Loading...

menu diet sehat

Foto: Pixabay

Semenjak dunia diserang COVID-19 semua orang jadi lebih peduli kesehatan. Berbagai macam upaya dilakukan agar kita nggak tertular virus. Dari berjemur di bawah sinar matahari pagi, olahraga, minum vitamin, bahkan secara mendadak kita banting setir mengubah pola hidup jadi lebih sehat. Karena saat ini kita punya banyak waktu di rumah, banyak orang bereksperimen memasak menu diet sehat yang berguna untuk memperkuat imun. 

Mengatur menu makan sehat sebenarnya nggak susah kok, namun memang agak tricky, sih. Meskipun sudah menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, tapi kalo cara masak atau jumlah yang dimakan berlebihan, tetap aja jadinya nggak sehat. Nah, biar kamu nggak salah saat merencanakan menu diet sehat, mending kamu ikuti diet sehat ala Ade Rai yang terbukti keampuhannya!

Menu Diet Sehat Ala Ade Rai

Ade Rai adalah binaragawan paling terkenal di Indonesia. Tubuhnya yang kekar dan penuh otot membuatnya terlihat sangat bugar. Bahkan banyak orang penasaran, apa sih tips biar bisa punya tubuh yang atletis kayak gitu? Di channel YouTube Dunia Ade Rai, ia sering berbagi tips tentang pola hidup sehat. Ternyata agar punya tubuh sehat nan atletis kayak Ade Rai, kamu harus konsisten dalam 2 hal, menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Di setiap videonya ia berulang kali mengatakan bahwa, “mulut kita adalah sumber kesehatan dan sumber kesakitan”. Artinya apa yang kita makan berpengaruh besar terhadap tubuh kita. Kalau kita kebanyakan makan makanan nggak sehat, kita jadi gampang sakit. Sedangkan kalau kita disiplin makan makanan yang bergizi, kita jadi lebih sehat dan nggak gampang sakit. 

Biar nggak makin penasaran, kaya gimana sebenarnya menu diet sehat yang disantap Ade Rai setiap hari, berikut tipsnya khusus buat kamu. 

1. Mengatur porsi makan

menu diet sehat

Foto: Pixabay

Agar kuat buat diajak berolahraga, menu sarapan Ade Rai harus terdiri dan protein dan karbohidrat. Ia biasanya makan oatmeal dicampur susu rendah lemak atau nasi dan omelette putih telur. Sedangkan untuk makan siang dan malam ia memilih makanan yang lebih variatif seperti ayam bakar, nasi merah, sayur, steak, ikan bakar, sup, salad, tahu, tempe, dan nasi merah. Meskipun kelihatannya seperti menu makanan orang-orang pada umumnya, tapi Ade Rai mengatur jumlah yang ia santap. Untuk makanan yang mengandung protein, ia makan sebanyak ukuran 1 telapak tangan, sedangkan untuk karbohidrat ia makan setengah telapak tangan.

2. Batasi konsumsi gula dan karbohidrat, perbanyak sayur dan buah

menu diet sehat

Foto: Pixabay

Terlalu banyak mengonsumsi gula dan karbohidrat nggak baik buat kesehatan. Ade Rai tau betul hal ini, oleh karena itu ia membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang biasanya dimakan. Misalnya saat memilih nasi. Dia lebih memilih makan nasi merah dibandingkan nasi putih, karena nasi putih kandungan gulanya lebih tinggi dan lebih rendah akan serat, jadi kurang baik deh buat badan. Selain itu dia juga menghindari minuman kemasan yang biasanya punya kandungan gula yang sangat tinggi. 

Kita nggak bisa memungkiri kalau ada kalanya kita pengen ngemil, namun cemilan yang kita makan biasanya nggak sehat. Gorengan, ice cream, boba, keripik, semua itu punya kalori yang tinggi. Kebanyakan makan-makanan seperti itu bisa bikin kamu kegemukan! Wah, pastinya kamu nggak mau dong? Makanya Ade Rai menyarankan kalau kita pengen ngemil, ubah cemilan yang biasanya kita makan jadi buah dan sayur. Selain rasanya yang nggak kalah nikmat dan menyegarkan, buah dan sayur punya banyak vitamin yang baik bagi tubuh kamu. 

3. Menghindari makan makanan cepat saji

menu diet sehat

Foto: Pixabay

Semua orang pasti suka makanan cepat saji (fast food). Selain nggak perlu waktu lama buat menunggu makanannya, rasanya yang gurih juga bikin ketagihan. Tapi, fast food termasuk makanan yang miskin gizi, lho. Malah bisa dibilang berbahaya buat tubuh soalnya menyebabkan banyak penyakit seperti obesitas, kanker, hipertensi, dan masih banyak yang lainnya. Namun Ade Rai punya prinsip, selama menjalankan diet kita harus tetap bahagia. Jadi nggak apa-apa sesekali kita makan fast food namun jumlahnya juga harus dibatasi, ya. 

Sebenarnya nggak susah kan untuk mencoba gaya hidup sehat seperti yang dilakukan Ade Rai? Sayangnya kita sering mikir kalau memulai pola hidup sehat pasti susah banget akhirnya kita nggak pernah memulainya, deh! Padahal dengan rutin mengkonsumsi menu diet sehat kita bisa punya imun tubuh yang lebih kuat jadi nggak gampang terserang penyakit.  Nggak cuma atur pola makan aja. Ade Rai juga menyarankan agar kita selalu bahagia karena kalau kita stress daya tahan tubuh juga bisa menurun, lho. Kamu bisa melakukan banyak cara agar tetap bahagia, salah satunya dengan pergi staycation. Kalau soal pilihan hotel buat staycation yang aman, cari hotelnya di RedDoorz aja! 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×