Loading...

kuliner malang

Foto: Shutterstock

Selain tempat wisatanya yang keren-keren ternyata ada banyak kuliner Malang yang terbukti kelezatannya, lho. Kalau kamu penasaran apa aja makanan khas Malang yang recommended buat dicobain, cek daftar makanannya di bawah ini. 

Aneka Kuliner Malang yang Menggugah Selera 

Biar wisata kuliner Malang nggak monoton, menu makanan berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk berburu kuliner Malang yang enak dan menggugah selera. 

Orem-orem

Orem-orem merupakan kuliner khas Malang yang terbuat dari tempe goreng, ayam, dan berkuah santan kental. Orem-orem biasanya disajikan dengan ketupat dan ditambahkan tauge sebelum disiram dengan kuahnya. Karena menggunakan kuah santan orem-orem punya rasa yang gurih dan agak pedas. Bagi yang suka manis biasanya orem-orem ditambahkan kecap dan bagi yang suka pedas biasanya menambahkan sambal. 

Mulanya orem-orem hanya disajikan saat ada acara pernikahan atau syukuran, namun kini sudah banyak pedagang yang menjual orem-orem. 

Sate kelinci

Sate kelinci sangat populer di Malang khususnya di Kota Batu. Di sepanjang jalan menuju Batu, Malang tidak sulit menemukan penjual sate kelinci. Sekilas tampilan sate kelinci memang seperti sate ayam atau kambing. Ada yang menggunakan bumbu kacang ada pula yang menggunakan sambal kecap untuk pelengkapnya. Namun yang membuat sate kelinci berbeda tentu saja karena daging kelinci yang digunakan. 

Untuk membuat sate kelinci, kelinci yang dipilih yaitu kelinci yang masih berusia sekitar 6 bulan. Daging kelinci dipercaya bisa menghangatkan tubuh sehingga cocok dimakan sambil menikmati suasana Kota Batu yang dingin. 

Tempe mendol

Tempe mendol terbuat dari tempe yang dibumbui. Makan ini biasanya sering dijadikan cemilan namun sering juga dijadikan pelengkap untuk makan berat. Tempe mendol sendiri menggunakan tempe sebagai bahan utamanya. Tempe kemudian dihaluskan bersama bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, ketumbar, jeruk purut, gula, dan garam. Bumbu-bumbu inilah yang membuat cita rasa tempe mendol sangat gurih dibandingkan tempe goreng biasa. 

Bakso Malang

kuliner malang

Foto: Shutterstock

Kalau kuliner khas Malang yang satu ini pasti udah nggak asing lagi. Bakso Malang merupakan kuliner khas Malang yang mudah ditemui di manapun. Makanan yang satu ini sering dijadikan tujuan wisata kuliner Malang di malam hari. Cita rasa kuahnya sangat gurih. Selain itu ada tambahan pangsit goreng dan tahu goreng yang membuat bakso Malang berbeda dari bakso lainnya. 

Nasi mawut

Nasi mawut atau sering juga disebut nasi goreng mawut adalah hidangan yang menyajikan nasi goreng dan mie goreng sekaligus. Nasi dan mie dicampur dalam satu hudangan. Semua bahan dari nasi, mie basah, kol, sayuran, dan daging ayam dimasak sekaligus sehingga membuat hidangan ini terlihat mawut alias berantakan. Tapi soal rasanya nggak perlu diragukan, kuliner Malang yang satu ini sudah terbukti kelezatannya. 

Cwemie   

Cwemie merupakan hidangan mie pipih yang ditambahkan taburan daging ayam dan pangsit goreng. Makanan yang satu ini memang mirip banget dengan mie pangsit, namun sebenarnya berbeda, lho. Cwemie biasanya juga sering dihidangkan dengan tambahan jamur, telur puyuh, hingga bakso. 

Ada banyak tempat wisata kuliner Malang yang bisa kamu singgahi saat berkunjung ke sana. Selain menentukan tempat untuk wisata kuliner Malang jangan lupa juga cari tempat menginap di Malang yang lokasinya dekat dengan destinasi wisata kulinermu. Pilih hotel RedDoorz aja! Ada banyak RedDoorz hotel di Malang yang lokasinya strategis. Booking hotel RedDoorz sekarang dan nikmati kulineran di Malang!

Press Enter To Begin Your Search
×