Loading...

*Oleh-oleh khas Makasar, apa aja sih? Oleh-oleh khas Makasar, apa aja sih?

Liburan rasanya nggak lengkap kalo belum beli cinderamata khas daerah yang dikunjungi. Seperti halnya beli Pie Susu kalau dari Bali, atau beli bakpia kalau dari Yogyakarta. Nah kalau ke Makassar, oleh-oleh khas Makassar apa ya yang harus dibeli?

Baca juga: 6 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Kota Makassar

Hmm, sebenarnya tiap daerah, terutama di kawasan wisatanya, pasti punya toko khusus yang menjual oleh-oleh. Tapi memang ada baiknya sebelum belanja, kamu sudah tahu dulu nih apa yang mau dibeli. Kalau kamu ke Makassar, kamu bisa pertimbangkan untuk beli beberapa yang RedDoorz sebut di bawah ini. Yuk cek!

##Oleh-Oleh Khas Makassar

###Dangke

Dangke bisa disebut juga keju asli Indonesia. RedTraveler udah tau belum kalo Indonesia juga punya keju khasnya sendiri? Keju itu berasal dari Makassar, tepatnya dari Enrekang. Uniknya, dangke dibungkus dengan daun pisang, beda dari keju-keju pada umumnya yang dibungkus dengan kemaran modern. Dangke terbuat dari susu kerbau yang sudah difermentasi. Kalau di Makassar, biasanya dangke disantap dengan nasi hangat dan sambal. Unik banget kan RedTraveler?

###Sirup Markisa

Buat keluarga di rumah atau dibagikan ke kerabat terdekat, boleh juga nih pilih oleh-oleh khas Makassar berupa sirup markisa. Makassar dikenal sebagai daerah penghasil sirup markisa. Karena dibuat dari markisa asli dan tanpa bahan kimia, sirup markisa aman buat kesehatanmu. Hmm, kebayang kan gimana segarnya minum sirup markisa di siang bolong yang panas.

Baca juga: 5 Rekomendasi Hotel Terbaik di Makassar Buat Liburan

###Kain tenun dan sarung Bugis, pilihan oleh-oleh khas Makassar selain makanan dan minuman

Kain terun dan sarung bugis adalah salah satu kain yang terkenal di Indonesia. Dengan coraknya yang unik dan warna-warna yang cantik, nggak heran kain tenun Bugis banyak diburu para pelancong sebagai cinderamata. Soal harganya kamu nggak perlu khawatir. Kain tenun dan sarung Bugis punya harga yang bervariatif dari 20 ribuan sampai ratusan ribu. Kamu tinggal sesuaikan aja sama budget yang kamu punya. 

###Kopi Toraja

Nah kalo oleh-oleh yang satu ini pasti jadi buruan semua orang yang berkeunjung ke Makassar. Kopi Toraja populer banget di kalangan pecinta kopi. Bukan cuma di Indonesia tapi di seluruh dunia, lho. Ada tiga jenis Kopi Toraja yaitu arabica, robusta, dan special blend. Buat RedTraveler yang pengen beli kopi toraja, kamu gak perlu bingung beli di mana karena kopi toraja banyak dijual di pusat oleh-oleh Makassar. 

Apapun oleh-oleh khas Makassar yang RedTraveler pilih, jangan lupakan beberapa hal. Pertama, kalau oleh-olehnya makanan/minuman, cek tanggal produksi dan masa kedaluwarsanya. Kalau bisa cicip, coba minta testernya dulu untuk jenis atau merk yang sama dengan yang akan kamu beli.

Jika oleh-olehnya berbentuk barang, kamu harus pastikan barangnya dalam kondisi bagus dan sempurna. Tentunya kamu nggak mau dong jauh-jauh dari Makassar dan sengaja nyiapin oleh-oleh khas untuk dibagiin ke kerabat, tapi kondisinya bagiin oleh-oleh yang kondisinya rusak? Nah, makanya jangan lupa cek ya!