Loading...

makanan korea

Foto: Freepik

Selain drama dan musiknya, Korea juga punya hal lain yang digandrungi banyak orang, termasuk orang-orang Indonesia, yaitu makanannya! Apalagi kalau sedang nonton drama Korea yang banyak menampilkan adegan sarapan, makan siang, dan makan malam, makanan-makanan yang tampil pasti terlihat sangat menggoda. 

Apakah kamu salah satu pencinta hidangan Korea? Kalau iya, kami punya 6 makanan Korea yang sayang banget kalau nggak kamu coba. 

6 Makanan Korea Enak yang Bikin Nagih

Perpaduan bumbu yang dipakai dalam resep makanan Korea memang berbeda dengan makanan-makanan khas Indonesia. Namun, ternyata banyak juga lidah orang-orang Indonesia yang cocok dengan resep masakan Korea. 

Berikut 6 makanan Korea enak yang jadi favorit banyak orang dan pasti bakal bikin nagih. 

Ramyeon atau Ramyun

makanan korea

Foto: Pixabay

Bagi pecinta mie instan, kamu mungkin sering melihat makanan yang satu ini di supermarket ataupun minimarket dalam bentuk instan. Tak heran, ramyun instan memang sudah marak dijual di pasaran saat ini. 

Tapi, apakah ramyun sama dengan ramen? Dua nama ini adalah dua makanan yang berbeda. Ramen adalah makanan yang berasal dari Jepang, sedangkan ramyun adalah makanan ala Korea. Namun, memang ramyun pada mulanya dipengaruhi oleh ramen Jepang. 

Jika merunut lebih ke belakang lagi, dua hidangan ini memang punya pengaruh yang sama, yaitu dari lamian yang berasal dari Tiongkok. 

Ramyun sendiri bermula dari masuknya ramen ke Korea sekitar tahun ‘60an. Saat ini ramyun sudah diproduksi massal jadi mie instan di Korea, sehingga mudah sekali untuk menemukan dan mengolahnya.

Ramyun biasanya pedas dengan kuah berwarna merah dengan rasa yang kuat. Biasanya, ramyun dimakan dengan makanan-makanan pendamping lain, seperti kimchi, sayur-mayur, daging, dan lain sebagainya. 

Nah, kalau lagi ngiler ingin makan makanan Korea gara-gara nonton drakor, kamu bisa, nih, masak makanan Korea di kosan pakai ramyun instan yang dijual di supermarket terdekat, dan kamu sudah bisa menikmati makanan Korea murah. 

Topokki 

makanan korea

Foto: Pixabay

Jajanan Korea yang satu ini punya tekstur yang kenyal dan rasa yang enak. Biasa disebut juga dengan Ddeokbokki atau Tteokbokki, makanan ini digemari oleh berbagai kalangan usia. Topokki terbuat dari tepung beras (tteok), dimasak menggunakan bumbu Korea, yaitu gochujang. 

Topokki sendiri umumnya memiliki bentuk batang yang dipotong-potong. Tteok yang telah dicampur dan dimasak menggunakan bumbu memiliki rasa yang lezat, perpaduan gurih, pedas, dan manis. Jika masih merasa kurang pedas, topokki juga seringkali ditambahkan bubuk cabai agar rasanya semakin pedas. 

Apakah kamu tertarik mencobanya? 

Kimchi

makanan korea

Foto: Pixabay

Kimchi adalah makanan yang wajib hadir di meja makanmu kalau lagi makan ala Korea. Kimchi merupakan makanan tradisional Korea sebagai salah satu banchan, atau bisa dibilang sajian pendamping yang paling umum. 

Ini adalah asinan yang dibuat dari sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu-bumbuan yang biasanya memiliki sensasi pedas. Ada beberapa jenis kimchi, beberapa yang paling umum adalah baechu kimchi, chonggak kimchi, dan oisobagi kimchi.

Baechu kimchi bisa jadi merupakan jenis kimchi yang paling populer dan selalu ada di rumah makan-rumah makan Korea di Indonesia. Sajian ini berbahan dasar sawi putih. Tapi selain sebagai menu pendamping, baechu kimchi juga sering dimakan dalam bentuk sup. 

Berbeda dengan baechu kimchi yang terbuat dari sawi putih, chonggak kimchi adalah jenis kimchi yang dibuat dari bahan dasar lobak. Biasanya, kimchi jenis ini punya sensasi rasa yang lebih pedas dan juga lebih renyah. 

Selanjutnya ada oisobagi kimchi, yaitu jenis kimchi yang terbuat dari mentimun. Tapi bukan hanya mentimun yang ada di hidangan ini melainkan juga beberapa jenis sayuran lain, seperti wortel, lobak, dan sawi yang dibumbui dan dimasukkan melalui bagian atas mentimun yang sebelumnya sudah dibelah menjadi empat bagian. 

Nah, kimchi jenis apa, nih, yang jadi favorit kamu? 

Baca juga: Restoran Korea di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

Gimbap

makanan korea

Foto: Pixabay

Selain ada ramyun yang mirip ramen di Jepang, Korea juga punya gimbap atau sering juga disebut kimbap yang mirip sushi. Dari keterangan tadi, kamu pasti sudah terbayang seperti apa bentuk gimbap. 

Gimbap merupakan nasi yang dibungkus dan digulung dengan rumput laut. Di dalamnya biasanya berisikan daging dan sayuran. Daging yang digunakan bervariasi, bisa ikan, kepiting, sapi, dsb. Telur juga terkadang menjadi isian gimbap. 

Sedangkan sayuran yang biasa menjadi isian gimbap adalah acar lobak atau yang biasa disebut danmuji, ketimun, bayam, wortel, dan sebagainya. Nasi yang dipakai untuk membuat gimbap di bumbui dengan garam dan minyak-minyakan, salah satunya minyak wijen. 

Gulungan nasi dengan isian daging dan sayuran serta dibungkus rumput laut ini biasanya akan dipotong menjadi delapan bagian, atau sesuai dengan selera. Makanan ini sering dijadikan bekal untuk piknik, bekal sekolah, ke kantor, dan lain-lain. 

Bibimbap

makanan korea

Foto: Pixabay

Bibimbap bisa dibilang nasi campur-nya Korea. Hidangan ini berisikan nasi putih dan berbagai lauk. Biasanya, lauk yang ada di dalamnya ada daging ataupun telur, sayuran yang dilengkapi dengan saus gochujang. 

Piring yang berisi sajian bibimbap seringkali menampilkan warna yang cantik. Hal ini bukan tanpa sebab. Konon, dalam sajian bibimbap harus ada lima warna dasar, yaitu putih, kuning, hijau, merah ataupun oranye, dan gelap. 

Warna putih didapatkan dari nasi dan lobak, sedangkan warna kuning biasanya dari telur yang pada umumnya ada di bagian tengah sajian ini. Warna hijau tentu didapat dari berbagai sayuran hijau, sedangkan warna merah atau oranye dari cabai dan wortel. Bibimbap bisa mendapatkan warna gelapnya dari jamur. 

Dikatakan bahwa sejarah makanan ini bermula dari kebiasaan makan para petani. Mereka sering melewatkan makan siang juga malam karena terlalu kerasnya bekerja. Namun, ketika mereka makan, para petani akan mencampurkan berbagai bekal yang dibawa dan menyantapnya bersama-sama. 

Apakah kamu tertarik mencoba makanan Korea yang sederhana tapi lezat ini? 

Miyeok Guk

Apakah kamu penggemar rumput laut? Jika iya, kamu wajib coba makanan yang satu ini. Miyeok Guk adalah sup rumput laut khas Korea. Orang Korea biasa menyajikan makanan ini saat ada yang berulang tahun ataupun bagi ibu yang baru melahirkan karena dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. 

Selain itu, miyeok guk juga bisa disantap bersama hidangan Korea lainnya. Sup ini bisa menjadi menu pendamping selain berbagai jenis kimchi yang tadi telah dijelaskan di atas.

Meskipun orang Korea sangat menyukai kimchi, dan banyak pula warga negara lain, termasuk Indonesia, begitu menikmatinya, tapi sebagian orang kurang bisa menerima rasa kimchi di lidah mereka. 

Nah, buat kamu yang kurang menyukai kimchi tapi masih penasaran dan suka hidangan Korea lainnya, kamu bisa makan sup rumput laut ini sebagai lauk pendamping. 

Baca Juga: 8 Makanan Korea yang Bisa Dicicipi di Little Korea Bandung

Inilah 6 makanan Korea yang menjadi makanan Korea favorite dan tak sulit menemukannya di Indonesia. Jadi, apa yang harus ditunggu? Selamat mencicipi! 

Press Enter To Begin Your Search
×