Loading...

daerah istimewa yogyakarta

Foto: Shutterstock

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki suasana yang khas dan selalu dirindukan oleh para pelancong. Kota yang sangat kental dengan budaya Jawanya ini, merupakan kota yang sangat dinikmati oleh wisatawan untuk berlibur. Sebagai kota yang terkenal, Yogyakarta memiliki fakta unik yang mungkin saja belum kamu ketahui. Yuk, simak fakta-fakta uniknya di bawah ini!

1. Pernah Menjadi Ibu Kota Negara Indonesia

Enam bulan setelah Indonesia merdeka, Pemerintah Republik Indonesia memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Yogyakarta untuk menghindari serangan Belanda yang menguasai Jakarta pada saat itu. Perpindahan itu dilakukan dengan singkat rapat terbatas.

2. Memiliki Otonomi Daerah Sendiri

Sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, tepatnya pada tanggal 15 Agustus 1950, Yogyakarta resmi menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta. Undang-undang Republik Indonesia menyatakan bahwa Yogyakarta merupakan daerah istimewa yang setara dengan provinsi dengan sistem otonomi daerah yang berbeda.

Seperti dalam halnya kepala daerah dan wakil kepala daerah. Jadi, Yogyakarta bukan disebut Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tapi hanya Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Gudeg Bukan Nama Makanan

daerah istimewa yogyakarta

Foto: Shutterstock

Siapa di sini yang selalu mengira kalau gudeg merupakan salah satu makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta? Ternyata gudeg itu bukan nama makanan, melainkan cara memasak atau metode memasak. Orang Jogja sendiri biasanya menyebutnya ‘nggudeg’ yang artinya mengaduk santan dan nangka muda dalam tungku besar.

Dulu, kuliner ini hanya terkenal di kalangan prajurit, namun lambat-laun mulai dikenal oleh masyarakat umum karena bahannya mudah ditemui dan rasanya yang nikmat.

4. Masih Menggunakan Sistem Kerajaan Dalam Memilih Kepala Daerah

Salah satu keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sistem pemerintahannya yang masih turun-temurun dari kerajaan. Jika daerah lain menyebutnya dengan Kepala Daerah, maka Yogyakarta punya sebutan lain, yaitu Sultan.

Sultan dipilih berdasarkan keturunan kerajaan dan tidak pernah mengikuti Pilkada serentak seperti daerah-daerah lainnya. Sistem pemerintahannya mengikuti sistem kerajaan, yaitu Kasultananan Ngayogyakarta dan Kadipaten Pakualaman.

5. Memiliki Banyak Destinasi Wisata yang Menarik

Beberapa wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Merapi, Kraton, dan Pantai Selatan. Tapi tahukah kamu? Tiga destinasi wisata tersebut ternyata terletak segaris. Ketiganya saling terhubung kalau kamu menarik garis imaginer, terbentang dari Gunung Merapi, Kraton, sampai ke Laut Selatan.

Banyak yang bilang garis tersebut merupakan kekuatan mistis besar dan juga melambangkan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Tuhannya, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam.

Dari uraian di atas, kira-kira fakta mana yang baru kamu ketahui? Daerah Istimewa Yogyakarta nggak hanya terkenal dengan tempat wisatanya aja, tapi juga dengan sejarahnya juga. Nah, kalau kamu mau mengunjungi Yogyakarta bisa banget, lho! Apalagi soal penginapan, nggak perlu bingung. Kamu bisa temukan hotel di Yogyakarta lewat aplikasi RedDoorz. Download aplikasinya dan booking sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×