Loading...

Universitas di Yogyakarta

Foto: Shutterstock

Sudah tidak asing Yogyakarta sering disebut sebagai kota pelajar. Di sini ada banyak perguruan tinggi terbaik dari yang negeri maupun swasta. Makanya banyak anak muda yang merantau ke Yogyakarta untuk merasakan sekolah di sini. Dari semua kampus yang ada, berikut ini ada daftar universitas di Yogyakarta yang terbaik dan jadi buruan para pelajar. 

6 Universitas di Yogyakarta yang Terbaik

Kalau kamu lagi cari informasi seputar Universitas di Yogyakarta terbaik, mending langsung aja simak informasi di bawah ini. 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada bukan hanya jadi kampus terbaik di Yogyakarta tapi juga di Indonesia. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1949 dan terletak di Sleman, Yogyakarta. UGM memiliki 18 fakultas, serta vokasi, program S2 dan S3. 

Sebagai salah satu kampus terbesar di Indonesia, Universitas Gadjah Mada memiliki dosen mencapai lebih dari 2 ribu orang dan mahasiswa sebanyak 56 ribuan. Kualitas kampus ini patut diacungi jempol karena telah melahirkan banyak riset ilmiah dari segala bidang. 

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta tak kalah terkenal dibandingkan dengan UGM. Bisa dibilang kampus ini berada di urutan kedua Universitas Terbaik di Yogyakarta setelah UGM. Lokasi Universitas Yogyakarta berada di Karangmalang, Sleman, Yogyakarta. 

Sebelum menyandang nama Universitas Negeri Yogyakarta, kampus ini dulunya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta. Secara peringkat, UNY juga masuk dalam 20 besar universitas terbaik di Yogyakarta. 

3. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga merupakan salah satu cabang Universitas Islam Negeri yang berada di Yogyakarta. Kampusnya sendiri berada di daerah Sleman, Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga atau sering disebut UIN Suka sebagai nama gaulnya, adalah perguruan negeri islam negeri pertama yang ada di Indonesia. 

Nama kampus ini pun diambil dari tokoh penyebaran Islam di Nusantara yaitu Sunan Kalijaga. Ngomongin soal peringkat, UIN Sunan Kalijaga menduduki posisi ke-55 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. 

4. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Universitas Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta sudah berdiri sejak 1984. Meskipun secara peringkat masih banyak kampus lain yang posisinya lebih tinggi, namun ISI Yogyakarta menjadi buruan anak muda pecinta seni di Indonesia. 
Institut Seni Indonesia adalah pilihan kampus terbaik di Yogyakarta untuk belajar seni. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya seniman yang lahir dari kampus ini. 

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pilihan universitas di Yogyakarta swasta yang nggak boleh dipandang sebelah mata adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kampusnya berada di daerah Bantul, Yogyakarta. Tidak seperti kampus umumnya yang hanya mengajarkan ilmu pengetahuan modern, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga menerapkan ajaran islam sehingga ilmu yang dipelajari bermanfaat bagi umat islam. 

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki jumlah mahasiswa yang cukup banyak mencapai 29 ribu. 

6. Universitas Sanata Dharma

Selain Universitas Muhammadiyah Indonesia, Universitas Islam Indonesia juga termasuk universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Universitas ini merupakan universitas katolik terbesar di Jogja. Universitas ini juga dikenal dengan sebutan lain seperti USD dan Sadhar. Universitas Sanata Dharma memiliki 8 fakultas dan 26 program studi, serta program S2. Jumlah mahasiswa di kampus ini mencapai 13 ribuan. 

Buat kau yang pengen survei universitas di Yogyakarta buat melanjutkan studi, informasi di atas penting banget. Daftar universita di Yogyakarta yang sudah disebutkan patut banget kamu pertimbangkan untuk menemukan kampus yang sesuai dengan tujuan dan minat kamu. Nah, kalau berencana ke Jogja, jangan lupa nginepnya di RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz agar semua perjalanan jadi lebih mudah. 

Press Enter To Begin Your Search
×