Loading...

menu buka puasa

Foto: Shutterstock

Setiap bulan Ramadhan tiba kolak menjadi menu buka puasa andalan yang tak pernah tergantikan. Kolak punya cita rasa manis dan menyegarkan. Ada yang suka kolak saat masih panas namun ada juga yang menambahkan es batu saat menyantapnya. Mau buka puasa di rumah bareng keluarga atau pun di restoran bersama teman-teman, kolak wajib ada!

Jadi Menu Buka Puasa Favorit Keluarga Indonesia Ini Fakta Tentang Kolak 

Setelah puasa selama 12 jam penting banget buat milih makanan yang bisa balikin energi. Biasanya menu buka puasa punya cita rasa manis karena bisa dengan cepat menghilangkan rasa lemas. Kolak jadi menu yang paling sering dihidangkan saat bulan Ramadhan tiba. Tidak sekedar lezat, kolak juga punya filosofi yang menarik, lho. 

1. Media penyebaran Islam ke Nusantara

Pada zaman dahulu para ulama mencoba cara-cara kreatif untuk menyebarkan Islam ke Nusantara khususnya ke Pulau Jawa. Mereka menggunakan kesenian tradisional, tradisi, hinggga kuliner. Nah, kolak termasuk salah satu menu makanan yang jadi media penyebaran Islam, lho. Nama kolak sendiri diserap dari bahasa Arab khalik yang artinya Sang Pencipta. Oleh karena itu kolak menjadi simbol untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. 

2. Bukan berasal dari Indonesia

Meskipun sangat legendari dan selalu jadi menu wajib saat bulan puasa tiba tapi sebenarnya kolak bukan berasal dari Indonesia. Kolak dibawa langsung dari Timur Tengah oleh para penyebar agama Islam yang datang ke Nusantara. Hal ini dibuktikan dengan cita rasa kolak yang manis, sama seperti kesukaan orang-orang Timur Tengah. Namun kolak beradaptasi dengan bahan-bahan yang tersedia di sini sehingga tercipta lah kolak seperti saat ini yang terdiri dari campuran santan, gula aren, pisang, ubi, dan singkong. 

3. Punya filosofi yang unik

menu buka puasa

Foto: Shutterstock

Sebagai makanan yang menjadi media dakwah, kolak pastinya juga punya filosofi yang dalam. Isian kolak biasanya menggunakan pisang kepok sehingga dimaknai agar kita harus kapok dan jera saat melakukan perbuatan dosa. Bahan lainnya juga punya filosofi. Ubi atau yang sering disebut telo pendem oleh masyarakat Jawa punya filosofi bahwa kita harus mengubur segala dosa yang pernah kita lakukan dengan memperbanyak amal soleh. Menarik banget bukan? 

4. Takjil yang selalu ada saat puasa tiba

Karena dibawa dari Timur Tengah saat para ulama melakukan penyebaran Islam ke Nusantara berarti kolak sudah ada dalam kurun waktu yang sangat lama. Namun meskipun sudah berusia ratusan tahun, eksistensi kolak tidak ada yang menandingi. Bahkan kini isian kolak semakin beragam. Masyarakat suka memadukan isian kolak dengan pangan lokal yang banyak tersedia di sekitarnya seperti kolang-kaling, nangka, biji mutiara, hingga durian. 

Rasanya yang manis legit dan menyegarkan membuat kolak digemari banyak orang. Selain itu, cita rasa kolak juga cocok dipadukan dengan berbagai bahan lainnya sehingga banyak orang bereksplorasi untuk memodifikasi resep kolak. Guna menemukan kolak dengan cita rasa terbaik banyak juga lho orang-orang yang ngabuburit untuk mencari kolak paling enak. 

Karena Ramadhan sudah ada di depan mata artinya libur panjang juga akan segera tiba. Buat kamu yang berencana liburan atau mudik lebih baik persiapkan dari sekarang. Pesan penginapan dari jauh-jauh hari agar nggak kehabisan. Kamu bisa pesan hotel dengan mudah pakai aplikasi RedDoorz. Di RedDoorz kamu akan temukan hotel terbaik dengan harga terjangkau. Pesan RedDoorz sekarang juga dan liburan kemudian!

Press Enter To Begin Your Search
×