Loading...

makanan khas semarang

Foto: Shutterstock

Jalan-jalan ke Semarang nggak lengkap rasanganya kalo nggak beli oleh-oleh. Ternyata ada banyak lho makanan khas Semarang yang cocok dijadikan oleh-oleh. Selain rasanya yang udah pasti enak, makanan ini juga tahan lama sehingga nggak akan rusak selama perjalanan. 

Macam-Macam Makanan Khas Semarang buat Oleh-Oleh

Buat kamu yang penasaran apa aja sih makanan khas Semarang yang cocok buat oleh-oleh, mending cek daftar makanannya di sini. Check this out!

Bandeng presto

Bandeng presto memang mudah ditemukan di luar Kota Semarang, tapi nggak lengkap rasanya kalau belum cocain Bandeng presto asli dari Kota Semarang. Bandeng presto terbuat dari ikan bandeng yang dimasak dengan teknik khusus. Resep makanan khas Semarang yang satu ini terdiri dari ikan bandeng yang dibumbui bawang putih, garam, dan kunyit. 

Kemudian ikan dimasak menggunakan panci presto agar tulang ikannya menjadi lunak. Bandeng presto khas semarang punya rasa yang gurih. Sangat lezat dimakan bersama nasi hangat. 

Lumpia

makanan khas semarang

Foto: Shutterstock

Kalau oleh-oleh khas Semarang yang satu ini pasti udah nggak asing lagi, lumpia! Makanan khas Semarang lumpia sebenarnya jajanan tradisional yang memadukan kebudayaan Tionghoa dan Jawa. Lumpia Semarang punya cita rasa gurih manis yang isiannya terbuat dari rebung, ayam, dan digulung dengan kulit tipis. 

Wingko babat

Wingko babat merupakan makanan khas Semarang Jawa Tengah yang sangat legendaris. Wingko punya cita rasa manis yang legit, terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Menjadi oleh-oleh khas Semarang yang populer, Wingko Babat mulai dikenal di Semarang sekitar tahun 1946, pada suasana Perang Dunia II. 

Tahu bakso

Selain lumpia dan wingko babat, tahu bakso juga jadi oleh-oleh makanan khas Semarang yang jadi favorit para traveler karena tidak mudah basi, Berbeda dari tahu biasanya, tahu bakso memadukan tahu dan bakso dalam satu kudapan sekaligus. 

Umumnya tahu bakso terbuat dari tahu kulit yang dalamnya diisi adonan tepung dan daging sapi. Namun kini tahu bakso sudah semakin variatif karena selain menggunakan daging sapi ada juga yang menggunakan daging ayam, udang, hingga kepiting. 

Roti ganjel rel

makanan khas semarang

Foto: Shutterstock

Roti ganjel rel, makanan khas Semarang yang namanya sangat unik. Bukan tanpa alasan, bentuk roti ini sekilas memang mirip bantalan rel kereta api. Makanan khas Semarang ganjel rel biasanya jadi rebutan saat festival Dugderan berlangsung di Semarang. Namun roti ini kalah populer dibandingkan roti-roti kekinian karena rasanya yang alot dan teksturnya yang agak kasar. 

Namun banyak juga yang masih mengidolakan roti ganjel rel karena ketika memakannya seolah membawa ke suasana klasik pada masa penjajahan Belanda tempo dulu. 

Tumpi torakur

Tumpi torakur sekilas memang mirip peyek, tapi sebenarnya berbeda, lho. Kalau biasanya peyek menggunakan kacang tanah, teri, ataupun udang rebon untuk campuran adonannya, tumpi torakur justru menggunakan kacang hijau. Rasa makanan yang satu ini sangat gurih dan enak untuk dijadikan cemilan ataupun dijadikan makanan pendamping saat makan berat. 

Kalau jalan-jalan ke Semarang jangan lupa beli makanan khas Semarang yang ada di atas. Jangan lupa juga pilih hotel RedDoorz selama menginap di Semarang. Ada banyak pilihan hotel terjangkau dengan kualitas jempolan yang bisa kamu pilih. Download aplikasi RedDoorz dan bersiap liburan ke Semarang!

Press Enter To Begin Your Search
×