Loading...

makanan sehat

Foto: Unsplash

Masa pandemi seperti ini membuat kita harus menjaga imun tubuh agar tetap sehat. Nah, salah satu cara untuk tetap sehat yaitu dengan makan makanan sehat. Makanan sehat harus dibuat dengan cara yang sehat juga, agar dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh.

Berikut adalah tips membuat makanan sehat dan bergizi yang ternyata bisa enak juga ketika dikonsumsi. Check this out!

Jaga Imun Tubuh dengan Makan Makanan Sehat, Cek Tips Membuatnya di Sini!

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak manfaat makanan sehat yang bisa kamu dapatkan dan salah satunya menjaga kita dari berbagai macam penyakit. Untuk mengetahui cara membuatnya, simak tipsnya di bawah ini.

Kurangi makanan yang mengandung lemak

makanan sehat

Foto: Unsplash

Kamu bisa membatasi pemakaian minyak goreng dan margarin ketika memasak makanan dan menggantinya dengan olive oil yang lebih rendah lemak. Jangan gunakan olive oil untuk menumis karena akan merusak kandungan yang ada di dalam minyak ini. Gunakan olive oil sebagai salad dressing.

Pakai juga alat masak yang anti lengket sehingga kamu nggak perlu mengoleskan minyak atau margarin ketika memasak. Kamu juga bisa memasak dengan cara direbus atau dikukus untuk mengurangi kandungan lemak yang masuk ke dalam tubuh. 

Pilih makanan yang mengandung protein tinggi

makanan sehat

Foto: Unsplash

Contoh makanan sehat adalah mengandung protein yang tinggi. Protein tinggi bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan, daging, telur, produk susu, gandum, dan masih banyak lagi.

Dengan mengonsumsi protein tinggi, dapat meningkatkan hormon dopamine, membantu regenerasi sel-sel tubuh yang rusak, membentuk antibodi, dan juga bisa menghilangkan lemak berlebih dari tubuh.

Gunakan bahan alami yang kaya serat, air, dan nutrisi

makanan sehat

Foto: Unsplash

Ciri-ciri makanan sehat adalah makanan yang kaya akan serat, air, dan nutrisi. Manfaat dari ketiga kandungan tersebut bisa kamu dapatkan secara maksimal ketika mengkonsumsinya setiap hari.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan antara lain, mencegah sembelit, memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan, menjaga daya tahan tubuh, menjaga berat badan ideal, dan menjaga kadar gula darah normal.

Ketiga kandungan tersebut bisa kamu dapatkan pada sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, juga roti yang terbuat dari gandum.

Penggunaan garam secukupnya

makanan sehat

Foto: Unsplash

Salah satu resep makanan sehat yaitu penggunaan garam secukupnya. Memakai garam terlalu banyak akan memicu berbagai penyakit yang nggak baik untuk kesehatan.

Kamu bisa mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak garam seperti, makanan kaleng, mie instan, cemilan kemasan, dan lain-lain. Kamu juga bisa mengganti penggunaan garam dengan menggunakan garam beryodium.

Garam beryodium lebih disarankan untuk memasak karena memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya yaitu mencegah penyakit tiroid seperti, penyakit gondok dan hipotiroidisme.

Jangan terlalu lama memasak sayuran

makanan sehat

Foto: Unsplash

Selain akan mengubah rasa dan tekstur dari sayuran, memasak sayur terlalu lama akan menghilangkan sebagian besar vitamin dan mineral utama yang terdapat pada sayuran tersebut.

Untuk mempertahankan nutrisinya, kamu bisa mengukus atau menggunakan microwave ketika mengolah sayuran. Tapi, kalau lebih suka sayuran yang direbus, kamu bisa mengurangi kadar air dan menghindari direbus sampai mendidih.

Selain itu, pengolahan dengan cara ditumis juga lebih baik untuk mempertahankan kesegaran dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Hindari deep fried pada makanan

makanan sehat

Foto: Unsplash

Deep fried pada makanan akan menyerap minyak yang lebih banyak. Kalau kamu ingin menggunakan alternatif lain dalam mengolah makanan, kamu bisa memilih dengan cara yang lebih sehat seperti, dipanggang, ditumis, dikukus dan direbus.

Menu makanan sehat bisa dengan kamu olah dengan tips-tips di atas. Mengonsumsi makanan sehat akan membuat kamu panjang umur dan juga panjang umur. Kalau umur kamu panjang, kamu punya kesempatan untuk travelling keliling dunia juga!

Jangan lupa ketika travelling untuk turut menyiapkan penginapannya. Caranya dengan memesan melalui aplikasi RedDoorz di handphone dan temukan banyak pilihan penginapan yang kamu mau dengan mudah. Download aplikasi RedDoorz sekarang juga!

 

Press Enter To Begin Your Search
×