Loading...

Beberapa waktu belakangan, film Dilan 1991 ini tengah hangat diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Film yang diangkat dari cerita novel dilan 1991 ini, mengisahkan lanjutan romansa antara Dilan dan Milea ketika resmi berpacaran. Bukan hanya fokus pada jalan ceritanya semata, namun beberapa orang tidak terkecuali anak kos juga penasaran di mana saja lokasi syuting film layar lebar populer tersebut. Berikut ulasannya. 

dilan-1991

Film Dilan identik dengan Jaket Jeans (source:pexels.com)

Mengulik Beberapa Lokasi Syuting Dilan 1991

1. SMAN 20 Bandung

Mengangkat kisah romantis anak SMA beserta kesehariannya, maka sudah bisa dipastikan jika lokasi syutingnya berada di salah satu sekolah yang ada di daerah Bandung. SMAN 20 pun terpilih menjadi lokasi paling cocok dijadikan sebagai saksi cinta kedua anak remaja tersebut. Warga Bandung pastinya tidak asing dengan sekolah yang berlokasi di Jalan Citarum, karena memang lokasinya cukup mudah ditemukan. 

Bahkan jika diperhatikan dengan teliti, Anda mungkin menyadari bahwa banyak sekali scene yang mengambil latar belakang dari sekolah. Mulai dari keseharian khas anak sekolahan seperti konflik antara murid dan guru, seorang guru yang mengajar di dalam kelas, para murid yang mencatat materi pembelajaran, hingga suasana makan asyik bersama teman-teman di kantin terasa sangat kental digambarkan. 

Banyaknya aktivitas yang digambarkan di dalam sekolah, dengan kata lain lokasi syuting Dilan 1991 ini memiliki peran penting dalam perjalanan cinta Dilan dan Milea. Berbagai momen berdua tergambarkan dengan baik, tidak terkecuali saat dimana Dilan menyatakan cintanya kepada Milea pun terjadi di sekolah. Bahkan berawal dari sekolah inilah, kedua insan saling cinta ini pun dipertemukan hingga kemudian resmi berpacaran. 

Penonton yang dibuat gemas dengan kedua pemeran utama ini pun menyadari bahwa SMA, merupakan tempat merangkai momen tak terlupakan dan disebut-sebut sebagai masa paling indah dalam sejarah selama menempuh pendidikan. Setting setiap aktivitasnya pun disesuaikan dengan tahun perjalanan hidup ini diceritakan. Walau terkesan sedikit jadul, namun sutradara berhasil mengemasnya dengan sangat baik. 

2. Warung Bi Eem

Lokasi syuting Dilan 1991 yang tidak kalah ikonik yaitu Warung Bi Eem. Sebab di sinilah Dilan menyatakan perasaannya pada sang pujaan hati dengan cara yang berbeda dari remaja pada umumnya. Ya, Dilan mengungkap rasa cintanya seperti membacakan proklamasi kemerdekaan. Justru cara Dilan inilah yang berhasil membuat penonton gemas dibuatnya, tidak terkecuali Milea yang mendengarkan pria tersebut mulai membacakan isi surat cinta tersebut.

Warung atau bisa juga dikatakan sebagai kantin belakang sekolah ini tidak akan pernah dilupakan keduanya, karena disana mereka akhirnya resmi menjadi sepasang kekasih saling cinta. Ditambah lagi dengan aksi Bi Eem yang selalu khawatir dengan Dilan, seakan menggambarkan jika beliau sudah menganggap semua anak yang jajan di tempatnya adalah anaknya sendiri. 

Tahukah bangunan apa yang digunakan sebagai kantin Bi Eem ini ? Sebenarnya bangunan ini difungsikan sebagai cafe dengan nuansa yang cukup sederhana, namun terasa nyaman dijadikan sebagai tempat nongkrong. Rasanya tidak mengherankan jika kemudian bangunan ini terpilih menjadi lokasi syuting Dilan 1991. Cafe populer tersebut bernama Kafe Coffee Lense Coffee Brewery yang berada di Jalan Panjaitan. 

Ketika terungkap dimana letak cafenya, jumlah pengunjung pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bukan hanya karena dijadikan sebagai tempat syuting semata, namun pihak pengelola menawarkan sejumlah minuman yang dipatok dengan harga bersahabat di kantong pelajar. Dipatok mulai dari harga 5 ribuan hingga 25 ribuan saja, sehingga sangat cocok di kantong anak kost Bandung. 

Cafe populer satu ini mulai buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong favorit sembari melepaskan penat di pikiran. Bahkan cafe satu ini buka hingga jam 11 malam khusus di akhir pekan saja. Alhasil warung kopi ini pun dijadikan sebagai tujuan terbaik untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Cukup mudah menemukannya, karena hingga saat ini tulisan warung Bu Eem masih terpampang di bagian pintu masuknya.  

Tempat nongkrong cantik ini menyediakan aneka macam minuman yang siap memanjakan lidah. Ada beberapa menu minuman yang populer dipesan oleh para tamu cafe seperti canon bomber (sebuah minuman yang terbuat dari espresso dan ditambahkan soda), zumin (es kopi yang dipadukan dengan susu, gula aren, serta espresso), hanami velvet (espresso yang ditambahkan susu dan velvet), serta kyoto matcha (kopi yang ditambahkan bubuk matcha). 

3. Jalan Asia Afrika

Dalam film percintaan remaja ini, Dilan digambarkan sebagai sosok pria remaja yang ikut dalam sekelompok geng motor. Dengan kata lain, tiada hari tanpa mengendarai sepeda motor kesayangannya. Selain berjalan santai bersama dengan teman kelompoknya, ternyata Dilan juga gemar membonceng Milea hanya sekedar berkeliling santai bersama dengan sang kekasihnya itu. Adegan di mana Dilan mengajak Milea untuk berkeliling kota Bandung itu bernama Jalan Asia Afrika. 

Jalanan ini sangat lekat di benak penonton, karena disanalah keduanya bercanda ria sembari menikmati nuansa kota Bandung. Sesekali mereka menyatakan cinta dengan menanyakan pertanyaan sepele, walaupun berakhir dengan gombalan si pembuat puisi ulung satu ini. Namun siapa sangka jika jalanan ini termasuk sebagai kawasan bersejarah bagi kota Bandung. Selama menyusuri jalan Asia Afrika, Anda bisa menemukan sejumlah bangunan bersejarah.

Beberapa peninggalan sejarah yang ada di Jalan Asia Afrika yaitu tugu 0 km tampak berdiri kokoh di tepian jalannya, Museum Konferensi Asia hingga Afrika. Gedung Merdeka yang dulunya merupakan tempat menyelenggarakan Konferensi Asia hingga Afrika, serta Alun Alun Kota Bandung. Jalanan ini termasuk wilayah yang cukup padat dan dijadikan sebagai jalan utama untuk menuju ke beberapa tempat. 

4. Minimarket Trina

Walaupun sekilas terlihat, Minimarket Trina juga berperan penting dalam film Dilan 1991 ini. Sebab di sini adegan di mana Dilan beserta geng motornya tengah berkumpul di bagian depan minimarket, sebelum melayangkan serangan balas dendam atas nama temannya. Beruntungnya rencana balas dendam tersebut berhasil digagalkan oleh Milea, karena dirinya mendapatkan kabar buruk jika pacar kesayangannya ini ikut terlibat di dalamnya. 

Dilan yang terkejut dengan kehadiran Milea pun berusaha menenangkan dan meyakinkan kekasihnya agar tidak terlalu khawatir. Mendengar penjelasan pacarnya tersebut, Milea tidak percaya begitu saja hingga akhirnya pertengkaran pun tidak bisa dihindari. Bahkan di tempat ini pula, Milea memberikan peringatan akan putus jika Dilan nekat melakukannya. Sayangnya Milea tidak datang sendirian ke Minimarket Trina, sehingga kesalah pahaman pun terjadi begitu saja. 

Lokasi yang menjadi saksi bisu keretakan hubungan keduanya ini sebenarnya memiliki nama 46 Minimarket. Kemudian sang pemilik menggantinya menjadi Minimarket Trina demi kebutuhan syuting Dilan 1991. Namun siapa sangka jika lewat scene singkat tersebut, membuat minimarket ini begitu terkenal dibandingkan sebelumnya. Apabila Anda ingin mengunjunginya, silahkan langsung meluncur di Jalan Gudang Utara kota Bandung. 

5. Rumah Dilan di Jalan Taman Cibeunying

Mampu membangkitkan rasa gemas namun juga sedih dengan kisah keduanya, tidak jarang pula masyarakat yang download film Dilan 1991 di laptop kesayangannya. Selagi asyik menikmati jalan ceritanya, kemungkinan Anda sangat akrab dengan rumah Dilan yang berada di Jalan Taman Cibeunying tersebut. Rumah hunian nomor 8 ini, ternyata bekas hunian pensiunan jenderal yang kemudian dimanfaatkan untuk syuting film.

Usai film ditampilkan di bioskop kesayangan, siapa sangka jika rumah hunian tersebut akhirnya dijual yang kemudian dibeli langsung oleh seorang penggemar film Dilan. Rumah hunian keluarga Dilan ini tidak akan pernah terlupakan, karena disanalah masa kecil si tukang gombal mulai terkuak satu per satu. Di tempat ini pula, Milea dengan sang ibu Dilan mulai akrab satu sama lain bak anak sendiri. 

Jika diperhatikan lebih teliti, kemungkinan penonton menyadari bahwa rumah Dilan ini pun wajib untuk dikupas lebih dalam. Karena hunian satu inilah yang menjadi saksi bisu tumbuh kembang Dilan hingga bagaimana kedekatan Dilan dengan keluarga tersayangnya, interaksi manis antara anak dan orang tua, serta bagaimana sang kakak yang selalu menggoda adik kesayangannya. Di tempat ini pula, Milea pertama kalinya bertemu dengan ayah Dilan. 

Apabila streaming Dilan 1991 kembali, Anda teringat dengan sebuah jalan bernama Milea. Jalanan tersebut merupakan awal keduanya bertemu secara tidak sengaja ketika berangkat ke sekolah. Di tempat itu pula, Dilan mengeluarkan gombalannya yang berhasil membuat Milea teringat dengan Dilan. Selain di Bandung, ternyata ada pula tempat syuting Dilan 1991 di jogja yang tidak kalah ikonik dan menarik untuk dikupas. 

6. Dago Tea House

Jika warung Bu Eem dijadikan sebagai saksi bisu jalinan hubungan Dilan dan Milea, maka Dago Tea House justru menjadi saksi bisu akan keretakan hubungan asmara keduanya. Bagi Anda yang sudah nonton film Dilan 1991, pasti tidak asing dengan lokasi syuting yang dihiasi dengan susunan beberapa kursi bak berada di tribun tersebut. Berdasarkan dari filmnya, disinilah adegan dimana keduanya bertengkar hebat ditemani dengan rintik air dari langit. 

Pertengkaran Dilan dan Milea sudah tidak bisa dihentikan, hingga pada akhirnya keduanya berakhir putus. Adegan yang menguras batin dan air mata ini akan terus dikenang oleh keduanya, karena disanalah kisah romansa mereka telah berakhir. Penonton pun dibuat seakan berada di dalam nuansa yang sama, hingga tidak sadar ikut menitikkan air mata bersama dengan derasnya rintik hujan yang mulai menderu kencang. 

Dalam kenyataannya, Dago Tea House merupakan sebuah area teater yang kerap dijadikan sebagai tempat terbaik untuk menggelar pentas kesenian Sunda. Mulai dari permainan angklung, tari Jaipong, hingga pertunjukkan wayang golek bisa ditemukan disini. Lokasi syuting satu ini dibuka dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam, dimana pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar 10 ribuan saja untuk bisa masuk ke kawasan wisatanya. 

Siapa yang tidak kenal dengan film layar lebar yang sempat menggegerkan dunia perfilman Indonesia satu ini ? Sajikan cerita romansa antar anak muda ini, berhasil menyita perhatian dan mengajak penontonnya untuk bernostalgia dengan setting yang disamakan dengan tahun 90 an. Terbawa suasana dengan cerita keduanya, bahkan banyak anak kos yang tertarik mengunjungi lokasi syuting Dilan 1991 di Bandung untuk merasakan kemistri romantis selama syuting. 

Untuk kamu yang kuliah dan kos di bandung pastinya bisa dengan mudah mengunjungi lokasi syuting film Dilan, untuk kamu yang baru akan kost di Bandung tidak perlu khawatir karena kamu bisa dengan mudah menemukan KoolKost dari RedDoorz yang ada disekitaran kampus tempat kamu kuliah.

Caranya mudah, buka aplikasi RedDoorz lalu pilih KoolKost dan masukkan nama universitas tempat kamu kuliah lalu pilih durasi sewa kosan. setelah kamu tekan search maka akan keluar informasi KoolKost sekitaran kampus kamu lengkap dengan info harga sewa dan fasilitas yang diberikan, jadi kamu bisa memilih KoolKost yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan. 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×