Loading...

vaksin covid

Foto: RedDoorz

Pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan vaksinasi Covid-19 di seluruh wilayah guna menekan angka penyebaran virus Covid-19. Saat ini terdapat dua jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia yakni vaksin AstraZeneca dan Sinovac. 

Kedua jenis vaksin ini punya manfaat yang sangat baik untuk menguatkan imunitas kita dalam menghadapi virus covid yang berbahaya, oleh karena itu kamu harus segera melakukan vaksinasi. Meskipun punya manfaat yang baik bagi tubuh, ada efek samping vaksin covid yang muncul di beberapa orang. 

Beberapa gejala yang muncul seperti demam, sakit kepala, diare, mudah lelah, hingga nyeri otot. Namun terkadang ada pula yang mengalami efek vaksin covid yang lebih berat seperti peradangan di sekitar sumsum tulang belakang, dan anemia hemolitik. 

Untuk menanggulangi efek samping dari jenis vaksin covid AstraZeneca maupun Sinovac, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan setelah mendapatkan vaksin. 

Menunggu di lokasi untuk observasi

Efek samping vaksin Covid-19 muncul secara cepat di beberapa orang. Agar mendapatkan pertolongan segera apabila terjadi gejala berat, kamu bisa melakukan observasi dulu setelah melakukan vaksinasi. Kamu bisa menunggu di lokasi vaksinasi sekitar 15-30 menit. Meskipun dihimbau untuk melakukan observasi, kasus reaksi alergi terhadap vaksin covid sebenarnya jarang ditemukan. 

Pastikan kapan mendapatkan dosis vaksin Covid-19 kedua

Sebagai masyarakat yang cerdas kamu harus mengetahui apapun yang masuk ke dalam tubuhmu. Saat mendapatkan vaksin pastikan jenis vaksin apa yang kamu terima, Astrazeneca atau Sinovac. Tidak cukup sampai di situ aja. 

Kedua vaksin ini punya durasi pemberian dosis kedua yang berbeda. Untuk vaksin AstraZeneca jaraknya 8-12 minggu, sedangkan untuk vaksin Sinovac jaraknya 2-4 minggu. Oleh sebab itu kamu harus memastikan kapan jadwal vaksinasi kedua dilakukan sesuai dengan jenis vaksin yang didapatkan. 

Perhatikan perubahan kondisi tubuh pasca vaksinasi

Banyak orang mengalami efek samping setelah melakukan vaksin Covid-19. Ada yang efek sampingnya muncul dengan cepat ada pula yang muncul beberapa jam setelahnya. Oleh karena itu kamu mesti lebih memperhatikan perubahan kondisi tubuh yang terjadi setelah vaksinasi. 

Biasanya efek samping akan hilang sendiri dalam waktu 1 hingga 3 hari. Untuk mempercepat penyembuhan kamu juga bisa konsumsi obat sesuai gejala yang timbul. 

Pastikan mendapat sertifikat vaksin Covid-19

Setelah melakukan vaksinasi kamu berhak menerima sertifikat vaksin Covid-19. Pastikan untuk mendapatkannya karena sertifikat ini sangat penting untuk melakukan aktivitas di ruang publik. Sertifikat Covid-19 kini dijadikan syarat untuk masuk pusat perbelanjaan hingga menggunakan transportasi publik. 

Tetap menjaga protokol kesehatan

Meskipun sudah mendapatkan vaksin Covid 19 bukan berarti kamu bisa bebas berkeliaran tanpa mematuhi protokol kesehatan ya, RedTraveler! Kamu tetap harus mematuhi protokol kesehatan karena vaksin tidak bisa melindungi kamu 100%! Tetap gunakan masker saat bepergian, jaga kebersihan tangan, serta hindari kerumunan. 

Nah, itu dia harus kamu lakukan setelah vaksin Covid-19. Segera lakukan vaksinasi agar kita bisa melawan pandemi dan kembali ke kehidupan norma. Kalau situasi sudah membaik, kamu bisa jalan-jalan lagi, deh. Jangan lupa kalau merencanakan liburan cari penginapannya di RedDoorz aja. Download RedDoorz untuk merencanakan perjalanan  terbaikmu!

Press Enter To Begin Your Search
×