Loading...

Ngomongin soal kuliner Indonesia emang nggak ada habisnya. Setiap daerah punya makanan khas dengan cita rasa otentik sehingga sulit ditemukan di tempat lain. Salah satu makanan tradisional yang lagi viral belakangan ini yaitu makanan khas Pontianak. Buat icip-icip, kamu nggak perlu jauh-jauh terbang ke Pontianak langsung. Kini sudah banyak yang menjual makanan khas Pontianak di sekitar kamu, lho. 

Makanan Khas Pontianak yang Diburu Netizen

Makanan khas Pontianak belakangan ini jadi buah bibir di kalangan netizen. Cita rasanya yang unik membuat makanan Pontianak diburu di mana-mana. Apalagi setelah akun Instagram @darihalte_kehalte ikut memopulerkan, kuliner ini semakin booming! Kuliner khas Pontianak apa aja sih yang paling diburu netizen? Yuk, cari tahu.

1. Choipan

makanan khas pontianak

Foto: Instagram @darihalte_kehalte

Sekilas choipan memang mirip pangsit rebus, tapi sebenernya beda lho. Di Pontianak biasanya choipan dijadikan menu sarapan. Meskipun bentuknya nggak terlalu besar tapi choipan cukup mengenyangkan. Tapi banyak juga yang menjadikan choipan sebagai cemilan karena rasanya yang gurih. Choipan biasanya diisi bengkoang yang diiris seukuran korek api lalu dicampur dengan ebi dan bawang putih agar lebih tasty. Nggak cuma bengkoang, choipan punya varian isian lain seperti pepaya muda, kucai, dan rebung. 

2. Bakmi Kepiting

makanan khas pontianak

Foto: Instagram @fahmi_yasin

Kalau kamu udah pernah nonton film Aruna & Lidahnya pasti nggak asing lagi sama bakmi kepiting. Bakmi yang satu ini beda dari bakmi yang lainnya soalnya pakai daging kepiting bukan daging ayam. Di dalam semangkuk bakmi ditambahkan daging capit kepiting, fish cake, udang, kekian, pangsit goreng, telur kepiting, dan taburan daun bawang. Wah, ini sih dijamin bikin ngiler. Nggak heran para pemain Aruna & Lidahnya mengidolakan bakmi kepiting. 

3. Roti Srikaya

makanan khas pontianak

Foto: Instagram @roti_srikasi_tetfai

Roti isi cokelat, keju, selai stroberi pasti udah biasa kamu makan, tapi gimana kalau rotinya isi selai srikaya? Pasti banyak deh yang belum coba. Nah, kalo soal roti srikaya paling terkenal seantero negeri pastinya roti srikaya asal Pontianak. Sebenarnya ini roti panggang biasa, tapi selainya yang bikin istimewa. Bahan pembuat selai srikaya biasanya terdiri dari kuning telur dan gula, namun ada juga yang menambahkan santan dan telur bebek. Lelehan selai ketika kamu menggigit setangkup roti srikaya dijamin bikin ketagihan!

4. Bakwan Pontianak

makanan khas pontianak

Foto: Instagram @darihalte_kehalte

Makan tanpa gorengan emang rasanya nggak lengkap, tapi kalo gorengannya monoton pasti lama-lama bosen juga kan? Buat kamu yang lagi cari cita rasa gorengan yang beda dari biasanya, mending kamu cobain bakwan Pontianak, deh. Bakwan biasanya dibuat dari tepung dan campuran sayuran, tapi bakwan yang satu ini beda karena ditambahkan udang rebon. Kebayang dong gimana gurihnya? Yang lebih spesial, bakwan Pontianak dimakan dengan cocolan sambal asam manis khas Pontianak. Wajar aja bakwan ini diburu para pecinta kuliner. 

5. Bubur pedas khas Pontianak 

makanan khas pontianak

Foto: Instagram @buburpedasmakcik

Salah banget kalau kamu mengira bubur pedas punya cita rasa pedas seperti namany. Faktanya, bubur ini nggak sepedas yang kamu bayangkan. Dalam bahasa Melayu Sambas, pedas berarti campuran sayur dan rempah yang ada di dalam bubur itu. Alih-alih pedas, sebenarnya bubur pedas khas Pontianak punya rasa yang guruh dan segar. 

Kalau kamu termasuk Tim Bubur Diaduk, pasti kamu bakalan suka sama bubur ini. Di dalam semangkuk bubur pedas terdapat kangkung, daun pakis, jagung, kentang, daun kunyit, dan daun kesem yang dicampur jadi satu. Sebelum menyantapnya kamu juga bisa menambahkan toping kacang tanah dan teri goreng biar rasanya semakin mantap. 

Kamu nggak akan nyesel cobain makanan khas Pontianak rekomendasi RedDoorz. Meskipun kini sudah banyak yang jual makanan Pontianak di sekitarmu, tapi nggak ada salahnya kalau kamu merencanakan wisata kuliner ke Pontianak. Nah, kalau berencana ke Pontianak jangan lupa pilih penginapan terbaik hanya di RedDoorz!
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×