cara memakan roti koing!

Roti koing biasanya jadi hidangan wajib di rumah saat bulan ramadhan tiba. Roti ini nggak dimakan langsung begitu aja, tapi kamu harus mencelupkan roti koing ke dalam kopi dan teh yang masih hangat. Roti koing jadi cemilan andalan untuk menemani waktu bersantai. 

Gulo Puan

Makanan manis yang satu ini dulunya menjadi kudapan para bangsawan, lho! Raja-raja dari Kesultanan Palembang Darussalam sangat menyukai gulo puan. Namun saat ini gulo puan semakin langka dan sulit ditemukan. Sebenarnya gulo puan makanan seperti apa sih? 

Gulo puan sebenarnya adala olahan susu manis. Susu yang diguakan untuk membuat gulo puan biasanya diambil dari kerbau yang berasal dari Pampangan, Ogan Komering Ilir. Susu dimasak dan ditambahkan gula merah hingga mengental seperti kue karamel. Gulo puan biasanya disantap dengan teh, kopi, bahkan roti tawar. 

Sambal tempoyak

Belum lengkap rasanya kalau nggak ngomongin makanan pedas dari Palembang. Sama seperti daerah lain di Indonesia, Palembang juga punya sambah khas namanya sambal tempoyak. Keunikan sambal tempoyak berasal dari bahan utamanya yaitu durian. Fermentasi buah durian dicampur dengan cabai dan bawang sampai berbentuk sambal. Sambal tempoyak biasanya dihidangkan bersama makanan lainnya bahkan juga dijadikan campuran untuk membuat pepes ikan. 

Gimana makanan khas Palembang di atas, menggugah selera banget kan? Mending buruan deh datang ke Palembang lalu wisata kuliner sepuasnya di sana. Kamu nggak perlu khawatir soal budget! Kamu nggak perlu mengeluarkan budget besar untuk menginap karena #PastiHemat kalau menginapnya di RedDoorz. Alokasikan anggaran perjalananmu untuk wisata kuliner sepuasnya di Palembang dan pilih hotel dengan harga terjangkau di RedDoorz. Yuk, booking hotel RedDoorz sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×