Loading...

danau toba

Foto: Shutterstock

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Luas Danau Toba sendiri mencapai 1.130 kilometer persegi dan berlokasi di Sumatera Utara. Saking luasnya danau ini berada di beberapa kabupaten sekaligus, lho. Selain ukurannya, Danau Toba juga dikenal punya pemandangan yang luar biasa cantik. Nggak heran wisata Danau Toba selalu jadi tujuan utama wisatawan saat berlibur ke Sumatera Utara. 

Fakta Seputar Danau Toba

Ternyata ada beberapa fakta menarik nih seputar Danau Toba, mau tau apa aja faktanya? Check this out!

Dulunya sebuah gunung

Sebelum berbentuk danau seperti sekarang Danau Toba dulunya adalah sebuah gunung. Hal ini diungkapkan pertama kali oleh seorang geolog asal Belanda bernama Van Bemmelen pada tahun 1939. Ia mengungkapkan bahwa asal mula Danau Toba adalah sebuah gunung api besar atau disebut juga supervolcano. 

Gunung meletus dan akhirnya membentuk Danau Toba

Gunung Toba diperkirakan meletus pada 74.000 tahun yang lalu. Pada letusan dahsyat ini diperkirakan ada 2.8000 kilometer kubik magma yang keluar dari kawah. Letusan ini pun sangat besar mencapai 8 Volcanic Explosivity Index (VEI) dan yang terkuat selama 2 juta tahun terakhir. Setelah meletus kaldera Danau Toba tertutup batuan beku. Kaldera ini perlahan terisi air dan kemudian menjadi danau. 

Letusan Gunung Toba mempengaruhi persebaran manusia purba saat itu

Saat terjadi letusan dahsyat Gunung Toba diperkirakan spesies manusia homo sapiens yang menjadi nenek moyang manusia modern, nyaris punah. Mereka terisolasi di Afrika yang terekam dalam genetika manusia saat ini. Fase ini disebut periode population bottlenecks dan letusan Gunung Toba diperkirakan para ahli sebagai faktor utamanya. 

Memiliki pulau ditengahnya 

danau toba

Foto: Shutterstock

Keunikan yang dimiliki Danau Toba adalah adanya pulau di tengahnya. Bagaimana asal usul pulau ini bisa muncul? Pulau Samosir, pulau yang ada di tengah Danau Toba diperkirakan para ahli adalah bagian dasar danau yang terangkat ke permukaan. Hal ini dibuktikan dari fosil ganggang yang ada di permukaan tanah Pulau Samosir. Saat danau terbentuk ganggang juga akan mulai tumbuh di dasar danau. 

Danau vulkanik terbesar di dunia

Selain jadi danau terbesar di Indonesia ternyata Danau Toba juga termasuk danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini dikelilingi tebing tinggi yang mencapai ketinggian rata-rata hingga 1.200 meter dan kedalamannya mencapai 500 meter. 

Diabadikan dalam cerita rakyat

Selain memiliki sejarah panjang pada masa pembentukannya, ternyata Danau Toba juga punya cerita yang melegenda di baliknya. Legenda Danau Toba dengan cerita seorang pria yang menemukan seekor ikan mas di sebuah sungai. Ikan itu kemudian berubah menjadi perempuan cantik. Si pemuda jatuh hati dan ingin menikahinya. Perempuan itu setuju dengan satu syarat, si pemuda tidak boleh memberitahu asal usul isterinya kepada siapapun. 

Namun, suatu hari saat si pemuda itu marah kepada anaknya ia tak sengaja memberitahu anaknya tentang asal usul ibunya. Seketika bumi terguncang, dan gempa besar terjadi. Hujan turun sangat deras hingga tergenang dan terbentuklah Danau Toba! 

Seru banget ya fakta-fakta seputar Danau Toba di atas. Biar bisa langsung mengagumi kemegahan Danau Toba kamu sekalian aja wisata ke sana. Sekalian juga kunjungi Pulau Samosir! Untuk tempat menginapnya gak perlu bingung karena kamu bisa cari penginapan di dekat Danau Toba ataupun di Pulau Samosir di aplikasi RedDoorz. Pesan hotel di RedDoorz dan jalan-jalan bebas tanpa batas. 

Press Enter To Begin Your Search
×