Loading...

kuliner semarang

Foto: Instagram/@Tokooen

Kuliner Semarang memang terkenal dengan harganya yang murah namun punya rasa yang jempolan. Berburu kuliner di Semarang juga bukan hal yang susah karena di setiap sudut kota ini kamu bisa menemukan pedagang makanan yang bisa memanjakan lidahmu dengan cita rasa khas Semarang. Ada macam-macam makanan yang bisa kamu temukan di sini, dari yang rasanya manis, gurih, hingga pedas pun ada. 

Kuliner Semarang yang Enak dan Ramah Kantong

Berburu kuliner Semarang enak boleh banget kamu masukkan ke dalam itinerary saat berkunjung ke kota ini. Kamu bisa catat kuliner apa aja yang paling recommended dan ramah kantong. Wah, kebetulan banget, RedDoorz punya rekomendasi kuliner khas Semarang yang harganya murah meriah dan dijamin enak. 

1. Warung Mangut Welut Hj. Nasimah

Warung Mangut Welut Hj. Nasimah berlokasi di Jalan Menoreh Raya No.10B, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang. Warung makan ini punya menu andalan yaitu mangut, semacam gulai dengan kuah encer yang rasanya sangat pedas. Mangut di sini menggunakan beberapa bahan utama seperti belut, ikan pari, dan kepala ikan manyung. 

Magut banyak diburu pecinta kuliner karena cita rasa pedasnya yang menantang. Nah, buat kamu yang suka makanan pedas, kamu wajib banget cobain mangut di Warung Mangut Welut Hj. Nasimah. 

2. Loenpia Gang Lombok

kuliner semarang

Foto: Pixabay

Lumpia pastinya udah nggak asing lagi bagi kebanyakan orang. Cemilan yang satu ini sering dijadikan oleh-oleh selepas berkunjung dari Semarang. Salah satu lumpia khas Semarang yang terkenal karena kelezatannya adalah Loempia Gang Lombok. Terletak di Jalan Gang Lombok No,11, Purwodinatan, Semarang Tengah, toko lumpia ini selalu ramai pembeli. 

Di sini ada dua macam jenis lumpia yang ditawarkan yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Lumpia khas Semarang biasanya memiliki isian rebung dan saus petis, namun di sini kamu juga bisa coba lumpia dengan isian yang lebih variatif seperti udang dan ayam. Buat kamu yang pengen menjadikan lumpia sebagai oleh-oleh, kamu bisa pesan lumpia goreng karena lumpia jenis ini bisa tahan sampai 3 hari. 

3. Nasi Gandul Pak Memet

Ini nih kuliner yang mungkin masih cukup asing, namanya nasi gandul. Nasi gandul terkenal di Kota Semarang salah satunya adalah Nasi Gandul Pak Memet. Nasi gandul sebenarnya makanan seperti apa sih? Nasi gandul adalah sajian nasi hangat yang dihidangkan dengan lauk yang berasal dari daging dan jeroan sapi. Agar cita rasa nasi gandul semakin keluar, penyajiannya nggak pakai piring tapi pakai daun pisang!

Buat mencicipi cita rasa gurih dari nasi gandul kamu harus bersabar karena Nasi Gandul Pak Memet selalu ramai pengunjung. Nasi Gandul Pak Memet terletak di Jalan Dokter Cipto No. 12, Bugangan, Semarang Timur, Kota Semarang. Buka setiap hari dari jam 04.30 sampai 21.30 malam. 

4. Toko Oen

kuliner semarang

Foto: Instagram/@Tokooen

Pengen makan sambil menikmati suasana Semarang tempo dulu? Datang aja ke Toko Oen! Berlokasi di Jalan Pemuda No.52 Bangunharjo, Kota Semarang, Toko Oen punya tempat yang unik banget. Suasana tempat ini menggambarkan perpaduan budaya Jawa dan China pada masa lalu. Buat kamu yang pengen cari suasana baru, tempat ini adalah pilihan terbaik. 

Mengusung gaya jadul, usia Toko Oen sendiri sebenarnya memang cukup tua, lho. Toko Oen berdiri sejak 1935! Di sini kamu bisa mencicipi aneka es krim dan makanan berat. Toko ini juga menjadikan berbagai kue kering yang bisa dijadikan oleh-oleh. 

5. Tahu Gimbal Pak Eddy

Nah yang terakhir ada kuliner rakyat yang namanya tahu gimbal. Tahu gimbal di Semarang yang terkenal karena kelezatannya bisa kamu temukan di Jalan Menteri Supeno, Kota Semarang. Tepatnya di Tahu Gimbal Pak Edy. 

Tahu gimbal sebenarnya merupakan hidangan yang menjadikan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan utamanya. Kedua bahan ini kemudian dipotong kecil-kecil ditambah irisan kol, lontong, telur, lalu disiram saus kacang. Kamu juga bisa request tingkat kepedasannya lho. 

Kuliner Semarang memang bikin ngiler, ya. Rasanya jadi nggak sabar pengen ke Semarang dan wisata kuliner sampe kenyang. Buat kamu yang merencanakan pergi ke Semarang, udah menyiapkan tempat buat menginap belum? Biar nggak repot dan serba praktis, menginapnya di Sans Hotel aja. Kamu tinggal download aplikasi RedDoorz di Play Store atau App Store, lalu booking hotelnya. Mudah banget bukan? 

Press Enter To Begin Your Search
×