Loading...

vitamin c

Foto: Pixabay

Di musim pandemi seperti sekarang menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi salah satunya yang mengandung vitamin C. Vitamin C adalah salah satu nutrisi mikro yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Selain itu manfaat vitamin C antara lain sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga dapat memproduksi kolagen yang sangat bagus bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Masih banyak manfaat lain yang bisa kamu temukan di dalam Vitamin C. 

Karena sangat penting untuk memperhatikan dosis vitamin C yang harus kita minum setiap harinya. Kebutuhan vitamin C  per hari sebanyak 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita. Namun untuk beberapa kondisi seperti wanita yang sedang hamil, orang-orang yang sedang dalam masa penyembuhan, dan perokok dibutuhkan jumlah konsumsi vitamin C yang lebih tinggi. 

Makanan yang Mengandung Vitamin C

Sumber vitamin C beragam dari makanan, minuman, hingga suplemen. Namun alangkah lebih baik kalau kamu mendapatkan vitamin C yang bersumber langsung dari alam. Sebagai negeri yang subur, Indonesia memiliki banyak makanan yang mengandung vitamin C. Berikut daftar sayur dan buah yang kaya vitamin C. 

1. Jambu Biji

Buah yang mengandung vitamin C tertinggi yaitu jambu biji. Di salam satu buah jambu biji dengan berat 55 gram mengandung sekitar 125 mg vitamin C. Lebih tinggi daripada minimal kebutuhan harian.  

2. Mangga

Indonesia memiliki banyak jenis varietas mangga. Buah yang sangat mudah ditemui ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Rata-rata 1 buah mangga dengan berat 207 gram memiliki kandungan vitamin C sebesar 75 mg. 

3. Jeruk

Tidak berbeda dengan mangga, di Indonesia juga terdapat banyak jenis jeruk. Meskipun setiap jenis jeruk memiliki kandungan vitamin C yang berbeda-beda namun rata-rata kandungan di dalam jeruk yang berukuran 130 g terdapat vitamin C sebanyak 70 mg. 

4. Pepaya

vitamin c

Foto: RedDoorz

Selain dikenal sebagai buah yang sangat bagus bagi pencernaan ternyata pepaya juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, lho. Pepaya mengandung 61 mg vitamin C di dalam 100 gramnya. 

5. Nanas 

Buah nanas dikenal sebagai buah khas negara tropis yang punya rasa asam manis. Selain dikonsumsi langsung nanas juga sering dijadikan sebagai topping makanan. Ternyata nanas merupakan buah yang mengandung vitamin C. Terdapat 48 mg vitamin C di dalam 100 gram nanas. 

6. Kangkung

Cah kangkung termasuk makanan andalan di rumah yang disukai banyak orang. Namun tahukah kamu ternyata kangkung memiliki kandungan vitamin C yang penting bagi tubuh. Kandungan vitamin C di dalam kangkung cukup tinggi yakni 120 mg di setiap 100 gram kangkung. 

7. Cabai

Bagi pecinta pedas pasti kamu suka dengan info yang satu ini. Selain membuat selera makan meningkat ternyata cabai juga tinggi akan vitamin C. Di dalam sebuah cabai merah terkandung vitamin C sebanyak 65 mg sedangkan di dalam cabai hijau kandungan vitaminnya mencapai 109 mg. 

8. Paprika kuning

Paprika juga termasuk keluarga cabai jadi nggak heran kalau paprika mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Sumber vitamin C paling tinggi dari paprika bisa kamu temukan pada pada paprika kuning. Di dalam 75 gram paprika kuning terdapat vitamin C sebesar 137 mg. 

9. Brokoli

Sayur yang mengandung Vitamin C terakhir yakni brokoli. Di dalam setengah cangkir brokoli terdapat 51 mg vitamin C sehingga mampu memenuhi setengah dari kebutuhan harian kamu. Brokoli juga dikenal sangat baik untuk tubuh karena memiliki mengandung vitamin lainnya. 

Nah, itu dia aneka sayur dan buah yang mengandung vitamin C. Pastikan kamu mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari karena kekurangan Vitamin C dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang aneka penyakit. 

Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, kamu juga harus memperhatikan kebersihan di sekeliling kamu termasuk saat memilih hotel untuk menginap. Kamu bisa andalkan RedDoorz untuk urusan yang satu ini. Nginep di RedDoorz aja karna ada HygienePass. Yuk, booking hotelnya. 

Press Enter To Begin Your Search
×