Loading...

kue kering

Foto: Shutterstock

Menjelang bulan Ramadhan biasanya para ibu-ibu sudah mulai cari resep kue kering. Aneka kue kering memang jadi teman ngemil ketika buka puasa apalagi ketika lebaran tiba. Agar bisa membuat kue kering terlezat, trial and error harus dilalui. Memilih resep hingga bahan terbaik harus dilakukan agar kue yang dihidangkan punya cita rasa yang sempurna. 

Banyak juga yang menjadikan aktivitas membuat kue sebagai kegiatan yang seru dan menantang. Kalau kamu kira-kira tertarik nggak buat bikin kue kering? Ada beberapa macam kue kering yang jadi favorit keluarga Indonesia. Kue-kue ini sering banget dihidangkan saat acara besar tiba. 

Aneka Kue Kering Favorit Keluarga 

Kue kering memang bukan hal yang asing lagi. Selain banyak dijual di toko kue, banyak juga orang yang mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini daftar kue kering yang paling populer dan disukai keluarga. 

Nastar

Kalau ditanya kue kering apa yang paling terkenal, pasti kamu akan jawab kue nastar! Kue ini jadi suguhan wajib ketika hari besar tiba dari hari Lebaran hingga Natal. Nastar punya rasa yang manis dan sedikit gurih. Normalnya nastar diisi dengan selai nanas, namun kini sudah berkembang variasi nastar yang lebih kekinian. 

Orang-orang yang nggak suka nanas biasanya menganti selai nanas dengan coklat, selai stroberi, atau pun keju. Tapi ada juga yang justru lebih suka nastar yang tanpa isian, jadi hanya adonan kuenya saja. Agar tampilannya lebih menarik, nastar diolesi telur sebelum dipanggang jadi ketika matang nastar akan berwarna kuning kecoklatan dan berkilau. 

Putri Salju

Kue putri salju biasanya paling disukai anak-anak. Putri salju juga digolongkan kue klasik yang sudah lama menjadi hidangan di hari besar. Meskipun adonan pembuatnya tidak jauh berbeda dengan nastar, namun putri salju punya tampilan yang beda banget dari nastar. Kue putri salju nggak punya isian seperti nastar. Untuk mempercantik bentuknya adonan putri salju dicetak dengan cetakan unik berbentuk bulan atau pun bintang. 

Setelah selesai dipanggang, putri salju ditaburi gula halus yang cukup banyak sehingga menutupi seluruh permukaannya. Warna putih dari gula ini lah yang membuatnya terlihat seperti salju. 

Kastengel

kue kering

Foto: Shutterstock

Berbeda dengan dua kue kering sebelumnya yang punya cita rasa manis, kastengel justru bercita rasa gurih dan asin. Kue berbentuk balok-balok kecil ini jadi alternatif hidangan kue kering bagi orang-orang yang nggak suka manis. Rasa asin dan gurih kastengel didapatkan dari bahan utamanya yang terdiri dari keju. Adonan kastengel menggunakan cukup banyak keju dan gulanya relatif lebih sedikit. Sebelum dipanggang, adonan kastengel yang sudah dicetak juga ditaburi keju sehingga tampilannya semakin menggugah selera. 

Biji Ketapang

Kalau dua kue sebelumnya punya tekstur yang lembut dan rapuh, kue kering yang satu ini justru sebaliknya. Biji ketapang punya tekstur yang relatif keras, meskipun tingkat kerasnya bisa disesuaikan dengan selera. Dibandingkan tiga kue kering sebelumnya, kue ketapang juga relatif lebih mudah duat. Nggak perlu oven, adonan biji ketapang hanya perlu digoreng di minyak panas. Mudah dan simple banget!  

Kue Jahe

Dibanding kue-kue sebelumnya, kalau soal tampilan kue jahe jadi juaranya. Kue ini digemari anak-anak karena bentuknya yang sangat lucu dan menggemaskan. Adonan kue jahe biasanya dibentuk menyerupai boneka namun ada pula yang membuatnya menyerupai bulan, bintang, hingga hewan. Setelah dicetak, adonan dihiasi dengan gula cair warna-warni sehingga lebih berwarna. Selain enak dimakan, kue jahe juga cocok dijadikan hiasan meja tamu kamu, lho.

Nah, itu dia lima kue kering yang jadi favorit keluarga Indonesia. Untuk membuatnya susah-susah gampang, yang penting kamu harus bersabar dan nggak nyerah kalau gagal. Pilih resep yang terpercaya dan gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi agar kue kering yang kamu buat punya rasa yang lezat. 

Selain menyiapkan kue kering untuk hari besar, jangan lupa juga siapkan rencana liburan. Libur panjang yang sudah di depan mata bisa jadi momen buat kumpul bersama keluarga. Kamu bisa pilih hotel RedDoorz untuk menginap dengan harga terjangkau dan terjaga kebersihannya. Yuk, download aplikasi RedDoorz

Press Enter To Begin Your Search
×