Loading...

susu sapi

Foto: Pixabay

Siapa yang masih ingat dengan slogan “4 sehat 5 sempurna”? Itu adalah prinsip makan yang pastinya nggak asing lagi di telinga orang Indonesia. Nah, untuk menjadikan porsi makan harian kita sempurna, susu sapi jadi pelengkapnya. 

Meskipun prinsip makan ini sudah diganti dengan yang lebih relevan dengan tubuh orang Indonesia namun kita nggak bisa memungkiri bahwa ada banyak manfaat susu sapi bagi tubuh kita. Selain susu sapi murni bisa diminum secara langsung, namun banyak juga, lho, makanan dan minuman yang berasal dari susu sapi. 

Olahan susu sapi biasa dikenal dengan sebutan dairy product. Berikut ini daftar dairy product yang biasanya kita temukan sehari-hari. 

Daftar Macam-Macam Olahan Susu Sapi

Makanan dan minuman yang berasal dari susu sapi pastinya nggak bisa kita lepaskan dari kebutuhan sehari-hari. Apa aja sih produk olahan susu sapi? Check this out!

Yogurt

Berbeda dengan susu sapi yang punya rasa agak tawar atau manis jika ditambah pemanis tambahan, yogurt justru punya rasa yang asam. Memang yogurt juga berasal dari susu sapi perah, namun pengolahannya agak lebih ribet dibandingkan susu sapi biasa, 

Yogurt adalah olahan susu yang sudah difermentasi. Biasanya yogurt punya tekstur yang agak kental seperti krim namun ada juga yang lebih encer seperti susu pada umumnya. Aneka merek yogurt sangat mudah ditemukan di supermarket dan biasanya yogurt ditambahkan ekstrak buah-buahan sehingga rasanya lebih segar. 

Yang membuat rasa yogurt asam yaitu adanya kandungan bakteri baik atau disebut probiotik. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di usus sehingga sistem pencernaan bisa berjalan lebih optimal. 

Keju

Keju juga menjadi olahan susu sapi yang sangat terkenal, meskipun sebenarnya keju juga bisa dibuat dari susu hewan ternak yang lainnya. Keju dibuat dengan cara memisahkan protein susu dengan cairannya. Saat proses pembuatan kecu, ditambahkan pula bahan lain seperti garam, probiotik, dan enzim rennet. 

Meskipun cara pengolahan susu sapi untuk dijadikan keju cukup mirip, namun banyak negara-negara di dunia yang punya produk keju dengan cita rasa yang khas, lho. 

Whey

Buat orang yang rajin nge-gym, dairy produk yang satu ini pasti udah nggak asing lagi. Whey adalah bagian cair dari susu yang terpisah saat pembuatan keju. Sedangkan bagian yang menggumpal atau disebut dadih diolah menjadi keju dan mentega. 

Whey merupakan minuman olahan susu yang sangat tinggi akan protein, oleh karena itu minuman ini sangat disukai orang-orang yang pengen membentuk otot. Asam amino esensial di dalam whey akan membantu membangun dan memperbaiki otot selama berolahraga. Jadi badan kamu bisa terlihat lebih keren, deh!

Krim

Dibandingkan produk olahan susu sapi yang sebelumnya telah disebutkan, bisa dibilang krim adalah dairy produk yang cukup tinggi kandungan lemak dan kalorinya. Meskipun tinggi lemak dan kalori, sebenarnya ada beberapa kandungan gizi yang masih bisa kamu temukan seperti vitamin A, vitamin B2, kalsium, dan fosfor. 

Mentega

Nah, kalau bahan yang satu ini sih sangat multifungsi di dapur. Bisa dibuat beraneka jenis makanan dengan cita rasa gurih yang menggugah selera. Mentega juga termasuk produk olahan susu sapi yang kandungan lemaknya tinggi. Mentega juga mengandung vitamin A. Namun, karena tinggi lemak konsumsi mentega harus dibatasi agar tidak memicu berbagai penyakit berbahaya. 

Kandungan susu sapi memang sangat baik untuk kesehatan, namun konsumsi dairy produk juga harus bijak. Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, ternyata banyak orang asia yang alergi susu sapi, lho. Di Indonesia sendiri banyak peternakan sapi yang menghasilkan produk olahan susu sapi dengan kualitas internasional. 

Kamu boleh banget menjadikan industri pengolahan dairy produk sebagai destinasi liburan berikutnya. Selain menyenangkan pasti banyak pengetahuan baru yang bisa kamu dapat. Namun kamu harus tetap ini, kemana pun liburannya pastikan pesan hotelnya di RedDoorz. Yuk, download aplikasi RedDoorz!

 

Press Enter To Begin Your Search
×