Loading...

buah mentega

Foto: Shutterstock

Nggak banyak orang yang tahu tentang buah mentega. Buah ini lebih dikenal dengan nama buah bisbul. Terdengar langka, tapi kamu tahu nggak sih ternyata buah ini punya banyak manfaat untuk kesehatan lho. Salah satunya manfaatnya yaitu untuk mencegah kanker.

Kira-kira apa lagi ya manfaat lain dari buah mentega ini. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Buah Mentega, Buah Langka yang Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Buah mentega adalah buah yang berasal dari negara Filipina. Namun, karena Indonesia beriklim tropis, buah ini bisa dibudidayakan di sini. Tepatnya, menyebar di wilayah tropis beriklim basah yaitu di dataran rendah sampai menengah. Karena buah ini termasuk buah langka, buah mentega bisa kamu temukan di daerah Bogor.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu temukan pada buah mentega, yaitu sebagai berikut.

Untuk mencegah kanker

buah mentega

Ilustrasi Foto: Unsplash

Khasiat buah mentega yang pertama yaitu punya potensi untuk mencegah kanker. Penyebab kanker memang belum diketahui pasti sumbernya. Tapi, pakar kesehatan mengatakan kalau penyakit ini berkaitan erat dengan mutase DNA yang terkena radikal bebas.

Kunci untuk mencegah kanker yaitu mengurangi paparan dari radikal bebas. Tubuh kamu bisa menguranginya dengan bantuan antioksidan.

Antioksidan bisa kamu dapatkan dari buah mentega karena mengandung fenolik dan flavonoid di dalamnya.

Dapat membantu mengendalikan berat badan

buah mentega

Ilustrasi Foto: Unsplash

Buat kamu yang ingin menurunkan dan menjaga berat badan untuk tetap stabil, mengonsumsi buah-buah dan sayuran adalah hal yang perlu kamu lakukan.

Nah, buah mentega bisa kamu jadikan opsi karena buah ini mengandung serat yang tinggi. Buah ini juga bisa buat kamu untuk kenyang lebih lama dan bisa menahan kamu untuk tidak mengemil atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Sebagai sumber energi

Rasa buah mentega sendiri manis dan sedikit sepat. Kandungan asam malat dari rasa sepat pada buah ini bisa menyerap dalam tubuh secara cepat sehingga dapat memberikan energi dengan segera.

Rasa asamnya juga membantu memulihkan tubuh dari rasa lelah dan nyeri otot.

Menyehatkan tulang

buah mentega

Ilustrasi Foto: Unsplash

Setiap tubuh pada manusia pasti membutuhkan kalsium untuk memperkuat dan mencegah tulang dari kerapuhan. Kandungan kalsium pada buah mentega setara dengan setengah jumlah kalsium pada susu sebanyak 100 gram.

Kandungan kalsium pada buah ini juga dapat membantu pembulu darah mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan membantu produksi hormone.

Meningkatkan imun pada tubuh

Agar tubuh kamu nggak gampang sakit, perlu mengonsumsi banyak vitamin c. Buah mentega punya banyak vitamin c yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun terhadap zat asing yang masuk ke tubuh kamu.

Artinya, tubuh kamu akan semakin kuat untuk melawan virus, bakteri, maupun penyakit yang dapat menyebabkan infeksi.

Baik untuk jantung

buah mentega

Ilustrasi Foto: Unsplash

Penyakit jantung adalah kodisi ketika jantung memiliki gangguan. Penyakit ini seperti pembuluh yang sakit, masalah struktur, dan pembekuan darah.

Manfaat buah mentega sangat bagus untuk penderita jantung. Kandungan kaliumnya bisa membantu mengurangi stress, merenggangkan peredaran darah, dan menurunkan tekanan darah.

Khasiat lain pada buah ini yaitu bisa melancarkan pencernaan, merangsang pertumbuhan rambut, dan juga meringankan disentri.

Mencegah peradangan di dalam tubuh

Nggak Cuma apel dan anggur aja yang punya zat anti radang, ternyata buah mentega juga punya, lho! Kandungan vitamin B kompleks pada buah ini bisa memperlambat penyakit degeneratif pada peradangan seperti, osteoporosis, diabetes, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia beberapa khasiat dari buah mentega yang banyak banget buat kesehatan. Kalau kamu mau melihat bibit buah mentega, kamu bisa mengunjungi daerah yang banyak membudidayakan buah ini. Selain menyenangkan, kamu bisa juga sekalian liburan.

Mau liburan kemana aja, pastikan pesan hotelnya di RedDoorz. Download dan booking hotel yang kamu melalui aplikasi RedDoorz. Yuk, download sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×