Loading...

daerah istimewa yogyakarta

Foto: Shutterstock

Menjelang Hari Raya Idul Fitri biasanya banyak masyarakat daerah memiliki tradisi untuk merayakannya, salah satunya yang bisa dilakukan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menyambut lebaran masyarakat Jogja biasanya menyambutnya dengan melakukan grebeg syawal, kamu sudah tau belum apa sih yang dimaksud grebeg syawal?

Grebeg syawal merupakan tradisi dari keraton Yogyakarta sebagai wujud syukur telah melewati bulan Ramadan. Saat merayakan grebeg syawal biasanya keraton akan membuat gunungan yang berisi hasil bumi, ada buah serta aneka makanan. Gunungan ini kemudian dibawa oleh prajurit keraton ke luar keraton dan melakukan iring-iringan. Setelah itu gunungan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman, Pura Pakualaman, dan Kantor Kepatihan untuk didoakan. 

Nah setelah upacara grebeg syawal selesai gunungan ini dibagikan kepada masyarakat umum. Gunungan dari upacara grebeg syawal seolah jadi makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta, padahal isinya hanya bahan-bahan pangan biasa. Namun, banyak yang meyakini bahwa bahan makanan yang ada di dalam gunungan sebenarnya mengandung berkah oleh sebab itu masyarakat berebut untuk mendapatkanya. 

daerah istimewa yogyakarta

Foto: Shutterstock

Sudah dijadikan sebagai tradisi tahunan yang berlangsung sejak lama, sebenarnya bagaimana sejarah asal mula upacara grebeg syawal? 

Grebeg syawal bermula dari dakwah Wali Songo di Pulau Jawa. Mereka ingin menyebarkan islam di Jawa dengan melakukan pendekatan sesuai budaya yang ada. Mereka akhirnya mencoba membuat dakwah dengan menggunakan medium kesenian dan kebudayaan. 

Gunungan yang jadi persembahan grebeg syawal menjadi simbol persembahan raja kepada masyarakat untuk mengajak masyarakat memahami Islam yang sederhana, mempersatukan, dan penuh kselarasan. Selain itu grebeg syawal juga mengandung nilai-nilai pelestarian lingkungan sehingga Islam yang dikenalkan kepada masyarakat adalah agama Islam yang dekat dengan alam semesta dan isinya. 

Itu dia info seputar grebeg syawal yang biasanya dirayakan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Buat kamu yang tinggal di Jogja, hal ini mungkin bukan hal yang asing lagi. Menjelang lebaran paling asik memang staycation. Jalan-jalan di dalam kota atau sekedar menginap di hotel aja bisa jadi hal yang menyenangkan. Pilih hotel berkualitas untuk staycation hanya di RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz dan dapatkan banyak promo menarik untuk menyambut lebaran. 

Press Enter To Begin Your Search
×