Loading...

cara membuat sushi

Ilustrasi: pexels.com

Biasanya, kamu harus pergi ke restoran untuk menikmati sushi yang enak. Namun setelah adanya pandemi, banyak tempat makan tutup dan kita disarankan untuk di rumah aja. Walaupun tetap bisa makan dengan pesan delivery, tapi makan sushi lebih enak dan fresh kalau di restorannya langsung, setuju nggak RedTraveler? Kali ini, kamu nggak harus pergi ke restoran untuk bisa menikmati sushi yang fresh, RedDoorz bakal kasih tau kamu cara membuat sushi yang enak dan praktis di rumah.

Ngomongin soal sushi, kamu udah tau belum kenapa dinamakan sushi? Asal mula nama sushi berawal dari kata su atau cuka dalam bahasa Jepang. Kemudian menjadi su meshi atau cuka yang dicampur dengan nasi. Tapi entah kenapa, me dari kata sumeshi nya menghilang lalu disebut sebagai sushi. Makanan lezat ini juga sudah dikenal sejak lama lho, RedTraveler. Awalnya, sushi berasal dari metode pengawetan ikan yang bernama narezushi, yaitu dengan cara menaruh ikan di atas nasi asin, kemudian dibungkus dengan daun. Sehingga, ikan mengalami fermentasi.

Cara Membuat Sushi Roll Lezat untuk Menemani Kegiatan Di Rumah

Sushi merupakan makanan populer dari Jepang yang kelezatannya sudah mendunia. Kamu nggak harus ke Jepang untuk bisa menikmati makanan ini. Kamu masih bisa menemukan banyak pilihan restoran sushi, terutama di negara Asia. Indonesia adalah salah satu negara yang punya banyak pilihan makanan sushi. Mulai dari restoran yang mahal sampai terjangkau pun ada. Tapi kali ini, kamu nggak perlu ke luar rumah untuk menikmati hidangan yang satu ini, RedTraveler. Dengan resep di bawah ini, kamu akan tau cara membuat sushi di rumah yang nggak kalah enak. Yuk dicoba!

Bahan utama:

350 gr beras

50 gr beras ketan

1 sdm cuka

1 sdm gula pasir

1 sdt garam

air secukupnya

Bahan isian:

1 buah timun

1 buah wortel

2 buah jamur

1 buah telur ayam

5 lembar daging asap

2 sdm kecap asin

5 lembar nori atau rumput laut kering

Cara Membuat:

1. Siapkan talenan di atas meja dan potong timun dan wortel secara memajang. Pastikan ukurannya seragam ya, RedTraveler. Potong juga jamur dengan ukuran yang kecil. Setelah dipotong, siapkan panci dan masukkan potongan timun, wortel, dan jamur  ke dalam panci. Rebus hingga matang. 

2. Siapkan wajan dan panaskan dengan minyak. Setelah panas, masukkan kocokan telur dan goreng. Setelah matang, angkat dan tiriskan. 

3. Masukkan 5 lembar daging asap ke wajan yang sama. Masak sebentar, jangan terlalu lama. Setelah matang, angkat dan tiriskan. 

4. Potong telur dan daging asap memanjang seukuran dengan sayuran. 

5. Cuci beras dan beras ketan sampai bersih. Masukkan ke dalam rice cooker diikuti dengan air secukupnya. Masak kurang lebih sekitar 20 menit. Setelah matang, angkat dan diamkan hingga dingin sedikit. 

6. Tuang cuka, gula pasir dan garam ke dalam mangkuk dan aduk sampai rata. Masukkan bahan campuran tersebut ke dalam nasi. Aduk sampai nasinya terasa menempel dan merata. 

7. Setelah semua bahan sudah siap, ambil gulungan sushi atau sushi mat. Ambil selembar rumput laut kering, letakkan nasi di atasnya dan ratakan. Ambil isiannya yaitu timun, wortel, jamur, telur dan juga daging asap. Ratakan di atas nasi. 

8. Gulung nasi dan isiannya dengan rapi menggunakan sushi mat. Tekan-tekan sedikit agar isiannya merata dan memadat. Jika sudah rapi, potong sushi menjadi beberapa bagian dan sajikan dengan kecap asin atau soy sauce. Biar rapi, pastikan pisau yang kamu gunakan tajam, ya!

Gampang kan cara membuat sushi? Pas banget kalau kamu lagi bosan di rumah dan bingung kegiatan apa yang mesti kamu lakukan, belajar memasak aja dengan resep di atas! Bahan-bahan yang di perlukan juga nggak sulit, kamu hanya perlu mencari gulungan sushi atau sushi mat aja, RedTraveler. Udah murah, enak, aman lagi, karena kamu nggak perlu keluar rumah untuk menikmati makanan ini.

Kalau udah bosen banget di rumah, kamu masih bisa refreshing dengan staycation kok, RedTraveler. Kamu juga bisa sambil belajar memasak dengan resep di atas. Untuk daftar pilihan hotelnya, kamu bisa cari di RedDoorz ya. Pilihan hotelnya sudah terjamin aman dan bersih karena ada sertifikasi #HygienePass. Dengan #HygienePass, kamu nggak perlu cemas!

Press Enter To Begin Your Search
×