Loading...

Foto: pexels.com

Kata siapa liburan memakan banyak biaya? Liburan nggak harus mahal selama kamu mengetahui tips menghemat pengeluaran dikala berlibur. Langkah yang paling umum adalah memanfaatkan promo tiket pesawat murah. Gimana caranya biar misi pencarian penerbangan dengan harga miring berhasil? Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

1. Rajin Cari Promo

Foto: pexels.com

Iming-iming terbang dengan harga murah yang dikemas dalam harga promo seringkali dijadikan senjata ampun oleh berbagai maskapai penerbangan untuk menarik penumpang. Informasi seputar promo apa yang sedang berlaku ini biasanya berubah secara berkala melalui situs resmi mereka. Inilah pentingnya berlangganan newsletter.

Kamu bakal menerima segala informasi terkait harga tiket pesawat langsung di E-mail pribadimu. Jadi, nggak perlu repot-repot mengulik promo di situs-situs maskapai yang berbeda. Mau cara yang lebih sederhana? Cukup ikuti akun media sosial maskapai incaranmu. Selain situs, promo-promo perjalanan juga aktif disosialisasikan melalui media sosial.

2. Terbang di Waktu yang Tepat

Berencana berlibur saat high season? Coba pertimbangkan lagi deh. Usahakan rencana liburan kamu tidak jatuh bersamaan musim liburan anak-anak sekolah maupun hari-hari besar nasional. Meningkatnya jumlah pelancong saat high season tentunya mempengaruhi harga tiket pesawat. Luangkan waktu di tengah-tengah padatnya rutinitas, namun hindari penerbangan di hari Jumat dan hari Minggu, sebab harga tiket pesawat kerap melambung di kedua hari tersebut.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk memperoleh harga tiket pesawat terbaik? Jawabannya adalah 6-8 minggu sebelum keberangkatan. Kebanyakan orang menganggap harga termurah mampu didapat jika pemesanan dilakukan sedini mungkin. Akan tetapi, tindakan demikian berisiko membuat kamu menyesal, terlebih saat layanan maskapai bersangkutan mendadak mengadakan promo besar-besaran.

3. Pilih Bandara Alternatif

Foto: pexels.com

Tak jarang suatu kota atau kabupaten memiliki lebih dari 1 bandar udara. Di antara nama-nama bandar udara itu pasti terdapat 1 bandar udara yang paling besar dan paling sering dijadikan destinasi pendaratan pesawat. Bandar udara dengan kriteria demikian disebut sebagai bandar udara utama. Meski begitu, kesempatan merebut tiket pesawat murah lebih terbuka luas jika kamu mendarat di bandar udara alternatif. Misalnya ketika kamu hendak berpelesir ke Yogyakarta.

Kota asal makanan gudeg ini memiliki dua bandar udara, yakni Bandara Internasional Adisutjipto dan Bandara Internasional Yogyakarta. Baru diresmikan bertahun-tahun setelah Bandara Internasional Adisutjipto, Bandara Internasional Yogyakarta boleh dianggap sebagai bandar udara alternatif. Maka, memilih pendaratan di Bandara Internasional Yogyakarta bisa menjadi peluang kamu mendapatkan tiket pesawat murah.

4. Pesan Tiket untuk 1 Orang

Foto: pexels.com

“Lho, tapi kan aku mau liburan bareng keluarga?” Nggak masalah kok. Memesan tiket untuk satu orang yang RedDoorz maksud bukan berarti kamu berlibur sendiri. Berapapun jumlah travel partner kamu, temukan harga tiket penerbangan termurah dengan mencari tiket pesawat untuk satu orang. Hal ini memungkinkan terjadi, karena situs maskapai yang kamu kunjungi secara otomatis menunjukkan harga tertinggi jika penumpang yang kamu cantumkan berjumlah lebih dari satu. Lalu, bagaimana menyiasatinya? Gampang, buka aja halaman pada device-mu sebanyak jumlah penumpang. Manfaatkan masing-masing halaman buat memesan satu tiket pesawat. Siapa sangka trik se-simple ini efektif menghemat biaya akomodasi liburanmu?

5. Jangan Tunda Booking

Foto: pexels.com

Patut dicatat bahwa harga tiket pesawat amat fluktuatif. Walaupun pembahasan perihal tips and tricks mendapatkan harga penerbangan termurah udah sering dibahas, tapi harga tiket pesawat tetap sulit diprediksi. Itulah sebabnya pemesanan harus segera dilakukan sesaat setelah kamu menemukan harga dan waktu yang ideal. Nggak mau kan kalau rencana liburanmu terus tertunda hanya karena terlalu lama menanti harga tiket pesawat yang lebih murah dan belum tentu cocok dengan jadwal rutinitasmu?

Lima tips di atas wajib banget kamu perhatikan sebelum berburu tiket pesawat murah. Tips nomor berapa yang berhasil kamu terapkan?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×