Loading...

buah lokal

Foto: Shutterstock

Indonesia memiliki aneka jenis buah lokal. Banyak di antaranya yang hanya tumbuh di negara tropis saja, lho. Buah-buahan ini tidak kalah menyegarkan dan bergizi dibandingkan buah impor. Biar pengetahun kita semakin kaya tentang macam-macam buah lokal, mending kita cari tau, yuk!

Daftar Buah Lokal Indonesia

Karena berasal dari negeri sendiri buah-buahan ini relatif mudah ditemukan. Harga buah lokal juga bisa dibilang lebih terjangkau karena nggak perlu melalui perjalanan yang jauh untuk sampai ke konsumen. Berikut ini jenis buah lokal yang banyak ditemukan di Indonesia. 

1. Manggis

Manggis dikenal sebagai buah yang kaya manfaat, tidak hanya daging buahnya bahkan kulitnya juga. Buah manggis mengandung vitamin E yang tinggi sehingga sangat bagus bagi kulit. Selain itu kulit buah manggis juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. 
Namun untuk mendapatkan manfaat dari kulit buah lokal yang satu ini kamu nggak bisa memakannya langsung. Biasanya kulit manggis diekstrak dan dijadikan kapsul multivitamin. 

2. Salak

Buah yang punya kulit bersisik tajam ini punya rasa dan tekstur daging buah yang cukup unik. Buah salak memiliki rasa manis dan sepat. Tekstur dagingnya buahnya tebal dan minim kandungan air sehingga saat digigit cukup renyah. Salak ternyata kaya akan gizi, lho. Didalamnya terkandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, hingga zat besi. 

3. Jambu air

Buah ini cukup mudah ditemui apalagi jika lagi musimnya. Jambu air bisa dimakan langsung namun sering juga dijadikan rujak. Jambu air punya rasa manis asam yang menyegarkan, nggak heran buah ini jadi teman yang pas untuk sambal rujak. Jambu air mengandung vitamin C dan protein nabati sehingga bagus untuk peremajaan kulit. 

4. Rambutan

Rambutan jadi buah lokal Indonesia yang dianggap punya tampilan cukup aneh. Buah yang mudah dijumpai di pasar tradisional ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, lho. Antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. 

5. Duku

Meskipun ukurannya kecil, gizi yang terkandung di dalam buah duku nggak boleh kamu ragukan. Duku mengandung gizi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, hingga aneka mineral. Keunggulan buah lokal ini dapat mengatasi diare hingga mencegah penyakit kanker. 

6. Sawo

Buah sawo dikenal memiliki cita rasa yang manis legit karena mengandung banyak gula. Meskipun termasuk jenis buah lokal, namun buah yang satu ini agak sulit ditemukan. Manfaat buah sawo yaitu dapat menjaga kesehatan pembuluh darah hingga mencegah penuaan dini karena di dalamnya terdapat Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan antioksidan. 

7. Kesemek

Buah kesemek juga termasuk jenis buah lokal Indonesia yang agak sulit ditemukan. Meskipun begitu buah kesemek punya ciri khas yaitu buahnya yang diselimuti tepung putih seperti bedak. Buah kesemek baik untuk gigi karena mengandung fluoride. 

8. Jeruk bali

Biasanya jeruk ukurannya kecil namun beda dengan jeruk Bali. Buah lokal yang satu ini punya ukuran yang cukup besar. Saking besarnya, kulit buah jeruk Bali sering dijadikan mainan anak-anak. Jeruk Bali mengandung Flavonoid, paktin, dan likopen yang sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah anemia, bahkan mengurangi resiko penyakit jantung. 

Selain buah lokal Indonesia yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak buah lokal lainnya. Berburu macam-macam buah lokal nusantara boleh banget kamu jadikan tujuan traveling. Selain menyehatkan tentunya kamu juga bisa menikmati kekayaan alam Indonesia dari ragam buahnya. 

Nah, kalau merencanakan perjalanan jangan lupa siapkan tempat menginapnya. Cari tempat menginap di RedDoorz aja karena hotel RedDoorz sudah tersebar di seluruh Indonesia. Masih ragu? Buktikan aja sendiri, download aplikasi RedDoorz sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×