Loading...

makanan khas maluku

Ilustrasi Foto: RedDoorz

Di timur Indonesia, terdapat provinsi yang kekayaan rempahnya berlimpah-limpah sampai dijuluki dengan ‘Kepulauan Rempah’ oleh Belanda pada zaman kolonial dulu. Hal tersebut membuat Maluku memiliki ciri khas makanan yang kaya akan rasa rempah-rempahnya. Karena itu, RedDoorz mau ngasih tau beberapa makanan khas Maluku yang wajib kamu cobain!

Selain punya rasa yang lezat, makanan-makanan ini pastinya punya cita rasa yang otentik, khas Maluku banget. Let’s check this out!

Papeda

Siapa sih yang nggak tau makanan yang terbuat dari sagu ini? Makanan ini punya bahan dasar sagu yang teksturnya seperti lem kertas. Biasanya, makanan ini dimakan bersama dengan olahan ikan dengan kuah kuning atau ikan kuah kuning khas Maluku.

Papeda merupakan makanan pengganti nasi yang bisa dimakan dengan lauk apa pun dan sangat mudah ditemukan di wilayah timur ini. Nah, cara memakannya yaitu dengan menggulung-gulung papeda dengan sumpit atau dua buah garpu hingga melingkar, lalu diletakkan di piring.

Lapis Palaro

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Maluku Tenggara yang terbuat dari daging sapi dan dicampur dengan rempah-rempah khas yang menggugah selera.

Lapis Palaro adalah salah satu kuliner langka yang ada di Maluku. Kalau dilihat sekilas, bentuknya seperti daging balado. Makanan ini disajikan dengan kuah siramnya yang terdiri dari cabai merah, bawang merah dan putih, kencur, jahe, pala jinten, cengkeh, dan ketumbar yang digiling sampai halus.

Tertarik untuk coba makanan langka satu ini?

Gohu Ikan

Kalau di Jepang punya sashimi, Maluku punya Gohu Ikan yang rasanya nggak kalah dari negara Sakura tersebut. Makanan khas Maluku Utara ini terbuat dari ikan tuna dan cakalang mentah yang dipadukan dengan daun kemangi, cabai merah dan bawang merah.

Gohu Ikan nggak akan terasa amis ketika dikonsumsi, karena sudah diberikan kemangi, garam, dan perasan lemon. Rasanya sendiri yaitu segar, asam, sedikit manis, dan juga punya tekstur yang kenyal.  Makanan ini dijamin sehat karena bebas dari bahan penyedap dan pengawet.

Ikan Asar

Makanan khas Maluku Ikan Asar adalah olahan sederhana yang dimasaknya dengan cara diasap. Ikan yang diasap biasanya yaitu ikan tuna dan cakalang.

Dengan diasap, ikan ini akan bertahan lebih lama sehingga buat kamu yang ingin bawa oleh-oleh khas Maluku bisa banget menjadikan ini sebagai pilihan.

Biar semakin mantap rasanya, ikan ini dimakan bareng nasi panas dan sambal colo-colo khas daerah ini.

Sambal Colo-Colo

Sambal Colo-Colo makanan khas Maluku ini selalu hadir hampir di setiap hidangan Maluku. Sambal ini punya rasa yang hampir sama dengan sambal dabu-dabu di Manado.

Bedanya, sambal ini bisa dikreasikan dengan bebas. Biasanya bahan yang digunakan dalam sambal ini yaitu bawang merah, campuran tomat, cabai rawit, dan perasan jeruk nipis. Akan lebih wangi lagi kalau ditambah dengan daun kemangi.

Sambal ini sangat cocok untuk dijadikan teman makan untuk ikan bakar atau ikan goreng.

Embal

Embal makanan khas Maluku tenggara yang punya cita rasa tawar yang terbuat dari singkong dan punya ukuran yang besar dan tekstur keras.

Mengonsumsi makanan ini cukup unik, kamu perlu mencelupkannya ke dalam kuah makanan supaya teksturnya menjadi lembek. Ketika sudah lembek, kamu bisa mengonsumsinya dengan lauk pauk.

Orang Maluku juga kadang mengonsumsi makanan ini pada pagi hari bersama dengan teh atau kopi sebagai menu sarapan mereka.

Ikan Kuah Pala Banda

Nama makanan khas Maluku yang terakhir adalah Ikan Kuah Pala Banda. Ikan ini punya cita rasa segar yang berasal dari kombinasi buah pala dan rasa pedas.

Makanan ini merupakan makanan asli masyarakat Kepulauan Banda di Maluku. Biasanya, warga lokal menikmati Ikan Kuah Pala Banda bersama dengan ikan kakap merah bakar, daun pepaya, dan sambal bakasang yang terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk.

Makanan khas Maluku di atas tentunya akan lebih lezat kalau menyantapnya ketika berada di sana. Supaya perjalanan menyenangkan, kamu butuh tempat beristirahat yang aman dan nyaman.

Untuk yang satu itu, kamu bisa mengandalkan RedDoorz. Kamu bisa pilih penginapan di daerah Maluku yang kamu mau. Supaya lebih gampang lagi, kamu bisa download aplikasi RedDoorz agar bisa pesan kapan pun dan di mana pun tanpa ribet. Yuk, download sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×