Loading...

makanan khas Jakarta

Foto: Shutterstock

Sebagai kota metropolis, di Jakarta memang terdapat aneka ragam makanan nusantara maupun mancanegara. Semua jenis makanan bisa kamu temukan di kota ini. Namun apakah kamu udah pernah cobain makanan khas Jakarta? Makanan dengan cita rasa dan bumbu otentik khas masyarakat Betawi kini memang lebih sulit ditemukan daripada makanan populer pada umumnya. Namun jika kamu jeli mencarinya, kamu tetap bisa menemukan makanan khas Jakarta yang enak dan rasanya orisinil. 
Sebelum berburu kulinernya, mending cari tau dulu yuk macam-macam makanan khas Jakarta yang masih eksis hingga saat ini. 

Gak Cuma Kerak Telor, Ini Macam-Macam Makanan Khas Jakarta

Makanan khas Jakarta kerak telor memang populer banget, kamu pasti biasa melihatnya terutama saat ada festival atau pasar malam. Tapi ternyata masih banyak lho daftar makanan khas Jakarta lainnya, misalnya seperti yang di bawah ini nih!

Soto Betawi

Kalau dilihat sekilas sih tampilannya memang mirip sama soto pada umumnya tapi kalau kamu lebih jeli, soto Betawi sebenarnya berbeda. Soto Betawi punya kuah yang lebih kental. Resep makanan khas Jakarta yang satu ini menggunakan santan dan campuran susu sehingga menghasilkan kuah yang ketal. 
Untuk isiannya, soto Betawi biasanya menggunakan daging sapi dan ayam serta jeroannya. Jeroan inilah yang membuat soto betawi lebih berlemak dan gurih. 

Asinan Betawi

Asinan Betawi terbuat dari bermacam-macam sayur segar mentah seperti kol, sawi, tauge, selada, dan tahu putih. Semua bahan-bahan ini kemudian disiram dengan bumbu kacang yang rasanya legit dan gurih. Bagi yang suka pedas kamu bisa menambahkan cabai atau kamu juga bisa menambahkan cuka agar lebih asam dan segar. 
Asinan Betawi biasanya disajikan bersama kerupuk kuning sehingga makanan yang satu ini akan terasa semakin bertekstur. 

Dodol Betawi

makanan khas Jakarta

Foto: Shutterstock

Bingung cari makanan khas Jakarta untuk oleh-oleh? Kenapa nggak pilih dodol Betawi aja! Dodol Betawi biasanya sering ditemukan saat menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Resep makanan khas Betawi yang satu ini terdiri dari tepung beras ketan yang dimasak dengan campuran santan, gula merah, dan daun pandan. Cita rasa dodol betawi sangat manis dan legit. 

Kue ape

Kalau daftar makanan khas Jakarta yang satu ini termasuk jenis jajanan pasar, nih. Kue ini berbentuk bulat pilih dipinggirnya dan tebal di tengahnya sehingga berbentuk seperti mangkok. Kue ape biasanya berwarna hijau dengan cita rasa gurih di pinggirannya yang pipih serta kenyal di bagian tengahnya. 

Gabus pucung

makanan khas Jakarta

Foto: Shutterstock

Seperti namanya, kuliner khas Jakarta ini terbuat dari ikan gabus. Gabus pucung memiliki kuah yang hitam pekat karena menggunakan kluwek dalam resepnya. Banyak yang bilang gabus pucung mirip rawon karena sama-sama berkuah hitam, namun sebenarnya sangat berbeda. Gabus pucung menggunakan rempah-rempah yang berbeda dari rawon sehingga membuat rasanya sangat khas dan unik. 

Keliling Jakarta buat berburu makanan khas Jakarta boleh banget jadi aktivitas seru liburan di dalam Kota. Sehabis lelah jalan-jalan seharian kamu bisa lanjut staycation. Pilih hotel yang nyaman dan terjamin kebersihannya seperti di RedDoorz. Cobain deh, download aplikasi RedDoorz dan dapatkan pengalaman menginap super nyaman!

Press Enter To Begin Your Search
×