Loading...

menu makanan

Foto: Unsplash

Natal jadi momen kumpul keluarga yang sangat ditunggu-tunggu. Agar malam natal semakin mengasyikan, biasanya setiap keluarga menyiapkan menu makanan khusus. Ternyata setiap negara punya menu makanan khas untuk merayakan natal, lho. Ada yang menghidangkan kue manis bahkan ada juga yang menghidangkan daging. Semuanya unik dan mungkin banyak yang belum kamu tahu. 

Menu Makanan Khas Natal dari Berbagai Negara

Untuk menyambut natal tahun ini pasti kamu butuh referensi menu makanan untuk dihidangkan. Buat kamu yang pengen tau menu makanan seperti apa yang dimakan orang-orang mancanegara saat merayakan natal, kamu harus baca artikel di bawah ini. Berikut ada tujuh menu makanan khas natal dari berbagai negara yang bisa kamu jadikan inspirasi. 

1. Kalkun Panggang, Australia

menu makanan

Foto: Unsplash

Menu makanan yang satu ini mungkin udah nggak asing lagi buat kamu. Kalkun Panggang sering banget muncul di film-film bertema natal. Ada banyak negara di yang menyajikan kalkun panggang sebagai hidangan khas natal, salah satunya Australia. Biasanya kalkun panggang disebut roasted turkey. Untuk membuat roasted turkey, daging kalkun utuh harus dipanggang dengan campuran aneka rempah Eropa dan minyak zaitun. Campuran semua bumbu ini akan menciptakan bau harus yang sangat khas sehingga membuat suasana natal semakin berkesan. 

2. Bacalao, Meksiko

Makanan unik dari Meksiko ini namanya bacalao. Saat merayakan malam natal, orang-orang di Meksiko biasanya menyantap bacalao. Bacalao sendiri sebenarnya adalah campuran tomat, cabai ancho, kentang, hampir, dan zaitun. Katanya makanan ini bisa menghangatkan tubuh makanan cocok banget dimakan saat menyambut malam natal yang dingin. 

3. Pavlova, Selandia Baru

menu makanan

Foto: Unsplash

Buat pecinta makanan manis pavlova mungkin sudah nggak asing lagi. Pavlova biasanya sering disajikan saat perayaan ulang tahun karena rasanya yang manis serta tampilannya yang sangat cantik. Tapi di Selandia Baru, Pavlova biasanya dihidangkan untuk merayakan natal, lho. Pavlova terbuat dari marigue yang dipanggang kemudian disusun bertumpuk lalu diberi toping buah-buahan sehingga semakin menggugah selera. Karena warnanya yang putih bersih, banyak yang menganggap pavlova sebenarnya melambangkan gundukan salju di malam natal yang dingin. 

4. Sup Ayam Avgolemono,Yunani

Hidangan hangat tentu jadi menu makanan andalan untuk merayakan natal, terlebih bagi negara-negara yang merayakan natal di musim dingin. Nah, kalau di Yunani, orang-orang biasanya menyantap sup ayam avgolemono. Makanan yang nikmat disantap ketika masih hangat ini sebenarnya terbuat dari campuran kaldu ayam, telur, dan lemon. Perpaduan antara gurihnya kaldu ayam serta segarnya lemon pasti membuat makanan ini jadi favorit keluarga. 

5. Pierogi, Polandia

menu makanan

Foto: Unsplash

Dari tampilannya, Pierogi bisa dibilang mirip pangsit atau dumpling. Biasanya masyarakat Polandia menyantap Pierogi saat merayakan natal. Konon bagi orang Polandia, haram hukumnya menyantap daging di malam natal, oleh karena itu mereka lebih memilih makan pierogi. Pieorogi sendiri terbuat dari campuran kentang tumbuk, keju, dan sauerkraut. Biasanya pierogi dimasak dengan cara direbus, namun banyak juga yang memasaknya dengan cara digoreng. 

6. Bibingka, Filipina

Sekarang kita coba intip menu makanan khas natal dari negara tetangga, yuk. Filipina punya menu khas natal yang dinamakan bibingka. Bibingka sebenarnya adalah kue tradisional Filipina. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Adonan ini kemudian dibungkus pakai daun pisang baru kemudian dimasak. Bibingka biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa agar rasanya semakin gurih.

7. Risalamande, Denmark

menu makanan

Foto: Unsplash

Menu makanan wajib saat merayakan natal di Denmark adalah risalamande. Risalamande terbuat dari puding beras yang dicampur dengan whipped cream, vanila, dan kacang almond. Makanan ini biasanya disantap dalam keadaan dingin sehingga akan sangat menyegarkan.  Punya rasa yang nikmat dan digemari banyak orang, risalamande sebenarnya sudah ada sejak abad ke 19, lho. Jadi bisa dibilang menu makanan khas Denmark yang satu ini udah legendari banget. 

Semua menu makanan khas natal di atas pasti menggugah selera banget. Cocok buat kamu jadikan alternatif makanan untuk merayakan natal tahun ini. Biar merayakan natal makin seru, kamu bisa sambil staycation. Pilih penginapan yang memiliki fasilitas perlengkapan masak sehingga kamu bisa memasak saat staycation nanti. Emangnya ada tempat menginap yang punya alat memasak? Pastinya ada kalau kamu cari tempat menginapnya di RedDoorz. Cek aplikasi RedDoorz dan temukan tempat menginap dengan fasilitas terbaik sesuai yang kamu mau. 

Press Enter To Begin Your Search
×