Loading...

Ilustrasi work from home. (Photo by Kevin Bhagat on Unsplash)Ilustrasi work from home. (Photo by Kevin Bhagat on Unsplash)

Salah satu kondisi yang muncul sebagai perpanjangan dari imbauan karantina mandiri terkait wabah corona ini adalah kebijakan bekerja dari rumah, atau work from home. Sejumlah perusahaan khususnya di wilayah Jakarta telah meniadakan kegiatan kantor, dan bergeser melakukan aktivitas hariannya secara online. Koordinasi yang biasanya dilakukan tatap muka, sekarang pindah sementara via zoom.

RedTraveler mengalami kondisi seperti itu juga, nggak? Sejauh ini, bagaimana pendapat kamu tentang work from home?

Pasti ada dua sisi dari setiap hal, begitu pula dengan hal ini. Di satu sisi, work from home bisa bikin kamu lebih 'hemat' dari segi waktu maupun budget harian. Yang biasanya menempuh perjalanan puluhan menit dari rumah sampai kantor, kalau dari rumah bisa digunakan untuk hal lain atau malah lebih bersantai. Yang biasanya keluar banyak uang buat makan atau jajan, di rumah kamu bisa hemat dengan masak.

Baca juga: Bahan Makanan yang Cocok Jadi Stok Saat Social Distancing

Kalau soal produktif, memang harus pintar-pintar mengakali, RedTraveler. Ingat, work from home, lho, bukan libur. Supaya tetap produktif meski kerja di rumah, simak tips berikut ini, yuk!

Tetap Jalani Jadwal Seperti Biasa

Bangun lah seperti biasa saat kamu harus berangkat ke kantor. Mandi, siap-siap, dan sarapan seperti biasa. Mulai kerja di jam seperti biasa. Itu adalah langkah awal yang wajib banget dilakukan untuk menjaga diri tetap produktif saat bekerja dari rumah. Menunda bangun tidur bisa mengacaukan segalanya dan berujung malas-malasan seharian, lho.

Siapkan Sudut Kerja

Nah, ini juga penting buat menjaga 'mood' kerja kamu. Biar tetep terasa kerja, alangkah baiknya kalau kamu nyiapin 'sudut kerja' di rumah. Entah itu di meja makan, atau meja lipat yang kamu set-up khusus untuk menemani masa-masa kamu bekerja dari rumah. Hindari bekerja di tempat tidur biar nggak kebawa aura-aura ngantuk, ya!

Pakai Baju Rapi

Ilustrasi work from home. (Photo by Annie Spratt on Unsplash)Ilustrasi work from home. (Photo by Annie Spratt on Unsplash)

Another way buat menjaga mood kerja; tetaplah rapi-rapi seperti biasa akan berangkat ngantor. Pakai baju kerja, pakai parfum, dan dandan bila perlu. Coba deh, RedTraveler. Mungkin kalau pake baju rapi, keinginan untuk tidur-tiduran berujung tidur beneran jadi terminimalisir.

Bagaimana dengan distraksi?

Well, nggak bisa dipungkiri namanya di rumah pasti ada aja distraksinya. Nggak ada salahnya sedikit fleksibel, tapi biar kerjaan nggak berantakan coba untuk tetap patuh pada jadwal. Hitung berapa banyak waktu yang terpakai untuk urusan lain di luar kerjaan, lalu tambahkan waktu tersebut di ujung jam kerjamu. Jadi, sebisa mungkin urusan kerjaan beres sebagaimana mestinya.

Kita memang nggak berada dalam kondisi yang nyaman untuk memilih bekerja dari rumah atau harus tetap keluar, yang bisa RedDoorz bilang buat RedTraveler adalah, kalau memang punya kesempatan untuk menerapkan social distancing dan work from home, lakukan! Dengan begitu kamu nggak cuma menolong diri sendiri, tapi juga orang banyak.

Buat kamu yang masih harus bekerja, apalagi sampai terpaksa nginep ke luar kota karena urusan kerja, jangan khawatir. RedDoorz selalu bisa kamu andalkan. Di masa-masa seperti ini RedDoorz memastikan semua properti kami bersih dan aman untuk kamu tinggali sementara waktu.

Semangat semuanya ya, RedTraveler! Sambil sama-sama berdoa supaya masalah ini lekas teratasi, terus jaga kesehatan, jaga diri, dan #SalingJaga dengan lingkungan sekitar di manapun kamu beraktivitas ya.

Cropped fav logo@2x