Loading...

makanan khas sunda

Foto: Shutterstock

Makanan khas Sunda memang nggak perlu diragukan lagi kelezatannya. Bahkan banyak orang yang tergila-gila dengan menu makanan khas Sunda padahal bukan berasal dari Jawa Barat. Cita rasa makanan sunda biasanya didominasi dengan rasa gurih dan pedas sehingga sangat menggugah selera. 

Daftar Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera

Biar pengetahuan kamu semakin luas soal aneka makanan khas Sunda Jawa Barat, simak daftar makanannya di bawah sini. 

Doclang

Doclang merupakan sajian ketupat tahu dengan siraman saus kacang. Seporsi doclang biasanya disajikan dengan lontong yang dibungkus daun patat, kupat tahu Bogor, kentang goreng, telur rebus, dan disiram saus kacang kental dengan tambahan kecap manis. 
Porsi menu makanan khas Sunda yang satu ini tidak terlalu besar sehingga cocok dijadikan hidangan untuk sarapan. 

Nasi tutug oncom

Nasi tutug oncom merupakan salah satu makanan Khas Sunda, Jawa Barat yang cukup populer. Makanan ini berupa sajian nasi putih yang dicampur dengan oncom goreng atau bakar. Biasanya seporsi nasi tutug oncom dihidangkan bersama lauk pendamping seperti tahu, tempe, ayam goreng, lalapan, dan sambal terasi. 

Nasi liwet

Nggak kalah populer dengan nasi tutug oncom, nasi liwet juga termasuk menu makanan khas Sunda yang sangat populer. Nasi timbel merupakan sajian nasi yang dihidangkan dengan beragam menu pendamping seperti ikan asin, empal, ayam goreng, pepes ikan, tawes, japuh, lalapan, hingga sambal. Hidangan ini digemari banyak orang karena sangat menggugah selera. 

Pais 

Pais adalah hidangan yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Pais juga dikenal dengan sebutan bebes. Pais atau pepes asal Jawa Barat biasanya berisi ikan ais, jamur, telur asin, daging sapi, hingga teri. 

Nasi timbel
Nasi timbel menjadi makanan khas Sunda Jawa Barat yang nggak sulit ditemukan. Biasanya nasi timbel banyak dijual di warung makan baik yang sederhana maupun yang mewah. Nasi Timbel disajikan menggunakan daun pisang dengan lauk pendamping seperti ikan asin, pepes ikan, japuh, tawes, sambal, dan lalapan. 

Karedok 

Makanan khas sunda

Foto: Shutterstock

Karedok bisa dibilang makanan khas Sunda yang unik karena terbuat dari sayuran mentah. Sayurannya macam-macam ada kacang panjang, tauge, timun, kol, ubi, kemangi, dan leunca. Semua bahan ini kemudian disiram dengan bumbu kacang sehingga rasanya sangat segar. 

Lotek

Lotek sekilas memang mirip karedok tapi cara pengolahannya berbeda. Bahan dasar lotek sama menggunakan aneka sayuran juga tapi sayurannya direbus terlebih dahulu. Jadi sayuran di lotek tidak dimakan langsung saat mentah. Setelah direbus sayuran ini kemudian disiram pakai bumbu kacang juga. 

Bakakak hayam

Makanan khas sunda yang unik ini mungkin masih terdengar asing, ya. Bakakak hayam merupakan olahan ayam yang diberikan bumbu khusus khas Sunda lalu dipanggang. Biasanya bakakak hayam dipanggang utuh seekor tidak dipotong-potong dulu. Hidangan ini disajikan dalam porsi besar sehingga cocok untuk makan bersama. 

Sekarang kamu udah tau kan macam-macam makanan khas Sunda yang rasanya jempolan. Wisata kuliner ke Jawa Barat boleh masuk ke daftar perjalanan yang akan kamu lakukan saat pandemi nanti berakhir. Biar nggak bikin budget perjalanan jebol kamu bisa andalkan RedDoorz untuk urusan akomodasinya. Download RedDoorz dan dapatkan penginapan terbaik dengan harga bersahabat.

Press Enter To Begin Your Search
×