Loading...

bumbu ayam bakar

Foto: Pixabay

Nggak terasa tahun tiga bulan lagi tahun 2020 akan berakhir. Banyak hal telah kita lewati di tahun yang berat ini. Di awal tahun 2020 kita sudah disambut banjir besar, lalu hampir seluruh waktu di tahun ini kita lewati untuk berjuang keras melawan pandemi. Meskipun sulit, tapi perlahan-lahan kita mampu melewati itu semua. Menjelang akhir tahun banyak orang merencanakan perayaan kecil bersama orang-orang terdekat, pastinya termasuk kamu dong? Menu bakar-bakaran biasanya jadi hidangan utama buat menyambut tahun baru. Salah satunya ayam bakar! Mau tau rahasia agar bumbu ayam bakar jadi lebih spesial?

Daging ayam banyak ditemui dalam menu makan harian orang Indonesia. Selain proteinnya yang tinggi, harga per kg ayam juga relatif lebih terjangkau dibandingkan daging sapi. Mengolah ayam kelihatannya memang gampang, tapi kalau kamu nggak pakai teknik yang benar bisa jadi ayam yang kamu masak amis, lho! Bau amis dari ayam pasti bakal ganggu selera makan kamu kan. Tapi tenang aja, RedDoorz mau kasih tips marinasi ayam bakar biar nggak amis.

Marinasi Bumbu Ayam Bakar untuk Menghilangkan Amis

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau amis ayam sebelum membalurkannya dengan bumbu ayam bakar. Semuanya menggunakan bahan-bahan yang biasanya ada di dapur jadi gampang banget, kok. Kamu tinggal pilih salah satu dari empat cara di bawah ini yang menurut kamu paling mudah. Berikut tipsnya!

1. Air Jeruk Nipis

Setelah ayam dicuci dan ditiriskan kamu bisa mencampurnya dengan perasan air jeruk nipis dan mendiamkannya selama 30 menit. Air jeruk nipis bisa menghilangkan bau amis karena kandungan di dalamnya membunuh kuman-kuman yang bersarang di permukaan daging ayam.

2. Garam Dapur

Bahan yang satu ini pasti wajib ada di semua dapur. Menghilangkan bau amis ayam menggunakan garam adalah cara paling gampang. Kamu cukup membaluri ayam dengan garam namun jangan terlalu lama ya, nanti ayam kamu bisa berubah rasa jadi asin.

3. Cuka

Cuka punya bau asam yang menyengat. Bau ini ternyata efektif lho buat melawan bau amis dari ayam. Cara menghilangkan bau amis ayam pakai cuka juga mudah. Setelah ayam dicuci bersih, campurkan satu sendok cuka. Diamkan sebentar lalu cuci ayam kembali dengan air mengalir.

4. Jahe

Jahe merupakah salah satu rempah nusantara yang punya rasa agak pedas dan punya efek menghangatkan tubuh. Selain punya segudang manfaat buat kesehatan, ternyata jahe juga bisa menghilangkan bau amis pada ayam. Kamu cukup memarut jahe kurang lebih 5 cm, kemudian balurkan parutan jahe tersebut ke ayam. Pastikan ayam terbalur jahe sampai merata kemudian diamkan selama 30 menit.

Resep Bumbu Ayam Bakar Spesial buat Menyambut Tahun Baru

Banyak tradisi yang diwariskan turun-temurun tentang kebiasaan makan menjelang pergantian tahun. Katanya, apa yang kita santap saat itu akan menentukan nasib kita di tahun yang baru. Kelihatannya emang nggak masuk akal, tapi ternyata banyak lho orang yang percaya mitos ini. Buat kamu yang punya harapan tahun 2021 dipenuhi banyak kenangan bahagia, kamu bisa coba nih resep ayam bakar a la Wong Solo. Bumbu ayam bakar dengan cita rasa khas Solo ini, pas banget buat kamu yang berharap tahun depan dipenuhi momen-momen manis. Berikut resep ayam bakar a la Wong Solo yang mudah dan praktis

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam kampung, potong-potong
  • 500 ml air kelapa tua
  • 4 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 sendok makan gula merah
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan air asam jawa

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 4 cm kunyit
  • 1/2 sendok teh jinten
  • 3 cm jahe
  • garam secukupnya

Cara memasak:

1. Tumis bumbu halus. Masukkan lengkuas, daun salam dan serai. Tumis hingga harum.
2. Masukkan daging ayam ke dalam bumbu. Masukkan gula jawa, kecap, dan air asam jawa, aduk rata.
3. Tuang air kelapa dan campur rata. Masak ayam hingga kuah berkurang dan ayam matang. Bakar ayam sambil mengoleskan bumbu hingga kecoklatan.
4. Hidangkan dengan nasi hangat, sambal dan lalapan.

Sumber: Popbela

Gampang kan membuat bumbu ayam bakar yang nggak bau amis? Sekarang rencana perayaan malam pergantian tahun baru kamu semakin sempurna deh. Kalau kamu punya rencana melewati pergantian tahun dengan pergi ke luar kota, jangan lupa pilih RedDoorz sebagai tempat menginap yang aman dan nyaman. Yuk, buka aplikasi RedDoorz dan booking hotelnya sekarang!
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×