Loading...

tempat kopi terdekat

Foto: Unsplash

Saat ini, tempat-tempat kopi sudah bertebaran di mana-mana. Banyak orang memanfaatkan coffee shop atau kafe bukan cuma untuk ngopi, tapi juga buat kumpul bersama teman-teman, buat kerja, bahkan buat meeting

Tapi, siapa, nih, yang masih suka bingung mau nongkrong di mana kalau sudah bikin janji ketemuan bareng temen? Berikut kami kasih tips untuk cari tempat kopi terdekat buat kamu nongkrong bareng teman-teman. 

Cara Cari Tempat Kopi Terdekat

Sangking banyaknya tempat ngopi, terkadang orang malah jadi bingung bagaimana cara cari tempat kopi terdekat yang asik buat nongkrong. Nah, ini tips buat kamu. 

Pakai Aplikasi Online

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencari tempat kopi dekat kampus, tempat kopi lagi hits, atau tempat kopi dekat kosan, yaitu dengan membuka aplikasi online. Salah satu aplikasi paling mudah yang bisa bantu kamu cari tempat kopi terdekat adalah media sosial Instagram 

Kamu bisa cari di menu search, tepatnya di sub menu tagar atau hashtag. Kata kunci yang bisa kamu gunakan juga beragam, misalnya saja “coffee shop jakarta”, “coffee shop yogyakarta”, “cafe makassar”, dan lain sebagainya disesuaikan dengan di mana tempat kamu tinggal. 

Di situ akan muncul berbagai foto ataupun video yang menampilkan coffee shops di kotamu. Kamu bisa melihat-lihat coffee shops mana yang sesuai dengan seleramu dari foto dan video yang diunggah oleh orang-orang dan dari akun coffee shops atau kafe yang kamu temukan. 

Selain Instagram, kamu juga bisa memakai aplikasi yang khusus memberikan informasi dan ulasan mengenai berbagai kedai kopi, kafe, dan restaurants. Di aplikasi semacam ini, selain bisa melihat pilihan berdasarkan lokasi, kamu bahkan bisa melihat rating yang diberikan kepada tempat-tempat tersebut. 

Cari Lokasinya di Google Maps

Setelah menemukan kandidat tempat ngopi yang sekiranya sesuai dengan keinginanmu dan teman-teman, kamu bisa mencari tahu jaraknya dengan menggunakan Google Maps. Kamu bisa tahu berapa kilometer jarak dari tempatmu tinggal ke tempat tersebut, dan berapa waktu yang dibutuhkan jika kamu berjalan kaki atau naik kendaraan tertentu, misalnya motor, mobil, atau angkutan umum yang ada di kotamu. 

Selain itu, kamu juga bisa pilih menu untuk melihat maps secara 3D, jadi kamu bisa lihat bentuk bangunan coffee shop atau kedai tersebut. Kamu bisa melihat apakah tempat itu cocok buatmu dan teman-temanmu, dan kalau kamu bawa kendaraan, kamu juga bisa lihat apakah tersedia area parkir untuk kendaraan. 

Kalau kamu mengincar tempat ngopi instagramable dan tempat ngopi estetik, kamu juga bisa lihat lewat sini. Perhatikan interior bangunan tersebut, apakah banyak spot foto yang bisa kamu pakai dan kemudian unggah di media sosialmu. 

Cek Menu

Untuk nongkrong di tempat ngopi terdekat, kamu juga perlu cari tahu menu apa yang mereka tawarkan. Kalau mau tahu tempat ngopi murah, kamu bisa cek menu dan harganya terlebih dahulu. Kamu juga bisa membandingkan harga kopi satu tempat dengan tempat lainnya.

Selain melihat harga, kamu juga tentu saja bisa melihat variasi menu yang mereka tawarkan. Tempat-tempat ngopi biasanya menawarkan menu signature mereka yang berbeda dengan tempat lainnya. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat apakah kedai kopi ataupun kafe yang kalian pilih menawarkan menu-menu lain yang kamu inginkan, seperti snack atau bahkan makanan besar. 

Pastikan kamu tidak salah pilih. Kalau ingin nongkrong sekaligus makan siang, kamu bisa pilih tempat yang nggak cuma menawarkan menu kopi dan teh. Kamu bisa cari tempat yang punya menu makan besar yang bervariasi. 

Mencari Review

Kalau kamu sudah tahu jarak dari lokasimu ke tempat tersebut dan menu yang disediakan di sana, kamu juga perlu melihat review dari orang-orang yang pernah ke sana buat cari tempat ngopi enak. Kamu bisa melihat review tempat tersebut di aplikasi online yang menyediakan informasi tentang tempat makan, kafe, dan juga coffee shops

Selain lewat aplikasi yang bisa kamu unduh lewat playstore ataupun app store, kamu juga bisa melihat review tempat yang hendak kamu kunjungi di Google. 

Biasanya, tempat yang mendapatkan review 4.5+ akan memberikan pengalaman minum, makan ataupun tempat yang menyenangkan. Dan tempat yang memiliki review di bawah 4.0 seringkali membuat kita berpikir ulang karena ada besar kemungkinan pengalaman yang akan kita dapatkan tak akan sebaik tempat dengan review lebih tinggi. 

Tapi, review ini tidak selalu tepat dan tidak menjamin tempat yang kamu cari benar-benar bagus ataupun jelek, ya. 

Perbedaan Kedai Kopi dan Kafe

Biasanya, orang sering memilih kafe maupun kedai kopi atau coffee shop buat nongkrong. Seringkali, keduanya jadi sulit dibedakan. Tapi, sebenarnya apa, sih, perbedaan keduanya? Setelah tahu mau ngopi di mana yang dekat dengan tempat kamu tinggal, sekarang tidak ada salahnya untuk cari tahu perbedaan antara coffee shop dan kafe. 

Kedai Kopi

Coffee shop atau yang dalam bahasa Indonesia disebut kedai kopi, memiliki pengertian yang senada dengan namanya. Tempat ini menekankan menu yang dijualnya pada kopi. 

Kamu akan menemukan berbagai jenis kopi yang dibuat dengan metode yang bervariasi. Selain kopi, kamu juga akan menemukan minuman lain, seperti berbagai olahan teh.

Kopi yang ditawarkan bisa berasal dari berbagai tempat di Indonesia dan bahkan dari negara lain. Kopi dari berbagai tempat di Indonesia yang paling terkenal di antaranya Kopi Toraja, Kopi Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Flores, Kopi Kintamani, dan lain sebagainya. 

Meskipun kedai kopi tidak menekankan pada menu makanan, tapi seiring dengan kebutuhan para konsumen, banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai pilihan makanan, biasanya berupa snack atau makanan ringan, dan bahkan makanan besar. 

Meskipun awalnya coffee shop tersedia untuk minum kopi ataupun teh dengan durasi yang relatif cepat, tapi saat ini, tempat ini lebih populer digunakan sebagai tempat nongkrong

Kafe

Berbeda dengan kedai kopi yang menekankan menu utamanya pada kopi, kafe bisa disebut sebagai restoran yang memfokuskan menu pada makanan, utamanya makanan ringan, walaupun biasanya mereka juga punya berbagai pilihan makanan berat. 

Kafe juga menjual aneka minuman kopi, teh, jus, dan berbagai jenis minuman lain. Berbeda dengan kedai kopi, kualitas kopi yang disuguhkan di kafe bukan menjadi poin utama. 

Tak jauh berbeda dengan kedai kopi yang hadir pada masa ini, kafe juga banyak dipakai untuk nongkrong bersama teman-teman. Selain itu, kamu juga bisa bersantai sambil membaca buku di kafe. 

Tak sedikit pula orang yang memilih untuk bekerja menggunakan laptop mereka di kafe. Selain untuk nongkrong bareng teman-teman, membaca, dan kerja, banyak kafe juga menawarkan live music buat para pengunjung. 

Itu dia perbedaan antara kedai kopi dan kafe. Kamu juga sudah tahu cara cari tempat kopi terdekat dari tempatmu. Gampang kan? Sudah nggak khawatir salah pilih lagi, deh. 

Press Enter To Begin Your Search
×