Loading...

 

bandara kertajati

Ilustrasi Foto: Unsplash

Jawa Barat memiliki bandara internasional baru yang mulai beroperasi sejak awal tahun 2019. Berlokasi di Majalengka, Bandara Kertajati menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta. Luas bandara ini mencapai 1.800 ha dan memiliki landasan pacu berukuran 3.000x60 meter. Saking luasnya, bandara ini bisa menampung 5 juta penumpang per tahun, bahkan diproyeksikan kedepannya bisa menampung sampai dengan 29 juta penumpang per tahun! Banyak banget kan, RedTraveler!

Meskipun termasuk bandara kelas internasional namun Bandara Kertajati tetap menunjukkan unsur kebudayaan Indonesia di berbagai sisinya, lho. Ketika baru masuk area bandara kamu akan disambut patung perempuan yang menggunakan pakaian tradisional khas Jawa Barat. Lalu di dalam bandara kamu bisa melihat ornamen batik megamendung, motif batik khas Jawa Barat. 

Punya tampilan elegan yang memadukan unsur modern dan tradisional secara bersamaan nggak membuat bandara ini cuma enak dipandang apa aja. Banyak fasilitas yang memanjakan para penumpang sehingga bandara ini akan terasa sangat nyaman. 

Fasilitas Bandara Kertajati yang Memanjakan Para Penumpang

Menjadi salah satu bandara internasional termegah di Indonesia, tentu aja Bandara Kertajati punya fasilitas yang nggak main-main. Semua fasilitas ini disediakan agar penumpang nyaman saat berada di bandara. Bukan cuma itu, kenyamanan Bandara Kertajati juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat biar nggak kalah sama Bali ataupun Yogyakarta. Penasaran apa aja fasilitas yang ada di Bandara Kertajati, Jawa Barat? Ini dia infonya!

1.Terhubung ke transportasi publik

Bandara Kertajati terhubung ke beberapa moda transportasi. Setidaknya ada 12 perusahaan yang mengoperasikan transportasi publik dari dan menuju bandara. Moda transportasi tersebut yaitu Damri, City Trans Utama (CTU), Lintas Shuttle, ECA Shuttle, P-Trans, Baraya, Mekarsari, Arnes, Budiman, Bhinneka Shuttle, BJT, dan Grab Online. Untuk tarifnya cukup variatif, dari Rp30 ribu sampai  Rp170 ribu. Banyaknya pilihan transportasi publik tentu akan membuat kamu semakin mudah menuju dan pergi dari Bandara Kertajati. 

2. Ruang tunggu yang nyaman

Kamu mungkin pernah merasakan menunggu di bandara karena pesawat yang ingin kamu naiki delay. Menunggu pasti jadi situasi yang menyebalkan terlebih lagi harus berada di kerumunan orang-orang di bandara. Tapi beda ceritanya kalau kamu menunggunya di Bandara Kertajati. Bandara Ini punya fasilitas ruang tunggu yang nyaman. Ruang tunggu bandara cukup luas dan ada kursi-kursi empuk sehingga nggak membuat pegal meskipun duduk lama. Selain itu, ruang tunggu ini dihiasi kubah-kubah putih yang cantik serta kebersihannya yang selalu terjaga. 

3. Memiliki 26 unit check in gate

Saat tiba di Bandara proses check in jadi hal yang bikin repot. Biasanya untuk check in kita harus ngantri dan lumayan memakan waktu. Untuk menghindari antrian panjang untuk check in, Bandara Kertajati menyediakan 26 unit gate check in. Dengan jumlah sebanyak ini, maka kamu nggak akan mengantri terlalu lama untuk check in, deh.  

4. Tersedia mesin check in mandiri

Saat musim libur tiba biasanya bandara akan dipenuhi penumpang yang ingin liburan ataupun pengen pulang ke kampung halaman. Meskipun Bandara Kertajati sudah memiliki 26 gate check in, namun kemungkinan besar antrian tetap akan terjadi. Agar kamu nggak terlalu capek buat antri, kamu bisa lho check in mandiri. Bandara Kertajati menyiapkan enam mesin check in mandiri yang bisa membantu penumpang 

5. Memiliki 77 unit Flight Information Display System (FIDS) dan 294 CCTV

Bandara Kertajati dilengkapi dengan 77 unit Flight Information Display System (FIDS). FIDS akan memberi informasi kepada para penumpang tentang jadwal penerbangan. Oleh karena itu kamu nggak perlu takut kelewatan informasi karena kamu bisa dengan mudah menemukan papan informasi sejauh mata memandang. Selain memiliki banyak FIDS, Bandara Kertajati juga memiliki 294 CCTV jadi kamu nggak perlu takut soal keamanan bandara. 

Menarik banget kan fasilitas yang ada di Bandara Kertajati? Setelah menikmati kenyamanan yang ada di bandara, jangan lupa pilih tempat menginap yang nyaman juga. Kalau mau cari tempat menginap, download aja aplikasi RedDoorz. Ada banyak pilihan tempat RedDoorz hotel di Jawa Barat yang nyaman namun harganya terjangkau. Tunggu apa lagi, booking hotel RedDoorz segera!

Press Enter To Begin Your Search
×