Loading...

Masuk dalam destinasi wisata super prioritas Indonesia, membuat Danau Toba tak perlu diragukan lagi keindahannya. Danau terbesar di Asia Tenggara ini begitu populer di Sumatera Utara sebab menyajikan pemandangan alam yang luar biasa cantik. Bagaimana tidak, danau ini memiliki air yang begitu biru, dikelilingi oleh hamparan hijau perbukitan, dengan Pulau Samosir yang berada di tengahnya. Kamu pun yang melihat langsung pasti dibuat terkagum.

Namun, dibalik keindahannya tersebut, Danau Toba memiliki legenda yang tidak banyak orang tahu, lho. Mulai dari cerita berdasarkan sejarah para ahli hingga legenda yang tersebar di masyarakat. Seperti apakah ceritanya? Yuk, disimak.

Sejarah Menurut Para Ahli

Danau Toba

Foto : www.unsplash.com

Danau toba memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km, itulah yang menjadikan danau ini sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Jika kita lihat menurut penelitian para ahli geologi, Danau Toba bisa tercipta begitu luasnya akibat adanya letusan gunung berapi super vulkanik, yakni dari Gunung Toba. Letusan yang terjadi 73.000-75.000 tahun yang lalu ini terjadi begitu dahsyat hingga dampaknya tak hanya di rasakan penduduk Indonesia, tetapi hingga ke dunia.

Menurut ahli, ada beberapa dampak yang dirasakan akibat letusan maha dahsyat tersebut. Mulai dari terjadinya perubahan iklim dunia hingga turun mencapai 5 derajat celcius, pencemaran debu vulkanik yang sebarannya mencapai Kutub Utara, memusnahkan sekitar 60% populasi manusia dan mahluk hidup lainnya, hingga menyebabkan terciptanya kaldera yang kemudian dipenuhi dengan air yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Sementara akibat tekanan magma yang tidak bisa keluar mengakibatkan munculnya pulau di tengah-tengah danau, yang kemudian terkenal dengan nama Pulau Samosir.

Legenda yang Dipercaya Masyarakat

Danau Toba

Foto : www.unsplash.com

Meski para ahli sudah menjabarkan hasil penelitianya, tetapi masih ada kepercayaan lain yang dinyakini oleh masyarakat mengenai asal-usul terciptanya Danau Toba. Menurut legenda rakyat, Danau Toba itu terbentuk karena seseorang yang ingkar janji. Toba adalah nama seorang pemuda. Suatu ketika dia sedang memancing, dia mendapatkan seekor ikan mas besar. Lalu, berencana untuk menggorengnya. Namun, Toba begitu terkejut ketika melihat ikan tersebut berbicara dan berubah sosok menjadi perempuan.

Rupaya ikan tersebut adalah penjelmaan dari seorang putri yang dikutuk. Karena telah dibebaskan dari kutukan, sang putri pun bersedia menjadi istri dari Toba, tetapi dengan syarat harus merahasiakan asal-usul perempuan tersebut. Toba pun menyanggupinya. Singkat cerita, mereka menikah dan memiliki seorang anak laki-laki bernama Samosir.

Suatu hari, sang ibu meminta Samosir untuk mengantarkan makanan ke tempat ayahnya bekerja di ladang. Namun, makanan tersebut justru dimakan olehnya. Sang ayah yang mengetahui hal tersebut begitu marah dan kesal hingga secara tak sengaja berucap “Dasar kau anak ikan!”

Toba telah melanggar janjinya yang ia buat dengan sang istri. Sang istri pun kecewa dan menangis, lalu menyuruh Samosir lari ke bukit yang tinggi. Tiba-tiba bencana pun terjadi. Gempa melanda, hujan turun sangat lebat, hingga air sungai meluap dan menenggelamkan seluruh desa tempat tinggal Toba. Toba pun tersadar dan menyesal. Umpatannya telah membuka rahasia yang seharusnya ia tutup rapat.

Lalu desa yang sudah tenggelam pun berubah menjadi danau yang sekarang disebut Danau Toba. Adapun sang anak, selamat karena telah mendaki bukit tinggi di tengah danau, yang kemudin juga dikenal sebagai Pulau Samosir.

Nah, seperti itulah dua versi cerita di balik terciptanya Danau Toba dan Pulau Samosir. Kamu yang penasaran dengan cerita aslinya dan ingin melihat langsung keindahan dari Danau Toba, kamu bisa langsung berkunjung ke sana. Ada banyak pilih penginapan yang jaraknya tak jauh sehingga bisa memandangi pemandangan Danau Toba dari dalam penginapan. Kamu bisa, lho, temukan penginapan tersebut di Reddoorz. Download aplikasi RedDoorz dan temukan hotel yang kamu butuhkan.

Press Enter To Begin Your Search
×