Loading...

ketupat

Foto: Shutterstock

Ketupat jadi hidangan yang wajib ada saat lebaran tiba. Nasi berbalut daun kelapa yang biasanya kita jumpai berbentuk jajaran genjang, tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak bentuk ketupat di Indonesia. Meskipun kalah populer dengan ketupat pada umumnya, namun ketupat-ketupat ini punya bentuk yang unik banget!

Macam-Macam Bentuk Ketupat di Indonesia

Ketupat Bagea

Dinamakan ketupat bagea karena bentuknya mirip dengan kue bagea, kue kering asal Maluku Utara berbentuk bulat. Anyaman ketupat bagea berbentuk hampir bulat lalu terdapat sisa janur yang menjulur panjang.  

Ketupat bata

Ketupat bata sering juga disebut ketupat luwar. Ketupat ini berbentuk persegi panjang dengan helaian janur yang saling menjulur berseberangan. Ketupat bata sering dijadikan simbol harapan dari orang tua agar anak yang masih di dalam kandungan bisa lahir dengan selamat. 

Ketupat geleng

Ketupat ini bentuknya agak mirip dengan ketupat bata yakni berbentuk persegi panjang, hanya saja ketupat geleng tidak memiliki janur yang menjuntai. 

Ketupat bebek

Ketupat ini punya bentuk yang agak kecil dan bagian bawahnya agak membulat. Bagian ujung ketupat dibuat agak panjang miring ke atas sehingga mirip paruh bebek, oleh sebab itu ketupat ini dinamakan ketupat bebek. 

Ketupat getap

Ketupat ini bentuknya agak mirip dengan ketupat bebek, namun bentuknya lebih cenderung membentuk huruf d kecil. 

Ketupat dablek

Ketupat dablek punya nama lain yaitu ketupat sitok. Ketupat dablek menjadi simbol wanita cantik yang berperangai baik. Berbeda dari ketupat lain yang biasanya dibuat menggunakan 2 janur, ketupat dablek dianyam menggunakan 4 janur. Ketupat ini dibuat untuk upacara adat yang bertujuan untuk memohon anak perempuan lahir dengan rupa yang cantik dan tingkah laku yang baik. 

Ketupat jago

Ketupat jago dibuat menggunakan 8 helai jalur sekaligus. Bentuknya menyerupai segitiga sama kaki. Ketupat jenis ini biasanya disajikan saat acara empat bulanan saat bayi berada dalam kandungan. Upacara ini memohon agar bayi laki-laki yang dikandung menjadi sosok pemberani dan bijaksana. 

Letupat sidalungguh

Mirip dengan ketupat jago, ketupat sidalungguh juga biasa disajikan dalam upacara empat bulanan. Ketupat ini dijadikan simbol ditiupnya ruh ke dalam janin sehingga bayi di dalam kandungan itu sudah bisa disebut manusia. 

Ketupat sidapurna

Ketupat ini bentuknya mirip huruf p terbalik, ada juga yang menyebutnya mirip dengan kipas sate. 

Letupat sari

Ketupat sari bentuknya mirip dengan ketupat jago, berbentuk segitiga sama sisi namun dengan ukuran yang lebih kecil. 

Ketupat tumpeng

Seperti namanya, ketupat yang satu ini bentuknya memang mirip tumpeng. Berbentuk kerujut dengan ujung meruncing dan bagian bawah melebar. 

Nah itu dia macam-macam bentuk ketupat yang ada di Indonesia. Selain unik, ketupat-ketupat ini juga punya nilai tradisi yang kental. Selain itu ada satu lagi nih ketupat yang menarik banget, namanya promo KETUPAT! RedDoorz bagi-bagi promo menarik yang berlangsung dari tanggal 7-10 Mei 2021. Nikmati hotel dengan harga cuma Rp.99 ribu serta diskon tambahan hingga 30%. Download aplikasi RedDoorz dan booking hotelnya segera. Jangan sampai kehabisan!

Press Enter To Begin Your Search
×