Loading...

makanan khas surabaya

Foto: Shutterstock

Seperti daerah di Indonesia lainnya, Surabaya juga memiliki banyak makanan khas yang menggugah selera. Makanan khas Surabaya terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan terkadang pedas. Ini dia daftar makanan khas Surabaya yang wajib kamu cicipi saat datang ke sana. 

Rujak cingur

Bisa dibilang rujak cingur merupakan makanan khas Surabaya yang paling terkenal. Berbeda dari rujak umumnya yang menggunakan buah-buahan sebagai bahan utama rujak, rujak cingung justru menggunakan cingur alias mulut sapi. Rujak cingur disajikan dengan bahan-bahan seperti mentimun, kangkung, cingur, nanas, dll. 

Tahu campur

Tahu campur merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang enak karena dibumbui dengan petis, bumbu khas surabaya. Makanan ini biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air, dan mie kuning. Bahan-bahan ini kemudian disiram dengan saus bumbu yang dicampur dengan petis.  

Sate klopo

Sate klopo terbuat dari daging dan lemak sapi. Sate kemudian dibakar dan ditambahkan bumbu yang terbuat dari kelapa. Kelapa inilah yang kemudian menghasilkan aroma khas sehingga cita rasanya agak berbeda dengan sate pada umumnya. Sate klopo merupakan salah satu makanan khas Surabaya malam hari meskipun banyak pedagang yang sudah menjajakan sate klopo dari siang. 

Nasi krawu

makanan khas surabaya

Foto: Shutterstock

Nasi krawu makanan tradisional Surabaya yang terdiri dari nasi, daging yang disuwir, sampel, dan serundeng, Seporsi nasi krawu biasanya dihidangkan menggunakan daun pisang atau sering juga disebut pincuk. Yang membuat makanan khas Surabaya yang enak ini disukai banyak orang yaitu karena suwiran dagingnya dimasak bersama jeroan sehingga rasanya sangat gurih meskipun agak berlemak. 

Lontong kupang

Lontong kupang menggunakan kupang sebagai bahan utamanya. Kupang sendiri adalah hewan laut sejenis kerang kecil yang berwarna coklat pucat. Kupang biasanya ditemukan di sekitar pesisir pantai. Kupang yang sudah dimasak dan dibumbui kemudian disajikan bersama lontong dan lentho lalu ditambahkan irisan jeruk nipis serta sambal petis. 

Sego sambel

Sego sambel merupakan makanan khas Surabaya yang punya cita rasa pedas. Seporsi sego sambel biasanya terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk seperti telur dadar, kedelai goreng, tahu. Tempe, ayam, atau daging. Meskipun terlihat sederhana namun makanan khas Surabaya yang satu ini banyak disukai terutama bagi yang suka makan makanan dengan cita rasa pedas ekstrim. 

Rawon setan

makanan khas surabaya

Foto: Shutterstock

Tak kalah populer dengan rujak cingur, rawon setan juga sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner nusantara. Makanan ini dinamakan rawon setan karena biasanya warung makannya baru buka pada malam hari. Oleh karena itu rawon setan identik dengan makanan khas Surabaya malam hari. Yang membuat banyak orang menyukai rawon setan adalah keunikan rasa kuahnya. Kuah rawon berwarna hitam pekat karena terbuat dari campuran kluwek. 

Itu dia makanan khas Surabaya yang sudah teruji kelezatannya. Staycation sambil kulineran bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu luang selama berada di Surabaya. Selain itu pilih juga  hotel di Surabaya yang nyaman dan terjamin kebersihannya. Kamu bisa temukan hotel terbaik di RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz dan temukan penawaran menarik khusus buat kamu!

Press Enter To Begin Your Search
×