Loading...

martabak manis

Foto: Shutterstock

Kelezatan martabak manis memang udah nggak perlu diragukan lagi. Meskipun punya banyak pesaing dalam hal makanan manis tapi martabak selalu jadi andalan. Pada mulanya martabak manis sebenarnya makanan khas Bangka Belitung, lho. Pasti fakta yang satu ini bikin kamu terkejut kan!

Ya, martabak manis mulanya bernama hok lo pan. Sebuah makanan manis khas Bangka Belitung. Hok lo pan dibuat oleh orang Hakka Bangka. Secara harfiah Hok lo pan berarti kue orang Hok Lo. Kini hok lo pan lebih dikenal dengan sebutan martabak dan kamu bisa menemukannya di mana saja nggak cuma di Bangka. 

Ngomongin soal kelezatan dan sejarah martabak, kamu udah tau belum ternyata ada lho beberapa martabak legendaris yang rasanya dijamin jempolan. Martabak ini sudah berdiri selama puluhan tahun dan memiliki banyak penggemar. 

5 Martabak Manis Legendari di Indonesia, Kamu Wajib Coba!

Bagi para pecinta martabak rasanya belum sempurna kalau belum mencicipi lima martabak di bawah ini. Daftar martabak berikut ini sudah sangat legendaris. Kita lihat yuk, apa sih istimewanya?

1. Martabak Pecenongan 65A

Martabak yang cukup viral belakangan ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 70an, lho. Bahkan Martabak Pecenongan 65A digadang-gadang sebagai pelopor martabak manis di Jakarta. Mulanya martabak pecenongan memang menghadirkan menu martabak klasik yang toppingnya berupa keju, coklat, kacang, dan wijen, tapi kini Martabak Pecenongan 65A punya menu yang jauh lebih variatif. Di sini kamu bisa cobain martabak dengan topping nutella hingga matcha, menarik bukan?

2. Martabak Encek Bogor

Tidak kalah tua dari Martabak Pecenongan 65A, Martabak Encek Bogor juga sudah berdiri sejak tahun 70an. Namun tidak seperti Martabak Pecenongan yang berinovasi dengan menunya, Martabak Encek lebih memilih mempertahankan cita rasa tradisionalnya. Salah satunya dengan mempertahankan cara memasak martabak menggunakan arang. Asap dan panas yang dikeluarkan oleh arang tentu saja akan membuat adonan martabak memiliki bau harum dan cita rasa yang khas. Untuk mencicipi setangkup Martabak Encek Bogor kamu tinggal menuju Jalan Suryakencana, Bogor. 

3. Martabak Thien-Thien Lay Semarang

martabak manis

Ilustrasi foto: Shutterstock

Mau cobain martabak bangka dengan rasa yang otentik? Datang aja ke Martabak Thien-Thien Lay Semarang. Toko martabak yang terletak di Semarang ini sudah berdiri sejak tahun 1981 di Jalan Thamrin, Kota Semarang. Martabak di sini terkenal punya tekstur yang sangat lembut. Martabaknya sendiri dibuat langsung oleh orang Bangka asli jadi memang cita rasanya otentik banget deh! Buat harganya sendiri juga nggak mahal kok, mulai dari Rp50 ribuan aja. 

4. Martabak Bangka Acau 89

Kalau mau cari martabak manis yang rasanya sama persis seperti asalnya kayaknya kamu harus datang ke Bangka deh. Di Bangka ada toko martabak yang sudah berdiri sejak 1981. Lokasinya berada di Jalan Soekarno Hatta No.9, Pangkal Pinang. Martabak di sini khas martabak Bangka yang punya adonan sangat lembut. Untuk harganya sendiri juga terjangkau banget, sekitar Rp17 ribu hingga Rp30 ribuan aja, lho.  

5. Martabak Air Mancur Bogor

Satu lagi nih martabak manis legendaris di Bogor selain Martabak Encek Bogor, namanya Martabak Air Mancur Bogor. Berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No.64, martabak yang satu ini sudah berdiri sejak 1993, lho. Menu martabak di Martabak Air Mancur Bogor ada banyak, dari martabak versi klasiknya hingga yang menggunakan topping bervariatif. Seporsi Martabak Air Mancur Bogor dibandrol dengan harga Rp50 ribuan. 

Itu dia beberapa martabak manis legendaris yang ada di Indonesia. Bagi pecinta martabak manis garis keras kamu bisa merencanakan perjalanan keliling Indonesia buat berburu martabak. Biar perjalanan wisata kuliner kamu lebih simple, praktis, dan hemat pilih tempat menginapnya di RedDoorz aja. Dengan aplikasi RedDoorz kamu bisa pesan hotel dengan mudah. Download aplikasinya sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×