Loading...

stasiun yogyakarta

Ilustrasi Foto: Unsplash

Kereta api jadi moda transportasi utama yang banyak dipilih orang-orang saat berkunjung ke Yogyakarta. Wajar aja kalau Stasiun Yogyakarta selalu ramai dipadati penumpang. Ada yang datang ke Jogja untuk sekolah, mengunjungi kampung halaman, berlibur, sampai melakukan penelitian. Kota ini memang selalu memiliki daya tarik yang nggak pernah termakan waktu. 

Sebagai kota yang nggak pernah sepi dan dipenuhi kawula muda, bisa dibilang Jogja nggak punya jam tidur. Kamu bisa menemukan hal-hal menarik sepanjang waktu. Kalau kamu seoran pecinta kuliner dan kebetulan baru saja tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta, sudah sepatutnya kamu mencicipi kuliner malam di dekat stasiun Yogyakarta. 

Jajaran Kuliner Malam Enak di Sekitar Stasiun Yogyakarta

Meskipun kamu tiba di Yogyakarta saat malam hari, kamu nggak perlu bingung cari makan enak di mana. Di sekitar Stasiun Yogyakarta banyak makanan kaki lima khas Jogja yang enak dan harganya terjangkau. Biar nggak bingung nanti mau makan apa, kamu bisa liat daftar kuliner malam di dekat Stasiun Yogyakarta berikut. 

Gudeg Mercon Mbak Tinah

Gudeg memang makanan khas Yogyakarta yang paling terkenal, namun gudeg yang satu ini bisa dibilang gudeg yang paling terkenal seantero Yogyakarta. Namanya Gudeg Mercon Mbak Tinah. Apa sih yang membuat Gudeg Mercon Mbak Tinah spesial dan beda dari gudeg yang lainnya? 

Gudeg kan terkenal dengan cita rasanya yang manis, namun gudeg ini nggak cuma punya rasa yang manis aja tapi juga pedas. Seperti namanya yang menggunakan kata “mercon”, gudeg Mbak Tinak memang pedasnya seperti mercon alih-alih manis. Rasa pedasnya berasal dari makanan pendamping gudeg seperti kuah santan yang pedas dan gurih, oseng krecek yang ditaburi cabai, dan sayur lombok hijau. Gudeg Mercon Mbak Tinah sudah ada dari tahun 1992 lho, dan nggak pernah sepi dikunjungi para pecinta kuliner. 

Soto Sampah

Namanya makanan yang satu ini emang agak nggak biasa, tapi soal rasanya nggak perlu diragukan lagi. Soto sampah merupakan salah satu kuliner Yogyakarta yang sangat legendaris yang berdiri sejak tahun 1970. Seperti soto pada umumnya, soto ini banyak menggunakan rempah-rempah sehingga rasanya sangat gurih dah kaya. Tapi apa sih yang membuat soto ini dinamakan soto sampah? 

Awalnya rumah makan soto disebut Soto Becak karena pelanggannya kebanyakan tukang becak, namun pada tahun 2009 berganti nama menjadi Soto Sampah. Kata Soto Sampah sendiri terinspirasi dari pelanggan. Banyak orang menyebut soto ini dengan sebutan soto sampah karena bahan soto menggunakan gajih atau lemak sapi yang membuat mangkok terlihat berantakan. 

Meskipun punya nama yang agak aneh buat sebuah makanan, tapi Soto Sampah punya banyak penggemar, lho. Untuk harganya juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp6 ribu aja! Murah banget, kan!

Gulai Sapi Pak Samin

Udara malam yang dingin memang cocok dinikmati dengan menyantap makanan berkuah hangat. Gulai Sapi Pak Samin salah satu yang recommended. Tidak seperti gulai pada umumnya yang berkuah santan kental, Gulai Sapi Pak Samin justru dihidangkan tanpa santan. Meskipun kuah gulainya terlihat kuning bening dan encer, tapi rasanya tetap juara! Dagingnya juga sangat empuk dan nggak banyak lemaknya, jadi pas banget buat kamu yang pengen makan malam enak tapi takut gemuk. 

Rica Pincuk

Pengen cobain sensasi makan yang agak berbeda? Kamu bisa cobain makan nasi pincuk di Rica Pincuk. Makanan yang kamu pesan dihidangkan dengan cara dipincuk alias menggunakan daun pisang yang dilipat melengkung dan disangga dengan lidi sehingga bisa dijadikan tempat untuk menaruh makanan. 

Lokasi Rica Pincuk sangat dekat dari Stasiun Yogyakarta, sekitar 4 menit jalan kaki aja. Untuk menunya sendiri ada macam-macam. Ada kulit ayam kriuk, rica ampela, ayam rica pedas dan tidak pedas, ceker rica pedas, ceker rica bakar, rica usus, dan masih banyak yang lainnya. 

Kopi Joss

Pengen kulineran tapi nggak pengen makan berat? Mending kamu cobain Kopi Joss aja. Kopi ini beda lho dari kopi pada umumnya. Kopinya memang berbahan dasar biji kopi biasa, tapi cara penyajiannya unik banget. Saat hendak disajikan, Kopi Joss dicelupkan arang yang sedang membara. 

Meskipun sering diragukan kebersihannya, tapi banyak yang mengatakan bahwa arang yang dibakar punya manfaat untuk mengikat racun yang ada di dalam tubuh. Menarik banget kan? Mending kamu cobain sendiri deh keunikan dan kenikmatan Kopi Joss Jogjakarta!

Kuliner malam dekat Stasiun Yogyakarta memang nggak ada matinya. Selalu ada kuliner yang patut dicoba dan harganya sering bikin para traveler kaget soalnya murahnya kebangetan. Tapi yang punya harga affordable di Jogja nggak cuma makanan dan minuman aja, lho. Banyak juga hotel yang harga sewanya terjangkau. Nah, kalau mau cari hotel dengan harga terjangkau kamu bisa cari di RedDoorz. Temukan hotel terbaik dengan harga ramah kantong hanya di RedDoorz. Download aplikasinya sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×